Otomotif

Jemput Bola, UIN Maliki Malang Sosialisasi dan Bagi-bagi Beasiswa ke SMA dan MA

Rabu, 23 Februari 2022 - 16:36 | 80.91k
Jemput Bola, UIN Maliki Malang Sosialisasi dan Bagi-bagi Beasiswa ke SMA dan MA
Tim UIN Maliki Malang saat sosialisasi ke sekolah/madrasah untuk program KIP dan penerimaan mahasiswa baru. (Foto: Humas UIN Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim Kemahasiswaan dan Alumni UIN Maliki Malang melakukan roadshow sosialisasi beasiswa dan penerimaan mahasiswa baru kepada para siswa di sejumlah sekolah (SMA/MA) baik negeri maupun swasta di beberapa provinsi di Indonesia.

Kegiatan ini dalam rangka mencari bibit  unggul dan menjaring para siswa agar mendapatkan informasi yang komprehensif seputar penerimaan mahasiswa baru di Kampus berlogo Ulul Albab ini.

Selain itu, tim UIN Maliki Malang juga melakukan sosialisasi beasiswa prestasi dan bantuan sosial untuk calon mahasiswa baru tahun ajaran 2022-2023.

Kegiatan ini, secara perdana dimulai Senin sampai Rabu, 21-23 Februari 2022 di Madiun dan Ponorogo. Kegiatan perdana dilaksanakan di tiga tempat, yaitu di MAN 4 Madiun, MAN 1 Ponorogo, dan MA Putri Maarif Ponorogo. Acara ini melibatkan kepala madrasah, Wakil kepala madrasah, BK, para guru, wali kelas dan pengurus OSIS.

Pada Senin, (21/2/2022) bertempat di Aula MAN 4 Madiun, Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Muh. Hambali, M.Ag. yang ikut turun langsung sosialisasi KIP di depan kepala madrasah, para wali kelas, BK dan pengurus OSIS MAN 4 Madiun menyampaikan sambutannya.

IA menyebut bahwa kegiatan ini merupakan momentun untuk jemput bola untuk memberikan karpet merah kepada mahasiswa baru yang mempunyai keunggulan bidang olah raga, ilmiah dan seni, namun lemah bidang ekonomi.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu mengubah persepsi bagi masyarakat bahwa kuliah di UIN Malang tidaklah. Kenyataannya jumlah pendaftar jalur  SNMPTN MAN 4 Madiun cukup besar, yaitu 50 % dari keseluruhan kelas 12.

"Padahal menjadi Mahasiswa UIN Malang itu  adalah harapan sebagian besar masyarakat karena kampus UIN Malang menjadi rujukan pengembangan potensi mahasiswa untuk meraih capaian prestasi tingkat nasional dan internasional," ungkapnya. 

Pada saat yang sama, tim rekrutmen bidang olah raga, Hanif menyampaikan menjadi generasi muda harus memikirkan banyak hal dengan berbagai persiapan untuk masa depan gemilang.

"UIN Malang diibaratkan lahan yang subur. Lahan yang subur sebagai pondasi dasar pengembangan minat dan bakat untuk melukis prestasi yang unggul dari sudah unggul di UIN Maliki Malang," ujarnya.

Kegiatan ini tersebar di berbagai daerah, di antaranya di Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UIN Maliki Malang, Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, MAg yang menaungi program sosialisasi KIP, mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah penting agar mendapatkan calon-calon mahasiswa yang lebih unggul dari yang sudah unggul agar sesuai harapan roadmap UIN Maliki Malang, yakni unggul dan bereputasi internasional di berbagai bidang akademik, olahraga dan seni.

Oleh karena itu, Fatah berharap dengan diadakannya sosialisasi itu dapat digali berbagai macam minat bakat calon mahasiswa di madrasah atau sekolah. Pihaknya berharap  kegiatan ini dapat mengubah  persepsi masyarakat tentang UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai sebagai perguruan tinggi Islam yang mahal UKTnya.

"Padahal jika mahasiswa melihat fasilitas yang tersedia di UIN Maliki Malang yang mampu menawarkan berbagai lulusan yang marketable sehingga lulusannya mempunyai daya saing tinggi di masyarakat," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES