Pemerintahan

Konsisten Bina Proklim, Wali Kota Madiun Terima Penghargaan dari Kementerian LHK

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 19:49 | 7.97k
Konsisten Bina Proklim, Wali Kota Madiun Terima Penghargaan dari Kementerian LHK
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menyerahkan piagam penghargaan kepada Wali Kota Madiun H. Maidi. (Foto: Diskominfo Kota Madiun)

TIMESINDONESIA, MADIUNPemkot Madiun konsisten mengedepankan pembangunan berwawasan lingkungan. Terbukti di sejumlah kawasan permukiman warga di Kota Madiun telah berhasil melaksanakan Program Kampung Iklim (Proklim) dan mendapatkan penghargaan di berbagai tingkatan.

Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (LHK) yakni Trophy ProKlim Utama 2022 diterima oleh lingkungan RW 06 Kelurahan Manisrejo dan RW 10 Kelurahan Taman Kecamatan Taman. Penghargaan tersebut diserahkan pada Puncak Festival Iklim 2022 di Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Bersamaan dengan dua penghargaan tersebut  Wali Kota Madiun H. Maidi juga menerima Piagam Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Tingkat Kota. Penghargaan yang diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar itu merupakan apresiasi atas peran wali kota memberi arahan dan pembimbingan sehingga dua kelurahan di wilayahnya mendapat penghargaan Proklim.

Siti-Nurbaya-Bakar-b.jpgPenghargaan Proklim diserahkan pada Puncak Festival Iklim 2022 di Kementerian LHK. (Foto: Diskominfo Kota Madiun)

"Pembangunan di Kota Madiun Kota ini memang kita konsep berwawasan lingkungan. Jadi apapun pembangunannya tidak boleh meninggalkan konsep-konsep lingkungan sehat,’’ kata Wali Kota H. Maidi usai menerima penghargaan.

Sebelumnya, terdapat sejumlah kelurahan yang lebih dulu mendapat penghargaan Proklim. Yakni, Penghargaan Trophy Utama ProKlim untuk Kelurahan Pandean dan Taman serta Sertifikat Utama ProKlim untuk Kelurahan Klegen, Kanigoro, Pangongangan, dan Kartoharjo pada 2021 lalu.

Sedang, pada 2020 Kota Madiun mendapatkan Sertifikat Utama ProKlim. Yakni untuk RW 08 Kelurahan Rejomulyo dan RW 08 Kelurahan Banjarejo. Wali Kota Maidi berharap capaian itu terus ditingkatkan.

"Wilayah yang sudah mendapat sertifikat utama proklim bisa meningkat dengan mendapatkan penghargaan tropi utama. Sedang, wilayah yang mendapatkan tropi utama bisa ditingkatkan ke Proklim kategori lestari," tegas wali kota.

Siti-Nurbaya-Bakar-c.jpgDua kelurahan di Kota Madiun menerima trophy penghargaan Proklim Utama 2022. (Foto: Diskominfo Kota Madiun)

Maidi menyebut Proklim memberikan manfaat bagi masyarakat. Mulai kesehatan, lingkungan asri dan keseimbangan alam. Selanjutnya dia berharap indikator-indikator proklim dipenuhi dan ditingkatkan di wilayahnya.

"Terima kasih kepada semua tim proklim dan masyarakat. Program bisa berjalan baik dan sesuai dengan yang kita harapkan," ujar Maidi.

Penghargaan proklim untuk Pemkot Madiun yang sudah diterima dua kelurahan dan Wali Kota Madiun H. Maidi diharapkan memotivasi wilayah lain di Kota Madiun untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan meningkatkan pelaksanaan proklim. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES