Pendidikan

1115 Mahasiswa Unuja Probolinggo Tahun Akademik 2021-2022 Diwisuda

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 15:23 | 13.55k
1115 Mahasiswa Unuja Probolinggo Tahun Akademik 2021-2022 Diwisuda
Rektor Unuja Probolinggo KH Abdul Hamid Wahid, memberikan sambutan dalam prosesi wisudawan.(Foto: Taufik Hidayat/TIMES Probolinggo)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Universitas Nurul Jadid atau Unuja Probolinggo, Jawa Timur, mewisuda 1.115 mahasiswa Sabtu (29/10/22). Prosesi wisuda tersebut berlangsung di Aula I dan Aula II Ponpes Nurul Jadid.

Bertema ‘Bakti Unuja untuk Peradaban Bangsa,’ pelaksanaan wisuda ini sekaligus menjadi puncak peringatan milad ke-5 atau 1 Lustrum Unuja Probolinggo.

Pelaksanaan wisuda Unuja Probolinggo berjalan khidmat dan sakral, walaupun para wisudawan dan wisudawati mengikuti prosesi wisuda secara terpisah. Wisudawan di aula I, sedangkan wisudawati di aula II.

Wisuda tahun ini diikuti oleh 1.115 wisudawan dan wisudawati jenjang diploma, sarjana dan magister. Terdiri dari Fakultas Agama Islam sebanyak 465 orang, Fakultas Teknik sebanyak 313 orang, Fakultas Kesehatan sebanyak 100 orang, Fakultas Sosial Humaniora sebanyak 149 orang, dan Pascasarjana sebanyak 88 orang.

Unuja-Probolinggo-1.jpgPara mahasiswa Unuja mengikuti prosesi wisuda di aula I Ponpes Nurul Jadid.(Foto: Taufik Hidayat/TIMES Indonesia)

Rektor Unuja Probolinggo, KH Abdul Hamid Wahid, dalam kesempatan ini mewakili seluruh Civitas Akademika Unuja Probolinggo, menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati.

Dalam kesempatan itu, penerima Anugerah TIMES Indonesia Award untuk kategori Positive News Maker 2021 ini, juga mengemukakan, wisuda merupakan pengakuan akademik terhadap kompetensi yang telah ditempa selama ini.

“Dengan wisuda ini, para wisudawan dan wisudawati telah melalui suatu tahapan penting dari perjalanan kehidupan akademik,” terang pria yang pernah menjadi anggota DPR komisi X ini, saat berpidato.

Ia juga menyampaikan pendidikan di masa pandemi memberikan tantangan bagi pendidikan tinggi secara global,  yang menghasilkan berbagai perubahan signifikan di dunia pendidikan maupun interaksi sosial.

Di sisi lain, perubahan yang terjadi memberikan dampak positif bagi inovasi pendidikan. Salah satunya tuntutan adaptasi pembelajaran digital di seluruh tingkat pendidikan di Indonesia.

Unuja-Probolinggo-2.jpgRektor Unuja Probolinggo, KH Abdul Hamid Wahid.(Foto: Taufik Hidayat/TIMES Indonesia)

Ia megungkapkan, dalam proses perkuliahan Unuja Probolinggo berkomitmen melahirkan generasi unggul, generasi yang tanggap dan siap menghadapi tantangan zamannya, tanpa meninggalkan kearifan lokal bangsa dengan bekal keimanan dan ketaqwaan.

Komitmen tersebut diwujudkan dalam proses tata kelola Unuja Probolinggo dalam lima bidang. Meliputi bidang pendidikan, bidang penelitian, bidang pengabdian kepada masyarakat, bidang tata kelola, dan dan bidang kerjasama.

Ia berharap, dalam gelaran wisuda kali ini,  para wisaudawan dan wisudawati Unuja Probolinggo, mampu membaktikan diri bagi agama, bangsa, dan negara.

”Itulah harapan saya kepada 1115 mahasiswa yang telah mengikuti prosesi wisuda tahun akademik 2021-2022,” ucap Rektor Unuja Probolinggo ini.

Unuja Probolinggo merupakan kampus di lingkungan Ponpes Nurul Jadid. Unuja merupakan hasil marger dari tiga perguruan tinggi di ujung timur Probolinggo. Yaitu Institut Agama Islam Nurul Jadid, Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nurul Jadid.

Berdiri tahun 2017, Unuja Probolinggo menjadi kampus pesantren pertama yang berstandar ISO untuk dua kategori sekaligus. Yakni ISO 9001:2015 untuk bidang Sistem Manajemen Mutu, dan ISO 21001:2018 untuk bidang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES