Olahraga

Resmi WNI, Sandy Walsh dan Jordi Amat Siap Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Kamis, 17 November 2022 - 18:03 | 25.78k
Resmi WNI, Sandy Walsh dan Jordi Amat Siap Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022
Pesepak bola Sandy Walsh (kanan) dan Jordi Amat (kiri) memegang Bendera Merah Putih usai membacakan Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan di Kantor Wilayah Kemenkum HAM DKI Jakarta, Kamis (17/11/2022). (FOTO: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pesepak bola naturalisasi asal Belanda, Sandy Walsh dan pesepak bola naturalisasi asal Spanyol, Jordi Amat resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah prosesi pengucapan sumpah Janji Setia Pewarganegaraan di Kantor Wilayah Kemenkum HAM DKI Jakarta, Kamis (17/11/2022). 

Sandy Wals dan Jordi Amat kini berpeluang untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 pada Desember mendatang.

Dikutip dari Antara, Jordi Amat dan Sandy Walsh mengatakan bahagia dan bangga setelah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

"Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saya saat ini. Saya sangat senang. Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita," ujar Jordi, pria yang sebelumnya berkewarganegaraan Spanyol itu.

Pria berusia 30 tahun tersebut pun berterima kasih kepada semua pihak yang sudah membantunya menjadi WNI termasuk PSSI.

Pernyataan senada juga diutarakan oleh Sandy Walsh (27 tahun). Sandy bahkan mengaku menangis terharu ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Menyanyikan lagu Indonesia Raya adalah momen yang sangat indah. Saya menutup mata dan menangis. Jadi, sekali lagi terima kasih," tutur pria yang sebelumnya berkewarganegaraan Belanda itu.

Setelah menjadi WNI, Jordi Amat dan Sandy Walsh akan mendapatkan kartu keluarga (KK), KTP dan paspor Indonesia.

Jordi Amat dan Sandy Walsh merupakan pesepak bola berposisi bek keturunan Indonesia yang lama berkarier di Eropa.

Jordi sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis, dan kini merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta'zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia.

Mereka diproyeksikan untuk memperkuat Timnas Indonesia dan diproyeksikan PSSI untuk terlibat di Piala AFF 2022 yang akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023. Di turnamen itu, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES