Pendidikan

Arsitektur ITN Malang Pamerkan Karya Mahasiswa pada Decorintex 2022

Sabtu, 24 September 2022 - 22:20 | 25.58k
Arsitektur ITN Malang Pamerkan Karya Mahasiswa pada Decorintex 2022
Amar Rizqi Afdholy, ST MT, dosen Arsitektur ITN Malang (kiri), menerima vandel dari perwakilan PT Debindo Mitra Tama. (Foto: Humas ITN Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Prodi Arsitektur S-1, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang turut meramaikan pameran Decorintex 2022 yang digelar di Surabaya.

Decorintex2022 merupakan pameran terbesar dan terlengkap dekorasi, interior, arsitektur, dan furniture yang diikuti oleh vendor-vendor besar furniture, material, produsen, distributor, retailer, property, arsitek, interior desainer, konsultan, asosiasi, dan akademisi dari perguruan tinggi lingkup arsitektur dan interior.

Arsitektur ITN Malang mengikuti Decorintex kali ketiga. Sebelumnya di tahun 2018, 2019, dan kali ketiga 2022. Event Decoration & Interior Expo (Decorintex) 2022, PT Debindo Mitra Tama ini menghubungkan antara vendor, desainer, dan arsitek. Dilaksanakan selama lima hari mulai Rabu-Minggu, (21-25/9/2022), di Exhibition Hall Grand City Surabaya.

Partisipasi Prodi Arsitektur ITN Malang inipun mendapat apresiasi sebagai universitas pendukung Decorintex 2022.

Arsitektur-ITN-Malang-2.jpg

“Arsitektur ITN Malang mengikuti Decorintex kali ke tiga mulai tahun 2018. Tapi untuk tahun lalu (2021) tidak diselenggarakan karena pandemi. Peserta dari perguruan tinggi ada tujuh universitas, salah satunya ITN Malang,” ujar Amar Rizqi Afdholy, ST MT, dosen Arsitektur ITN Malang, saat dihubungi lewat sambungan WhatsApp, Sabtu (24/9/2022).

Menurut Amar, ITN Malang selama ini selalu mendapat undangan dalam event Decorintex. Ini membuktikan Arsitektur ITN Malang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Even-event seperti Decorintex atau sejenisnya layak diikuti. Selain menjadi media promosi ITN Malang, juga untuk menambah pengalaman bagi mahasiswa arsitektur.

“Kami menampilkan beberapa karya mahasiswa yang diambil dari hasil karya, atau tugas mahasiswa arsitektur tiap angkatan. Ada juga beberapa hasil tugas skripsi,” katanya.

Karya-karya yang ditampilkan antara lain, hasil dari tugas perancangan arsitektur berupa maket, poster, video animasi, dan album gambar perancangan. Serta tak kalah penting booth yang merupakan hasil dari tugas besar mahasiswa Arsitektur ITN Malang pada mata kuliah konstruksi bangunan.

Arsitektur Kampus Biru mengusung konsep modern minimalis. Harapannya dapat menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung pameran untuk mampir ke booth arsitektur. “Jika dilihat dari antusiasme pengunjung yang datang cukup ramai dari hari pertama. Mereka dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum dan mahasiswa,” imbuhnya.

Arsitektur-ITN-Malang-3.jpg

Simeon Rosario, mahasiswa Arsitektur ITN Malang merasa mendapatkan pengalaman baru dalam Decorintex 2022. Pasalnya, Rio akrab disapa baru kali pertama mengikuti pameran berskala besar. 

"Mengikuti pameran sebelumnya hanya di kampus saja. Di sini (Decorintex) kami dapat pengalaman dan ilmu baru dari peserta booth lain. Serta dapat teman baru karena juga ada kampus lain yang ikut. Bangga, ITN menjadi salah satunya," kata mahasiswa semester lima ini, yang mengaku dengan sabar memberi informasi kepada setiap pengunjung yang datang.

Sama halnya dengan Alaika Salamuddin. Ia merupakan tim pembuatan booth Arsitektur ITN Malang. "Saya ikut serta membuat booth. Banyak pengalaman di dalam proses pembuatannya. Materinya kan sudah saya dapatkan di kampus. Jadi tinggal mempraktekkannya," ujar mahasiswa semester tiga ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES