Olahraga Tragedi Stadion Kanjuruhan

Imbas Tragedi Stadion Kanjuruhan, Presiden RI Jokowi: Hentikan Sementara Liga 1

Minggu, 02 Oktober 2022 - 12:13 | 22.66k
Imbas Tragedi Stadion Kanjuruhan, Presiden RI Jokowi: Hentikan Sementara Liga 1
Presiden RI Jokowi instruksikan Penghentian Sementara Liga 1. (FOTO: Youtube Sekretariat Presiden) 
FOKUS

Tragedi Stadion Kanjuruhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Imbas dari tragedi Stadion Kanjuruhan yang terjadi usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022), Presiden RI Jokowi telah memerintah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara Liga 1.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Jokowi dalam keterangan persnya yang tayang melalui Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu (2/10/2022).

"Saya memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," ucap Presiden terkait tragedi Stadion Kanjuruhan.

Presiden sangat menyesalkan terjadinya tragedi Stadion Kanjuruhan tersebut dan berharap ini merupakan tragedi yang terakhir bagi sepak bola Indonesia.

"Jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini dimasa yang akan datang. Sportivitas, rasa kemanusiaan dan rasa persaudaraan bangsa Indonesia harus terus kita jaga bersama," pinta Presiden RI Jokowi yang juga meminta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut tuntas tragedi Stadion Kanjuruhan.

Presiden pun menyampaikan duka yang mendalam atas peristiwa tragedi Stadion Kanjuruhan yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia.

"Saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-saudara kita dalam tragedi sepakbola di Kanjuruhan Malang Jawa Timur," kata Presiden.

Hentikan Sementara Liga 1

Sebelumnya, Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan juga mengatakan, pihaknya menyesalkan Tragedi Stadion Kanjuruhan itu.

Ia mengatakan, tak seharusnya hal tersebut terjadi. Mereka meminta maaf dengan hal tersebut.

"PSSI menyesalkan tindakan suporter Aremania di Stadion Kanjuruhan. Kami berduka cita dan meminta maaf kepada keluarga korban serta semua pihak atas insiden tersebut," kata Iriawan dikutip dari situs PSSI.

Ia juga sudah menegaskan kompetisi Liga 1 untuk sementara dihentikan. Arema FC juga tak boleh lagi menjadi tuan rumah.

"Untuk sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 kami hentikan selama satu pekan. Selain itu tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan terkait tragedi Stadion Kanjuruhan. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES