News Commerce

Hari Batik Nasional, Luminor Jemursari Gandeng Smamda dan Surya Gallery

Minggu, 02 Oktober 2022 - 22:35 | 21.04k
Hari Batik Nasional, Luminor Jemursari Gandeng Smamda dan Surya Gallery
Siswa Smamda bersama Surya Gallery menunjukkan kepiawaian mencanting batik di Luminor Hotel Jemursari Surabaya, Minggu (2/10/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap 2 Oktober, sejumlah kegiatan serba serbi batik hadir di Luminor Hotel Jemursari Surabaya.

Dengan menggandeng SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Smamda) dan Surya Gallery Batik, Luminor Hotel Jemursari Surabaya mempersembahkan paket makan siang all you can eat  bertema Hari Batik Nasional.

Dalam kesempatan tersebut, tim ekstrakurikuler batik dari siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya menampilkan proses pembuatan batik menggunakan canting dan menampilkan beberapa hasil karya batik lukisan yang pernah dibuat.

Program ekstrakurikuler batik dari Smamda merupakan salah satu program unggulan, dikarenakan dalam setiap tahun biasanya ada program pertukaran pelajar dari luar negeri, sehingga ekstrakulikuler tersebut juga sebagai ajang untuk memperkenalkan salah satu kebudayaan Indonesia.

Para siswa Smamda dan siswa pertukaran pelajar dari Belgia sangat antusias mempraktikkan dan memperkenalkan Batik kepada sejumlah pengunjung Luminor Hotel. Tak hanya itu, proses menggambar pola batik juga dipraktikkan oleh Surya Gallery.

Cake-motif-batik-cantik.jpgCake motif batik cantik menghiasi etalase Restoran Luminor, Rock ‘n Sugar Coffee & Bistro, Minggu (2/10/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Surya Gallery merupakan salah satu UMKM binaan Pemkot Surabaya, sejumlah hasil karya batik dan design dibuat oleh Surya Gallery untuk kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Pemkot Surabaya maupun pesanan dari masyarakat Surabaya.

Hasil karya batik tulis dari Surya Gallery juga di pamerkan di area photobooth restoran Luminor Jemursari. Para pengunjung yang hadir juga diperkenan untuk mencoba membatik menggunakan canting dan kain yang sudah disediakan.

Sejumlah makanan yang tersedia di Restoran Luminor, Rock ‘n Sugar Coffee & Bistro juga bertemakan Hari Batik, seperti kue yang bermotif batik, selain itu serba serbi batik lainnya juga ditunjukkan oleh staff hotel yang mengenakan pakaian batik dan beberapa pengunjung yang datang lainnya.

Yosi Arivianto selaku General Manager Luminor Hotel Jemursari Surabaya mengatakan, kegiatan Hari Batik kali ini sangat berkesan, karena dapat berkesempatan untuk berkolaborasi bersama Smamda dan Surya Gallery UMKM Binaan Pemkot Surabaya.

"Dalam hal ini merupakan salah satu upaya Luminor Jemursari dalam mendukung program Pemerintah Kota Surabaya untuk terus melestarikan kebudayaan salah satunya melalui batik, Luminor juga memberikan wadah bagi anak muda siswa dari Smamda untuk terus menggunakan batik dan mengkreasikan seni batik kepada para pengunjung hotel," ujar Yosi Arivianto selaku General Manager Luminor Hotel Jemursari Surabaya.

Sejarah Batik

Batik adalah kain Indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Batik pesisir Indonesia dari pulau Jawa memiliki sejarah akulturasi yang panjang, dengan corak beragam yang dipengaruhi oleh berbagai budaya, serta paling berkembang dalam hal pola, teknik, dan kualitas pengerjaan dibandingkan batik dari daerah lain.

Batik dianggap sebagai ikon budaya penting di Indonesia. Masyarakat Indonesia mengenakan batik sebagai busana kasual dan formal yang dapat digunakan dalam beragam acara.

Sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Sejak saat itu, 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional ini, Luminor Hotel Jemursari Surabaya menghadirkan kegiatan serba-serbi batik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES