Pemerintahan

Motif Batik Surya Majapahit akan Menjadi Seragam ASN Pemkab Mojokerto 

Kamis, 17 November 2022 - 20:32 | 16.50k
Motif Batik Surya Majapahit akan Menjadi Seragam ASN Pemkab Mojokerto 
Prosesi serah terima motif batik Surya Majapahit kepada Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati untuk menjadi seragam ASN, Kamis (17/11/2022) (FOTO: Dok. Kominfokab Mojokerto for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Motif Batik Surya Majapahit Diwangkara Wilwatikta hasil karya dari alm. Mahmud Zain akan menjadi motif seragam batik seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Daerah kabupaten Mojokerto. Istri alm. Machmud Zain yakni Dewi Masito menyerahkan motif batik ini kepada Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati di Rumah Dinas Bupati Mojokerto, Kamis (17/11/2022).

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menilai motif batik ini bisa untuk mengenang besarnya jasa alm. Machmud Zain. Utamanya beliau telah memberi warna seni budaya keagungan bagi Kabupaten Mojokerto.

Ikfina-Fahmawati-3.jpgBupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menerima kunjungan istri seniman batik Kabupaten Mojokerto di Rumah Dinas Bupati Mojokerto, Kamis (17/11/2022) (FOTO: Dok. Pemkab Mojokerto for TIMES Indonesia)

"Tentu saja ini akan senantiasa lestari, ketika karya-karya beliau tetap eksis, kemudian semakin berkembang dan memberikan warna serta pengaruh dalam peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Mojokerto," jelasnya.

Ikfina mengatakan sebagai upaya Pemkab Mojokerto agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena hal ini berkaitan dengan pengadaan seragam yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mojokerto.

"Sehingga ini semua harus dilalui dan untuk itu kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya," bebernya.

Bupati Mojokerto juga meminta restu kepada Dewi Masito, agar upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mojokerto ke depan dapat menjadi salah satu upaya dalam melestarikan semua karya-karya besar yang ditinggalkan oleh alm. Machmud Zain. Untuk kemudian menjadi warisan masyarakat Kabupaten Mojokerto.

"Mohon doa restunya supaya karya-karya tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kebanggaan masyarakat Kabupaten Mojokerto," pintanya.

Istri seniman batik, Dewi Masito mengatakan bahwa ini menjadi suatu hal yang sangat luar biasa. Dewi berharap penyerahan motif batik Surya Majapahit Diwangkara Wilwatikta ke Pemkab Mojokerto dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto.

"Alhamdulillah, hari ini bisa kita hadiri, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi karyawan dan masyarakat di Kabupaten Mojokerto, karena ini bersejarahnya Majapahit," pungkasnya. 

Pada penyerahan motif batik Surya Majapahit Diwangkara Wilwatikta juga dilaksanakan penandatanganan serah terima penggunaan dan pemanfaatan motif batik. Penandatanganan ini dilakukan oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati bersama Dewi Masito.

Dalam agenda ini, turut dihadiri oleh sekretaris daerah kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto Iwan Abdillah, Kepala BAPPEDA Kabupaten Mojokerto Bambang Eko Wahyudi, Kepala DPRKP2 Kabupaten Mojokerto Rahmat Suharyono. Serta Kepala Bagian (Kabag) Organisasi, Kabag Hukum, Kabag Pemerintahan, serta Kabag Umum di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES