News Commerce

Rekomendasi Aplikasi Kepegawaian Terpopuler, Mana yang Terbaik?

Kamis, 27 Oktober 2022 - 19:05 | 14.60k
Rekomendasi Aplikasi Kepegawaian Terpopuler, Mana yang Terbaik?
Aplikasi Kepegawaian. (FOTO: mobile.twitter.com/mekaricom)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Simpeg (aplikasi kepegawaian) adalah sistem yang mampu memberikan informasi data-data pegawai pada suatu perusahaan maupun instansi yang saling berinteraksi mencapai tujuan yang telah ditargetkan. aplikasi kepegawaian menangani pengelolaan data kepegawaian khususnya meliputi: pendataan pegawai, BKD, proses perencanaan dan formasi kepegawaian, penggajian, penilaian angka kredit, mutasi pegawai, dan sistem pelaporan.

Aplikasi aplikasi kepegawaian pada suatu instansi adalah melakukan penginputan, pengawasan dan monitoring dalam hal data kepegawaian. Data mentah diinput biasanya disiapkan form isian yang harus diisi oleh pegawai suatu instansi dengan baik dan benar. Jika dalam pengisian form dilakukan dengan baik dan benar, operator dapat langsung mengisikan database masing-masing pegawai kedalam aplikasi kepegawaian, dan operator dapat fokus mengisi sesuai dengan form yang diterimanya tanpa mengecek berkas fisik.

Setelah database di input dengan baik, barulah sistem dapat memproses sesuai dengan kebutuhan instansi yang menggunakan sistem tersebut. Dalam pengolahan kepegawaian aplikasi kepegawaian dapat menghasilkan berbagai report (laporan) seperti Beban Kinerja Dosen (BKD), Daftar Urut Kepangkatan (DUK), riwayat kenaikan pangkat, data pegawai yang akan naik pangkat, data DP3 pegawai, data riwayat jabatan, riwayat diklat teknis maupun fungsional, riwayat penghargaan yang telah diterima pegawai, data pegawai yang telah maupun yang akan pensiun, data riwayat keluarga PNS, dan berbagai report lain yang telah dipersiapkan dengan baik oleh pihak programer.

Dengan tersedianya berbagai report yang dapat dihasilkan aplikasi kepegawaian, maka oleh pihak yang berkepentingan dapat mempergunakan aplikasi ini untuk memanajemen kepegawaian pada instansinya tersebut sesuai dengan peruntukannya. 

Aplikasi kepegawaian biasanya dipergunakan oleh pimpinan untuk mempermudah memberikan pelayanan kepegawaian, menata sebaran pegawai pada seluruh instansi, serta mempersiapkan kemungkinan lain yang dibutuhkan oleh pihak atasan seperti analisa kebutuhan PNS pada instansinya, maupun penyusunan para pejabat eselon II, III dan IV yang oleh pihak atasan memiliki kinerja baik dan dapat menerima komunikasi dari atasan dalam menentukan arah pembangunan daerahnya.

Rekomendasi Aplikasi Aplikasi kepegawaian Terbaik

Selain daftar aplikasi kepegawaian atau aplikasi HR di bawah ini, sebenarnya masih terdapat beberapa aplikasi kepegawaian yang tersedia di pasaran. Mulai dari aplikasi yang global sampai aplikasi kepegawaian buatan pengembang di Indonesia. Namun, berikut ini beberapa aplikasi rekomendasi dari kami.

1.    Mekari Talenta

Mekari Talenta merupakan salah satu aplikasi kepegawaian yang menyediakan beragam fitur untuk memudahkan karyawan. Seperti manajemen database karyawan, fitur GPS, payroll, hingga keperluan administrasi karyawan. Tampilan aplikasi Mekari Talenta ini juga keren dan user friendly. Sebagai HRD atau Manager, Anda bisa mengecek segala aktivitas karyawan disini, dan Anda berhak menerima atau menolak pengajuan cuti karyawan secara real time berkat database yang terintegrasi.
Fitur-Fitur Aplikasi kepegawaian yang kembangkan Mekari Talenta, antara lain:

●    Fitur Data Pegawai
Fitur Data Pegawai, menampilkan semua detil data (data pribadi, keluarga, riwayat pendidikan, riwayat pangkat, riwayat jabatan akademik, riwayat jabatan struktural, riwayat penelitian, riwayat pengabdian masyarakat, penghargaan, sertifikat, pelatihan, tugas kelembagaan dan sebagainya).
Pada fitur ini setiap pegawai bisa melakukan insert / edit data kemudian divalidasi oleh bagian kepegawaian.

●    Fitur Permohonan Cuti
Fitur Pengajuan Cuti, setiap pegawai bisa mengajukan cuti secara online kemudian akan dilakukan proses persetujuan oleh atasan berupa notifikasi email dan selanjutnya divalidasi oleh bagian kepegawaian.

●    Fitur Kenaikan Berkala
Fitur Kenaikan Berkala sistem akan melakukan proses otomatis pengecekan dan pengajuan kenaikan pangkat berkala dan gaji berkala pegawai.

●    Fitur Penilaian Kinerja Pegawai
Fitur Penilaian Kinerja Pegawai, proses penilaian yang terdapat pada SIM Kepegawaian yang dikembangkan oleh Mekari Talenta adalah Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).
Namun terkadang setiap institusi mempunyai proses penilaian kinerja pegawai yang khusus sehingga dalam fitur ini perlu penyesuaian alur proses penilaian kinerja pegawai sesuai institusi yang ada.

●    Fitur Presensi Pegawai
Fitur Presensi Pegawai, merupakan fasilitas untuk menampilkan daftar presensi pegawai baik setiap hari atau rekap per bulan.

Fitur ini juga dilengkapi dengan proses penarikan data dari mesin Presensi seperti Mesin Fingerprint, Handkey dan sebagainya.

●    Fitur Rekrutmen Pegawai
Fitur Rekrutmen Pegawai, tiap Unit Kerja bisa melakukan untuk membuka lowongan kerja sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Pelamar yang melamar untuk selanjutnya bisa melakuan proses seleksi pegawai mulai dari proses administrasi, psikotes sampai diangkat menjadi pegawai baru.

●    Fitur Payroll/ Penggajian
Fitur Payroll/ Penggajian, fitur ini adalah fitur yang sangat berguna bagi institusi untuk melakukan manajemen payroll.

Dalam fitur ini terdapat proses perhitungan komponen-komponen gaji seperti gaji pokok, tunjangan, lembur, honor, potongan, pinjaman dan pajak.

●    Fitur Angka Kredit Pegawai
Fitur Angka Kredit, mencatat angka kredit pegawai. Dalam fitur ini juga dilengkapi dengan fasilitas simulasi perhitungan nilai per periode.

Kelebihan Aplikasi Kepegawaian Mekari Talenta:

1.    Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Mekari Talenta ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Mekari Talenta ini, berikut ini detail fiturnya

2.    Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam aplikasi kepegawaian Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3.     Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi kepegawaian Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

2.    GreatDay HR

Aplikasi absensi karyawan GreatDay HR memiliki fitur yang dapat dikatakan sangat lengkap. Pada aplikasi ini perekaman kehadiran juga dapat dilakukan dengan mudah. Caranya yaitu karyawan hanya perlu melakukan selfie dengan teknologi pengenalan wajah (facial recognition), kemudian sistem akan membandingkan foto yang diambil dengan rekaman kehadiran.

Fitur unggulan dari aplikasi kepegawaian GreatDay HR ini adalah dapat memberikan informasi lokasi karyawan dengan akurat. Sehingga hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam memantau setiap karyawan yang bekerja dari rumah atau tempat yang seharusnya.

Selain merekam kehadiran yang mudah, aplikasi kepegawaian dari GreatDay HR ini juga mendukung tim HR Perusahaan dalam melakukan pekerjaannya dengan mudah dan lancar. Salah satunya adalah dalam aplikasi ini terdapat penjadwalan shift kerja yang fleksibel dan mudah untuk di informasikan dan diaplikasikan kepada karyawan. Bahkan di luar shift kerja, HR bisa mengumumkan kebijakan perusahaan seperti sebuah informasi dan hal terkait pengajuan lembur, izin, atau cuti dalam satu aplikasi.

3.    TimeTac

Selanjutnya ada aplikasi kepegawaian bernama TimeTac yang mudah untuk digunakan oleh para karyawan. Selain itu aplikasi ini cukup mudah dalam melacak waktu dan kehadiran para karyawan, terlepas karyawan sedang bekerja dari rumah, sedang istirahat, atau dalam perjalanan bisnis.
Dengan aplikasi kepegawaian TimeTac akan memudahkan karyawan dalam absen. Karena data ini akan secara otomatis sinkron dengan sistem cloud. Fitur utama TimeTac yaitu terletak pada pemantauan kehadiran, pelacakan waktu, serta persetujuan cuti yang mudah hanya lewat aplikasi, sehingga lebih memudahkan karyawan tanpa perlu mengurus cara-cara administratif konvensional lainnya.

4.    Engage Holidays

Engage Holidays merupakan aplikasi absen karyawan yang memungkinkan karyawan dalam mengisi absen serta mengajukan permintaan cuti atau tanggal alternatif. Semua komunikasi dilakukan dalam aplikasi dan kalender secara otomatis. Dengan menggabungkan dua modul perangkat lunak ketidakhadiran dan manajemen liburan dari Engage, maka Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai ketidakhadiran, apakah karena cuti, atau karena sakit.

5.    My HR Toolkit

My HR Toolkit adalah sebuah sistem informasi sumber daya manusia yang bagus untuk menyimpan seluruh data administrasi karyawan dengan mudah. Di dalam satu tempat, HR bisa mencatat dan mengelola ketidakhadiran karyawan serta membuat laporan. Aplikasi kepegawaian My HR Toolkit ini sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan waktu lama. HR bisa dengan mudah mengakses semua file karyawan yang dapat dijangkau dimanapun dan kapanpun asalkan tetap terhubung dengan jaringan internet.

6.    Appogee Leave

Appogee Leave adalah aplikasi kepegawaian yang dapat melacak ketidakhadiran dan cuti. Aplikasi yang sudah berbasis cloud ini dapat diakses di perangkat manapun, smartphone atau laptop. Banyak keuntungan dalam menggunakan Appogee Leave, seperti terdapat fitur pelaporan ketidakhadiran, lacak dan pantau semua jenis ketidakhadiran karyawan. Baik itu caranya dengan menghitung cuti tahunan, bekerja wfh dari rumah, cuti sakit, dan lainnya. HR atau atasan Anda dapat mengatur semuanya di appogee leave hanya dengan beberapa klik.

7.    TeamSeer aCloud

TeamSeer adalah aplikasi untuk mencatat ketidakhadiran karyawan dengan menggunakan tampilan kalender yang informatif. Termasuk dalam pengajuan cuti karyawan yang dapat mudah dilakukan hanya dalam hitungan detik. Tampilan kalender ini dibuat secara terperinci dan mudah untuk melihat siapa saja yang tidak hadir ataupun yang cuti. TeamSeer aCloud dapat digunakan di perangkat manapun. Dengan transparansi proses yang mudah. Anda dapat mengajukan sebuah perencanaan bisnis juga lewat aplikasi ini serta mendapat persetujuan langsung. Dalam aplikasi ini juga dapat melihat data tentang waktu cuti yang masih ada, sehingga dapat memberikan informasi yang akan bermanfaat bagi karyawan.

8.    E-Days

E-Days menawarkan prosedur manajemen absensi dan cuti dengan mudah dan cepat untuk para karyawan perusahaan. Aplikasi kepegawaian ini dapat mengidentifikasi cuti yang tidak terjadwal, dan manajer juga dapat melihat grafik dari ketidakhadiran karyawan lewat aplikasi ini. Software ini akan sangat membantu dalam melakukan perencanaan di masa yang akan datang, menangani ketidakhadiran dan kehadiran karyawan serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan teratur.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES