Pendidikan

Fakultas Syariah UIN Maliki Malang Gelar Konferensi Internasional tentang Hukum Islam

Jumat, 11 November 2022 - 18:08 | 8.75k
Fakultas Syariah UIN Maliki Malang Gelar Konferensi Internasional tentang Hukum Islam
Sesi foto bersama Rektor UIN Maliki Malang dan pembicara. (FOTO: Ratu Bunga/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGFakultas Syariah UIN Maliki Malang menggelar konferensi internasional tentang hukum Islam, Jumat (11/11/2022). Tema konferensi adalah Contemporary Islamic Law: Opportunity and Challenges. Tema tersebut membahas mengenai kesempatan dan tantangan yang ada dalam menerapkan hukum Islam pada masa kini. 

Konferensi Internasional ini memberikan bahasan menarik mengenai hukum keluarga Islam, terkait nafkah, poligami, sampai perceraian.  

Konferensi ini menghadirkan Prof. Aminah Wadud , MA, Ph. D., profesor dari King Star School for the Ministry California dan Famous Woman. Kemudian ada Christoper Cason dari University of Washington School of Law dan dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Khoiruddin Nasution, MA. 

M-Zainuddin.jpgRektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H.M Zainuddin, MA, saat memberikan sambutan konferensi internasional tentang hukum Islam, Jumat (11/11/2022). (FOTO: Ratu Bunga/TIMES Indonesia)

Masing-masing narasumber memaparkan perspektifnya mengenai Islam yang ada. Amina Wadud memaparkan Islam and Equality, sementara Christoper Cason mengenai Islamic Divorce in USA, Khoiruddin mengangkat judul Memaksimalkan Peran Hukum Islam sebagai Agen Perubahan Sosial. 

Christoper mengatakan perceraian yang terjadi di Amerika Serikat harus mendapatkan persetujuan dua belah pihak tanpa adanya proses mediasi seperti di Indonesia. Hakim diluar negeri juga akan lebih fokus pada pengasuhan anak. Selain itu, dalam konferensi ini juga dipaparkan mengenai hubungan antara kesetaraan gender dan hukum berkeluarga dalam Islam. 

Amina Wadud memaparkan tentang pentingnya memahami kesetaraan gender di era seperti sekarang. Sedangkan Khoiruddin menyampaikan keluarga sebagai agen perubahan sosial. Maka karakter seseorang terbentuk pertama kali dalam sebuah keluarga. Oleh karenanya penting untuk memahami peran masing-masing dalam keluarga supaya nilai yang didapat bisa diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat luas.

Sementara itu, Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M Zainuddin, MA, Rektor UIN Maliki Malang berharap kegiatan ini membawa pengetahuah baru terkait hukum-hukum Islam dan penerapannya seiring dengan perkembangan zaman.  

"Saya yakin jika acara ini bisa memberikan nilai positif dan akan menjawab semua pertanyaan yang diharapkan dari peserta," kata Zainuddin. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES