Olahraga Piala Dunia 2022

Argentina vs Arab Saudi, Menanti Tarian Lionel Messi

Selasa, 22 November 2022 - 10:01 | 15.70k
Argentina vs Arab Saudi, Menanti Tarian Lionel Messi
Lionel Messi berlatih ringan jelang laga Argentina melawan Arab Saudi di Grup C, Piala Dunia. (foto: AFA)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Langkah Lionel Messi untuk meraih titel juara Piala Dunia pertamanya akan dimulai, Selasa (22/11/2022) jam 17.00 WIB sore nanti. Lionel Messi yang mungkin akan pensiun bersama Timnas Argentina usai Piala Dunia 2022 Qatar akan menghadapi laga perdana Grup C melawan Arab Saudi

"Ini mungkin Piala Dunia terakhir saya, kesempatan terakhir saya untuk meraih impian besar yang kita semua miliki," kata Lionel Messi yang kini sudah berusia 35 tahun seperti dikutip dari AFP.

Lionel Messi yang ditasbihkan sebagai pemain terbaik dunia sebelumnya hanya meraih sukses di level klub bersama Barcelona. Semoga juara di level klub pernah diraihnya. Namun hal bebeda di level internasional bersama timnas Argentina. 

Lionel Messi yang kini merumput di PSG baru meraih trofi internasional bersama Argentina pada 2021 dengan meraih juara Copa Amerika. Sebuah gelar internasional perdana bagi Argentina setelah 28 tahun.

“Saya tidak tahu apakah ini momen paling bahagia saya, tapi saya merasa luar biasa. Saya lebih tua, lebih dewasa, saya ingin memanfaatkan segalanya, menjalaninya dengan intensitas maksimal dan menikmati setiap momen yang saya miliki," lanjut peraih tujun Ballon d'Or ini.

Di pertandingan nanti, Lionel Messi akan dibantu Lautaro Martinez.dan Alejandro Gomez dalam upaya menjebol gawang Arab Saudi. Sementara Angel Di Maria akan menjadi penopang lini tengah bagi keduanya, sekaligus menjadi pemain kunci yang kerap mencetak gol saat para striker Argentina mandul.  

Tim Favorit

Argentina.jpgTim Argentina menjadi salah satu favorit juara Piala Dunia 2022. (foto: AFA)

Argentina menuju turnamen sebagai pemegang trofi Copa America dan tak terkalahkan dalam 36 pertandingan sejak 2019. Tapi pelatih Argentina Lionel Scaloni mewaspadai ekspektasi yang terlalu tinggi dan pujian sebagai salah satu favorit juara.

"Tim favorit utama biasanya tidak menjuarai Piala Dunia. Ada tim-tim hebat, tidak kurang dari delapan atau 10 yang bisa menjuarai Piala Dunia, kebanyakan dari Eropa.

"Benar bahwa Amerika Selatan belum mampu mencapai final akhir-akhir ini, selain Argentina pada 2014. Hal-hal detil yang akan menentukan juara dunia dan mereka tidak harus menjadi favorit."

Kesuksesan Argentina di Copa America tahun lalu -- mengalahkan Brasil 1-0 di stadion Maracana -- menghapus perjalanan yang menyakitkan selama 28 tahun tanpa gelar utama untuk Albiceleste.

Baik Scaloni maupun Messi mengakui bahwa kemenangan tersebut telah membebaskan tim dari tekanan yang kuat. "Sekarang tim bermain dengan lebih tenang, tekanan eksternal tidak ada," kata Scaloni.

Arab Saudi Siap Beri Kejutan

Arab-Saudi.jpgArab Saudi siap memberikan kejutan bagi Argentina saat laga perdana Grup C Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: AFA)

Secara hitungan peringkat, Arab Saudi bukanlah lawan berat bagi Argentina di Grup C. Lawan berat di Grup C adalah Meksiko yang merupakan peringkat dua Concacaf dan Polandia yang memiliki strike Robert Lewandowski. Namun, tekanan pertandingan pertama tetap bisa memunculkan kejutan bagi siapa saja, termasuk tim sekuat Argentina yang diperkuat banyak pemain top dunia.

Arab Saudi yang 48 level di bawah Argentina punya catatan buruk buruk dalam laga-laga pembuka Piala Dunia mereka. Sebut saja saat mereka kalah 0-5 dari Rusia pada 2018 dan 0-8 dari Jerman pada 2002.

Tetapi Arab Saudi adalah tim dengan mental kuat di Asia dan menjadi tim langganan Piala Dunia karena sudah lima kali merasakan putaran final Piala Dunia. Prestasi terbaik Arab Saudi adalah mencapai 16 besar pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. 

Arab Saudi juga tampil bagus selama babak kualifikasi dengan dua kali memuncaki klasemen grup yang di dalamnya terdapat tim kuat Jepang.

Walaupun dihuni pemain-pemain produk liga domestik, tak gampang mengalahkan Saudi. Islandia dan Makedonia Utara mereka kalahkan masing-masing 1-0 dalam dua dari lima laga terakhirnya. Kroasia yang runner up Piala Dunia 2018 hanya bisa menang 1-0 dalam salah satu dari lima pertandingan terakhir Saudi itu.

"Saya menyaksikan sebuah negara yang penuh dengan pemain muda berbakat. Kami sudah mencapai target pertama kami, sisanya mari bekerja sama," kata pelatih Saudi, Herve Renard. 

Prakiraan Susunan Pemain Argentina

Argentina (4-4-2): Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Lisandro Martinez, Nicolas Tagliafico; Angel Di Maria, Leandro Paredes, Rodrigo de Paul, Alejandro Gomez; Lionel Messi, Lautaro Martinez.

Prakiraan Susunan Pemain Arab Saudi

Arab Saudi (4-3-3): Mohamed Al-Owais; Saud Abdulhamid, Hassan Tambakti, Abdulelah Al-Amri, Yasser Al-Shahrani; Abdulelah Al-Malki, Mohamed Kanno, Salman Al-Faraj; Haitham Asiri, Firas Al-Buraikan, Salem Al-Dawsari. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES