Otomotif

Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang Ingatkan Lima Hal Penting

Jumat, 21 Januari 2022 - 19:32 | 178.75k
Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang Ingatkan Lima Hal Penting
Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang, Kabupaten Brebes KH Syeh Sholeh Muhammad Basalamah dan Wakil Bupati Brebes (Foto Dinkominfotik Brebes For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BREBES – Lima poin penting dalam kehidupan manusia disampaikan Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang, Kabupaten Brebes KH Syeh Sholeh Muhammad Basalamah saat tausiyah pada Pembinaan Mental (Bintal) bagi Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Brebes, Jumat 21 Januari 2022 di Pendopo Kabupaten Brebes.

Keliima poin tersebut merupakan hal penting yang bisa mengubah hidup manusia lebih baik. Meski demikian, tidak serta merta perubahan hidup manusia terwujud, karena harus diikhtiarkan serta diimbangi dengan perilaku yang baik

Pondok Pesantren Darussalam b

"Hidup itu antara nasib dan ikhtiar. Allah SWT berkehendak untuk mengubah nasib manusia lewat ikhtiar yang dilakukan manusia itu sendiri,” terang Syeh Sholeh.

Ada 5 hal inti yang bisa merubah nasib manusia atas kehendak Allah. Yang pertama adalah shalat. Upayakan kita menunaikan shalat lima waktu dengan berjamaah. Bila dekat dengan masjid atau mushola, lebih baik shalat di masjid atau mushola. Tetapi bila tempatnya jauh maka shalatlah berjamaah di rumah bersama keluarga.

“Rumah kita jangan seperti kuburan yang sepi menakutkan. Ramaikanlah dengan shalat sunah dan membaca Al Quran,” pesan Syeh Sholeh.

Kedua adalah berdoa, Allah SWT akan memberikan segala permintaan manusia sesuai kehendak-Nya. Doa yang bisa membawa kita kepada perubahan nasib adalah doa sapu jagat. Yakni Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā 'adzāban nār.

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka. Tambahkan doa ini dalam sholat di waktu sujud, utamanya di waktu sholat sunah,” ajak Syeh Sholeh.

Ketiga, selalu berbakti kepada orangtua. Yang dimaksud dengan orang tua adalah orang tua kandung, mertua dan guru-guru kita. Dalam sejarah telah membuktikan kalau anak sukses, pasti dia sangat berbakti kepada orang tuanya.

Pondok Pesantren Darussalam c

“Entah kepada orang tua kandung, mertua, ataupun guru, ketiganya adalah orang tua kita yang wajib kita hormati, berbakti kepada mereka,” tegasnya.

Keempat bersedekah, Sedekah itu menolak bala. Dengan bersedekah, harta kita tidak akan berkurang tetapi justru bertambah. Jangan bersedekah menunggu kaya, lakukan dengan penuh keikhlasan dan keyakinan bahwa kalau kita bersedekah maka Allah SWT akan menggantinya dengan yang lebih baik lagi.

Kelima, adalah silaturahmi. Rumus menambah rejeki adalah dengan bersilaturahmi, semakin sering bersilahturahim maka akan semakin banyak kesempatan mendapatkan peluang rejeki

Kelima kiat mengubah nasib tersebut, lanjut Syeh Sholeh, baru hal-hal yang pokok. Sebenarnya masih banyak sekali kiat hidup kita agar semakin membaik dan membaik sesuai dengan kehendak Allah SWT.

Sementara Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH. Narjo yang turut mendampingi pengasuh pondok pesantren Darussalam Jatibarang Brebes berpesan untuk terus semangat menjalani hidup dan kehidupan. Harus optimis, meskipun banyak rintangan yang menghadang dalam menjalaninya.(*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES