Peristiwa Daerah

5 Kecelakaan Tol Terjadi Sepanjang September 2022, Ini Lokasinya

Sabtu, 24 September 2022 - 15:07 | 124.56k
5 Kecelakaan Tol Terjadi Sepanjang September 2022, Ini Lokasinya
Kecelakaan minibus vs truk trailer di Tol Batang tewaskan tujuh orang, Senin (5/9/2022). (Foto: dok. Satlantas Polres Batang)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKecelakaan tol terjadi sebanyak 5 kali di sepanjang September 2022. Kecelakaan tersebut terjadi terjadi di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. 

Data yang dihimpun TIMES Indonesia, kecelaakan tol terbaru terjadi pada Sabtu(24/9/2022). Kecelakaan maut di Tol Bawen-Ungaran km 438.500 tepatnya di lajur Bm ini terjadi pukul 04.05 WIB. Sebanyak 5 orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan maut antara truk dengan minibus. Berikut data kecelakan tol yang terjadi sepanjang September 2022:

Kecelakaan Tol Semarang-Solo

Kecelakaan tol terjadi di jalan Tol Semarang-Solo, ruas Boyolali, Sabtu (3/9/2022) dini hari. Sebuah mobil MPV diduga menabrak truk yang melaju di depannya. Tiga orang tewas dalam kecelakaan ini.

Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur A atau dari arah Semarang menuju Solo. Kecelakaan terjadi di Km 486 + 600, wilayah Desa Mojolegi, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kecelakaan ini dialami mobil MPV Honda Mobilio bernomor polisi B 2888 CO. Mobil warna putih itu ringsek berat. Tiga orang meninggal dunia dalam kecelakaan, dan satu orang menjalani perawatan medis.

Kecelakaan maut di jalan tol Boyolali ini mengakibatkan tiga orang tewas, tiga luka berat serta satu luka ringan. Para korban merupakan satu keluarga.

Dua korban meninggal lainnya yakni MS (14), anak Heru, dan Sri Ruswati (70), ibunya Heru. Keduanya mengalami luka di kepala. Sedangkan korban luka berat yakni Lusi Rahmawati (29), istri Heru, mengalami luka di kepala dan kondisinya tidak sadar. 

Kemudian, FAG (5), luka di kaki kanan dan tidak sadar serta Halda Wini Ayu Rinjani (18), keponakan Heru, luka di kaki kiri, kondisinya juga tidak sadar. Ketiga korban luka berat dirawat di RSUD Pandan Arang, Boyolali. Sedangkan satu korban yang mengalami luka ringan yaitu MAG (7), anak Heru. Mengalami luka pada kaki, sadar dan dirawat di RS Indriari Boyolali.

Kecelakaan Tol Semarang-Batang

Kecelakaan tol juga terjadi di Tol Batang-Semarang KM 375 + 300 Jalur A Batang-Semarang, Senin (5/9/2022) pagi. Kecelakaan yang melibatkan minibus travel nopol W 7202 NA dengan truk trailer nopol L 8835 US itu menewaskan tujuh orang.

Peristiwa kecelakaan tol ini terjadi pukul 07.27 WIB. Diduga pengemudi mengantuk kemudian berjalan oleng ke kiri menabrak bodi belakang samping kanan dari truk trailer. Dalam kecelakaan yang terjadi di Tol Batang, masuk wilayah Desa Sawangan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, itu membuat mobil travel sampai keluar dari jalan tol.

Kecelakaan tol ini menyebabkan 7 korban meninggal dunia, 7 perawatan. Minibus yang terlibat kecelakaan tersebut merupakan mobil travel jurusan Jakarta-Surabaya yang di dalamnya ada dua sopir yakni sopir aslinya dan sopir cadangan.

Kecelakan Tol Lawang-Singosari

Kecelakaan tol terjadi di Km 83 Tol Lawang-Singosari, Selasa (6/9/2022). Kecelakaan tunggal tersebut dialami Isuzu Elf nopo S 7413 JA di Km 83 Tol Lawang-Singosari. Seorang penumpang yang merupakan balita mengalami luka parah hingga meninggal akibat kecelakaan tersebut.

Kecelakaan berawal saat kendaraan Isuzu Elf melaju dari arah utara (Surabaya) menuju selatan (Malang) melaju dengan kecepatan sedang. Setiba KM 83 tempat kejadian kecelakaan, minibus Elf itu mengalami pecah ban bagian belakang sebelah kanan. Pengemudi tidak bisa menguasai kemudi hingga kendaraan itu terbalik.

Satu balita menjadi korban meninggal dunia merupakan salah satu penumpang minibus. Akibat kecelakaan itu balita itu mengalami luka serius. Ia meninggal dalam perawatan di rumah sakit. Korban berinisial RG berusia 4 tahun warga Jalan Batanta, Sorong, Papua.

Kecelakaan Tol Cipali-Paliaman

Kecelakaan tol juga terjadi di Jalan Tol Cipali-Palimanan (Cipali), tiga orang tewas dalam kejadian ini. Kecelakaan lalu lintas ini terjadi di KM 135-900 Jalur A, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Senin (19/9/2022) sekitar Pukul 07.00 WIB.

Kecelakaan ini menyebabkan 3 orang meninggal dunia, 15 luka-luka. Dalam kejadian ini, truk melaju di lajur sebelah kiri atau lajur lambat arah Jakarta ke Cirebon telah tertabrak dari belakang oleh kendaraan mikrobus yang datang dari arah yang sama. Dari arah yang sama, mobil Elf bernopol BE-7031-VA itu berangkat dari Lampung untuk menuju ke arah Jawa.

Setibanya di Tol Cipali, tepatnya KM 135-900, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, mobil elf tersebut terlibat kecelakaan dengan menabrak bagian belakang truk. Setelah menabrak bagian belakang truk, mobil elf tersebut bahkan sempat terseret hingga kurang lebih sejauh 400 meter. Polisi menduga kecelakaan tersebut terjadi akibat pengemudi mobil elf yang kelelahan dan mengantuk.

Saat ini, tiga orang korban meninggal telah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Sementara dari 16 korban luka-luka, 9 di antaranya tengah dirawat di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Kecelakaan Tol Bawen-Ungaran

Kecelakaan tol kembali terjadi Sabtu (24/9/2022). Kecelakaan maut di Tol Bawen-Ungaran km 438.500 tepatnya di lajur Bm ini terjadi pukul 04.05 WIB. Sebanyak 5 orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan maut antara truk dengan minibus.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Alqudussym mengatakan truk dan ELF dari arah Pasuruan melaju ke arah Bawen tujuan Semarang. Lalu setibanya di TKP, ELF menabrak truk yang berjalan di jalur lambat dan searah di depannya.

"4 orang meninggal dunia di tkp (tempat kejadian perkara) dan 1 meninggal dunia di perjalanan ke rumah sakit," kata Iqbal Alqudussym yang dikutip dari Antaranews.

Hasil penyidikan sementara, kecelakaan maut ini diduga terjadi karena sopir Isuzu Elf berpelat nomor N 7023 YJ mengantuk, sehingga menabrak bagian belakang Truk Fuso BK 8407 SE.

"(Kendaraan) travel menabrak belakang kendaraan truk fuso yang berada di jalur lambat, sopir truk fuso sempat tidak mengetahui bahwa ada kendaraan yang menabrak bagian belakang truknya," kata Iqbal Alqudussym. 

Akibat tabrakan itu, kendaraan Elf sempat terseret sejauh 2 kilometer dari TKP kecelakaan karena tersangkut di bagian belakang truk fuso yang mengangkut kayu. Polisi lakukan olah TKP untuk pastikan penyebab kecelakaan di Tol Bawen-Ungaran Truk akhirnya berhenti setelah diberitahu pengendara lain. Menurut polisi, korban tewas akibat kecelakaan ini adalah sopir, kernet, dan 3 penumpang minibus travel.(*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES