Olahraga

Christiano Ronaldo Segera Tinggalkan Manchester United

Rabu, 23 November 2022 - 05:11 | 12.88k
Christiano Ronaldo Segera Tinggalkan Manchester United
Ronaldo baru memulai empat pertandingan di Liga Premier musim ini dan mencetak satu gol. (FOTO: The Sun/Reuters).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, 37, segera meninggalkan Manchester United menyusul wawancara kontroversialnya yang mengkritik klub dan mengatakan dia "tidak menghormati" manajer Erik ten Hag.

Kedua belah pihak menyatakan bahwa keluarnya Ronaldo disepakati bersama.

"Klub berterima kasih padanya atas kontribusinya yang luar biasa selama dua periode di Old Trafford," begitu bunyi pernyataan Manchester United seperti dilansir BBC.

Mereka berharap Cristiano Ronaldo dan keluarganya baik-baik saja untuk masa depan. Dan mereka juga meminta semua orang di Manchester United tetap fokus untuk melanjutkan kemajuan tim di bawah Erik ten Hag dan bekerja sama untuk memberikan kesuksesan di lapangan.

Manchester United sampai kini berada di urutan kelima di Liga Premier di musim pertama Ten Hag sebagai manajer, dengan musim istirahat untuk Piala Dunia di Qatar.

Cristiano Ronaldo bersama Portugal di Piala Dunia Qatar akan menjadi kapten mereka dalam pertandingan pembukaan di Grup H melawan Ghana pada Kamis besok.

Cristiano Ronaldo telah berbicara kepada media di Qatar pada Senin lalu, dan mengatakan bahwa dia akan berbicara kapan pun dia mau, dan pertengkarannya dengan Manchester United tidak akan menggoyahkan skuad Portugal.

Cristiano Ronaldo yang mencetak 145 gol dalam 346 penampilan untuk MU meninggalkan Juventus untuk bergabung kembali dengan klub Old Trafford pada Agustus 2021, 11 tahun setelah ia hengkang untuk bergabung dengan Real Madrid.

Dia memiliki lebih dari tujuh bulan tersisa pada kontrak £ 500.000 per minggu dengan Manchester United. Kini kepergiannya membuatnya bebas untuk menandatangani kontrak dengan klub lain, termasuk di Liga Premier, ketika jendela transfer dibuka pada Januari nanti.

"Menyusul pembicaraan dengan Manchester United, kami sepakat untuk mengakhiri kontrak lebih awal," demikian pernyataan dari pihak Christiano Ronaldo.

"Saya mencintai Manchester United dan saya mencintai para penggemar, itu tidak akan pernah berubah. Namun, rasanya ini waktu yang tepat bagi saya untuk mencari tantangan baru. Saya berharap tim sukses untuk sisa musim ini dan untuk masa depan," katanya.

Cristiano Ronaldo tidak bermain untuk Manchester United karena penyakit yang tidak diketahui sejak ia menjadi kapten dalam kekalahan 3-1 mereka di Aston Villa pada 6 November lalu.

Dia dikeluarkan untuk pertandingan Liga Premier di Chelsea bulan lalu oleh Ten Hag setelah menolak masuk sebagai pemain pengganti melawan Tottenham tiga hari sebelumnya.

Dalam wawancara TalkTV-nya pekan lalu, Cristiano Ronaldo mengatakan dia tidak menyesal menolak masuk sebagai pemain pengganti di menit-menit terakhir dalam kemenangan melawan Spurs karena dia merasa Ten Hag telah memprovokasi dia.

Dia juga berbicara tentang bagaimana dirinya merasa dikhianati oleh klub. Soal pandangannya tentang Ten Hag, Ronaldo berpikir dia dipaksa keluar dari klub.

Dia juga mengatakan telah melihat tidak ada "evolusi" di klub sejak mantan manajer Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013.

Cristiano Ronaldo menyebutkan bahwa dia hampir bergabung dengan Manchester City sebelum kembali ke Manchester United, sementara dia telah menolak kesepakatan £305 juta untuk pindah ke klub Arab Saudi di musim panas.

Dia berbicara tentang kehilangan bayi laki-lakinya pada April lalu. Dia juga mengaku tersentuh dengan penghormatan yang diberikan kepadanya oleh para penggemar Liverpool pada pertandingan melawan United di Anfield pada hari-hari sesudahnya.

Pihak Manchester United menanggapi dengan pernyataan Christiano Ronaldo dalam wawancara tersebut. Mereka telah memulai langkah-langkah yang tepat dalam menanggapi wawancara tersebut.

"Cristiano jelas melakukan wawancara itu dengan pola pikir bahwa dia tidak bahagia dan ingin keluar dari klub. Dia menjelaskannya dengan sangat jelas," kata mantan bek Manchester United Rio Ferdinand kepada BBC Sport.

"Saya pikir Erik ten Hag mendapatkan apa yang dia inginkan dalam situasi ini juga. Kedua belah pihak senang dan kami dapat melanjutkan," kata Ferdinand.

Bagaimana babak selanjutnya untuk Cristiano Ronaldo? Itu tergantung apa motivasinya. Bermain di Liga Champions? Uang? Untuk terus bermain di suatu tempat dengan iklim yang bagus?. "Kita akan tahu pada waktunya, aku yakin". (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES