Olahraga

Piala Dunia 2022 Qatar Jadi yang Termahal Sepanjang Sejarah

Minggu, 13 November 2022 - 06:03 | 43.18k
Pernak pernik dan antusias anak-anak Qatar menyambut Piala Dunia 2022. (FOTO: @Qatar Football Association/ Instagram )
Pernak pernik dan antusias anak-anak Qatar menyambut Piala Dunia 2022. (FOTO: @Qatar Football Association/ Instagram )

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kurang dari satu bulan Piala Dunia 2022 Qatar akan di selenggarakan. Ini pertama kalinya piala dunia digelar di negara Qatar. Sebanyak 32 tim terbaik telah terpilih untuk bermain di turnamen sepak bola Internasional ini yang akan berlangsung mulai tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022.

Mendekati opening Piala Dunia 2022 Qatar kemeriahan pernak pernik turnamen bergengsi tersebut jelas semakin terasa di berbagai belahan penjuru dunia.

Sebagai tuan rumah, Qatar telah mempersiapkan segalanya hingga berbagai aturan dan merilis seragam keamanan khusus. Pasalnya ini merupakan pertama kali negara timur tengah menyelenggarakan perhelatan besar sepak bola.

Dilansir dari Statista, Piala Dunia Qatar 2022 adalah Piala Dunia paling mahal sepanjang sejarah. Qatar telah menghabiskan USD 220 Milliar atau setara dengan Rp3.344 Triliun. Jumlah ini mengalahkan biaya Piala Dunia 2018 di Russia yang menghabiskan dana sebesar USD 11,6 Milliar dan Piala Dunia 2014 Brazil yang menghabiskan dana sekitar USD 15 Milliar.

Dari dana tersebut biaya pembangunan stadion baru di Qatar hanya berkisar antara USD 6,5 Milliar hingga USD 10 Milliar. Anggaran itu membengkak dari semula yang dianggarkan USD 4 Milliar. Sebagian besar pengeluaran adalah biaya infrastuktur yang merupakan bagian dari rancangan pengembangan Qatar 2030.

Diketahui Qatar telah menyiapkan 8 stadion untuk perhelatan kali ini. Sebanyak 8 stadion itu berjarak sekitar 1 jam perjalanan. Kedelapan stadion tersebut akan ditenagai oleh panel surya dan memiliki sistem pendingin canggih termasuk AC luar ruangan di beberapa stadion.

Menurut EURO NEWS sebanyak satu setengah juta fans sepak bola dari penjuru dunia akan datang ke Qatar pada November. Qatar meyakini event spektakuler ini akan mendorong pariwisata serta mendongkrak perekonomian negara mereka.

Sementara itu presiden FIFA Giani Infantino melihat Qatar sangat siap untuk mengelar Piala Dunia karena semua stadion dan infrastruktur jalan sudah di bangun.

Menyandang status sebagai Piala Duinia termahal sepanjang sejarah, Qatar juga menawarkan hadiah bagi negara yang juara. Melansir dari FIFA anggaran untuk hadiah Piala Dunia 2022 ini senilai USD 700 juta atau setara dengan Rp10,4 Triliun. Total hadiah ini hampir lebih tinggi 2 kali lipat dibanding Piala Dunia sebelumnya.

Dalam Piala Dunia 2022 Qatar, masing masing negara akan mendapatkan USD 10 Juta. Semakin jauh tim maju dalam turnamen semakin banyak uang yang mereka dapatkan. Setiap tim yang lolos 16 besar akan mendapatkan suntikan dana Rp179 Miliar. Kemudian di babak perempat final mendapatkan Rp269 Miliar dan di semifinal uang yang didapatkan semakin naik di angka Rp373 Miliar.

Untuk tim yang menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar akan mendaptakan hadiah sebesar Rp746 Miliar. Sedangkan posisi kedua mendapatkan Rp597 Miliar, dan untuk posisi ketiga mereka akan mendapatkan hadiah sebesar Rp447 Miliar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES