News Commerce

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Kredit Mobil Bekas

Kamis, 29 September 2022 - 10:28 | 25.70k
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Kredit Mobil Bekas
Ilustrasi: Kredit Mobil Bekas.

TIMESINDONESIA, JAKARTAKredit mobil bekas memberikan ternyata banyak keuntungan. Ya, dengan membelinya secara kredit, mulai dari down payment (DP), jangka waktu, hingga suku bunga bisa disesuaikan dengan kesanggupan kamu. 

Selain itu, kamu bisa menunggangi mobil bekas incaran meskipun pembayaran belum lunas dan secara hak milik mobil tersebut juga belum seutuhnya kamu terima. 

Cukup dengan membayar DP yang telah disepakati, mobil yang kamu inginkan sudah bisa langsung dibawa pulang. Berbagai bonus dan promo juga bisa kamu dapatkan. Syarat serta prosesnya pun juga tidak sulit. 

Kamu cukup menyiapkan beberapa berkas yang nantinya akan digunakan sebagai jaminan saat mengajukan kredit. Nah, sebelum kredit mobil bekas, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Pilih mobil sesuai kebutuhan dan budget

Sebelum kredit mobil bekas, pastikan pilihanmu sesuai kebutuhan dan budget. Ingat, dengan membelinya secara kredit artinya kamu akan memiliki pengeluaran baru setiap bulannya.

Untuk itu, hindari memilih mobil hanya untuk memenuhi gengsi semata tanpa mempertimbangkan kebutuhan dan kesiapan dana.

Sebagai rekomendasi, jika kamu memiliki anggota keluarga banyak, mobil MPV atau SUV dengan kapasitas tujuh orang penumpang bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Sedangkan untuk keluarga kecil dan ingin mengincar mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit, maka kamu bisa pilih mobil jenis city car.

Cek kondisi keungan

Langkah selanjutnya sebelum kredit mobil bekas adalah cek terlebih dahulu kondisi keuangan. 

Dengan memiliki perhitungan yang matang, kamu jadi lebih siap mencicilnya setiap bulan. Kamu juga bisa menentukan nilai DP, angsuran dan tenor yang sesuai dengan kondisi keuangan .

Cek kondisi dan lakukan test drive

Mengingat kita tidak tahu secara detail soal riwayat pemakaian mobil, maka tips beli mobil bekas selanjutnya yakni cek kondisi mobil secara menyeluruh mulai dari sasis, bodi, cat, interior, mesin, transmisi, sampai komponen kelistrikan.

Kemudian jangan lewatkan kesempatan test drive. Sebab, melalui test drive kamu akan dengan mudah mengidentifikasi dan merasakan kenyamanan mobil incaran saat digunakan untuk berkendara. 

Kelengkapan dokumen

Tak hanya mobilnya, kamu juga wajib mengecek kelengkapan dan keaslian dokumen-dokumen seperti BPKB serta STNK. 

Cocokkan nomor rangka dan nomor mesin pada fisik kendaraan sesuai dengan yang ada pada dokumen. Selain itu, pastikan juga mobil dilengkapi dengan buku servis untuk mengetahui rekam jejak seberapa rutin mobil melakukan perawatan.
 
Kredit mobil bekas di tempat terpercaya 

Saat ini ada banyak lembaga pembiayaan atau platform jual beli mobil bekas yang menyediakan fasilitas kredit, sehingga semakin memudahkan kamu untuk memiliki kendaraan roda empat. 

Oleh karenanya, pastikan kamu memilih tempat yang terpercaya, seperti mobbi (baca: Mobi). Beli mobil bekas di mobbi dijamin aman karena tiap unit yang ada di mobbi sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman. 

Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Odometer dan semua dokumen pun dijamin keasliannya.

Jika kamu berminat beli mobil bekas kredit, mobbi pun bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan di Astra Group dan perusahaan leasing terkemuka dan terpercaya.

Selain itu, syarat dan prosesnya juga mudah, perlu hanya kamu lengkapi beberapa dokumen fotokopi KTP, Kartu keluarga, NPWP, Surat keterangan penghasilan/rekening koran 3 bulan terakhir, dan surat izin praktik (untuk profesi khusus).

Dokumen-dokumen tersebut nantinya akan direview oleh perusahaan leasing rekanan untuk dipastikan apakah dokumen yang kamu ajukan sudah lengkap dan sesuai.

Selanjutnya, perusahaan leasing rekanan mobbi akan melakukan survei. Jika pengajuan kredit disetujui pihak leasing, dalam waktu 2x24 jam kerja kamu sudah bisa ambil mobilmu di showroom. Cepat dan mudah, bukan? 

Yuk beli mobil bekas di mobbi sekarang! Kamu juga bisa mengakses mobbi melalui smartphone dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES