News Commerce

Anti Ribet, 5 Keuntungan Menggunakan Accounting Software

Rabu, 28 September 2022 - 09:40 | 26.72k
Anti Ribet, 5 Keuntungan Menggunakan Accounting Software
Ilustrasi: Menggunakan Accounting Software. (FOTO: bee.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak terelakkan, akuntansi merupakan aspek bisnis yang penting dalam pengelolaan keuangan. Berkembangnya era digital, diiringi kebutuhan akuntansi yang kian kompleks, membuat penggunaan accounting software lebih diperlukan.

Dengan hadirnya program akuntansi, segala aktivitas akuntansi yang konvensional, seperti input data, pemrosesan, dan penyusunan jurnal laporan keuangan yang awalnya diproses manual, kini dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Fitur-fitur dalam accounting software mampu menyediakan transparansi dan ketersediaan informasi keuangan perusahaan yang berkualitas.

Dalam istilah bisnis digital, accounting software termasuk ke dalam Enterprise Resource Planning (ERP). Mengutip Kompas, ERP adalah solusi layanan pengelolaan serta perangkat perusahaan yang bersifat lintas fungsional untuk integrasi dan otomatisasi operasional demi efektivitas dan efisiensi, termasuk pengelolaan keuangan.

Mengenal Accounting Software

Banyak sekali pengertian untuk mendefinisikan apa itu accounting software. Hal ini menandakan bahwa ilmu akuntansi selalu diperhatikan dan mengalami adaptasi dari berbagai konsep.

Secara umum, accounting software atau accounting system adalah sebuah metode yang dilakukan untuk mengumpulkan, klarifikasi, ikhtisar, serta melaporkan kegiatan keuangan. Accounting software digunakan oleh banyak perusahaan untuk memastikan kondisi kesehatan keuangannya baik.

Jika suatu organisasi atau perusahaan tidak menggunakan accounting software, maka akan sulit untuk mengumpulkan serta melaporkan hasil keuangan yang baik.

Saat ini accounting dilakukan menggunakan bantuan perangkat lunak yang komprehensif yang dapat mengatur segala kebutuhan perusahaan. Dimulai dari tahap pengumpulan hingga pelaporan keuangan dapat dilakukan secara cepat dan akurat.

Unsur-unsur Dalam Accounting Software

Accounting software tentunya harus dibuat secara terstruktur agar hasil laporannya bersifat akurat. Namun, untuk melakukan accounting software yang baik, terdapat beberapa unsur-unsur wajib yang harus terdapat dalam sistem ini.

Berikut beberapa unsur yang terdapat dalam accounting software:

1.    Formulir

Unsur pertama yang juga salah satu paling penting adalah formulir. Formulir digunakan untuk mencatat seluruh kejadian transaksi pada periode tertentu. Pada formulir ini pula terdapat berbagai transaksi yang dapat menjadi dasar dari pencatatan akuntansi.

2.    Jurnal

Jurnal merupakan unsur yang digunakan untuk mengelompokkan data, pencatatan transaksi, serta ikhtisar dari formulir yang ada. Jenis jurnal yang umum digunakan perusahaan yaitu jurnal pembelian, jurnal penjualan, dan jurnal penerimaan.

Data yang didapatkan dari jurnal nantinya akan diunggah ke dalam buku besar sebagai tahapan selanjutnya.

3.    Buku Besar

Setelah dilakukan pencatatan transaksi menggunakan jurnal, tahap selanjutnya adalah meringkas data tersebut ke dalam buku besar. Rekening buku besar juga dianggap sebagai tempat pengklasifikasian data keuangan yang nantinya digunakan untuk penyajian laporan keuangan.

4.    Buku Pembantu

Buku pembantu dan buku besar merupakan tahapan terakhir dari pencatatan yang ada. Buku pembantu berisi rekening-rekening pembantu yang ditemukan di dalam rekening tertentu pada buku besar.

Pencatatan dalam buku besar dan buku pembantu tidak dapat lagi diringkas ke dalam penyajian bentuk lain lagi.

5.    Laporan

Laporan merupakan hasil akhir dari seluruh proses akuntansi. Laporan dapat berupa berbagai jenis sesuai dengan isinya seperti laporan laba rugi, laporan perubahan modal, hingga laporan harga pokok penjualan. Laporan memuat daftar utang yang dimiliki oleh suatu perusahaan serta persedian riil saldonya.

Jenis Accounting software yang Berlaku di Indonesia

Saat ini banyak sekali accounting software system yang beredar di pasaran. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi akuntansi tersebut memenuhi standar aturan yang berlaku di Indonesia. Dampaknya, Anda akan sulit untuk memenuhi standar accounting software yang berlaku.

Berikut beberapa accounting system yang berlaku di Indonesia:

1.    PSAK – IFRS

PSAK – IFRS merupakan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan – International Financial Reporting Standards. Hal ini merupakan aturan standar yang mengatur tentang pencatatan, penyusunan, perlakukan, hingga penyajian laporan keuangan perusahaan. Standar PSAK diberlakukan bagi perusahaan yang telah memiliki akuntabilitas publik.

Manfaat dari menggunakan PSAK adalah dapat menaikkan daya banding laporan keuangan, memberikan informasi yang cukup berkualitas dalam pasar modal internasional, hingga dapat mengurangi hambatan arus modal internasional.

2.    SAK – ETAP

SAK adalah Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Standar akuntansi ini digunakan bagi perusahaan yang tidak memiliki akuntabilitas publik serta menerbitkan laporan keuangannya untuk kepentingan umum.

Beberapa manfaat dari menggunakan SAK – ETAP yaitu dapat membantu perusahaan kecil dan menengah dalam menyusun laporan keuangannya sendiri serta diaudit dan mendapatkan opini audit.
Selain itu, SAK – ETAP jauh lebih mudah diimplementasikan jika dibandingkan dengan PSAK – IFRS karena cukup sederhana. Meskipun demikian, informasi yang disajikan tetap akurat dan handal sesuai dengan penyajian laporan keuangan lainnya.

3.    PSAK Syariah

PSAK Syariah atau Standar Akuntansi Syariah merupakan accounting system yang diperuntukkan bagi perusahaan yang melakukan transaksi syariah. Pengembangan accounting software ini tentunya mengacu pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ruang lingkup PSAK Syariah terdiri dari Kerangka Konseptual, Akuntansi Murabahah, Penyajian Laporan Keuangan Syariah, Mudharabah, Musyarakah, Salam dan Istishna.

4.    SAP

SAP merupakan Standar Akuntansi Pemerintah. SAP diterapkan untuk entitas pemerintah dalam penyusunan LKPP atau Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan LKPD atau Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Manfaat Accounting Software untuk Bisnis

Berikut 5 manfaat yang akan didapatkan perusahaan ketika menggunakan accounting software.

1.    Menghemat waktu

Melansir situs IT Web, sistem accounting software memudahkan pekerjaan pengelola keuangan perusahaan, sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu dan memanfaatkan sisa waktu berlebih untuk mengejar target pekerjaan lainnya.

Sebagai contoh, pekerjaan seperti membuat invoice untuk pelanggan, deposito bank, menulis cek, dan membuat laporan keuangan dapat dilakukan sekaligus dalam waktu yang lebih singkat.

2.    Akurasi lebih maksimal

Proses akuntansi bisa jadi amat panjang dan rumit, sehingga ketelitian sangat diperlukan untuk menghindari salah perhitungan. Mengutip Solution Dot, input data maupun perhitungan secara terkomputerisasi dapat meminimalisasi kesalahan manusia. Terlebih, algoritma dalam accounting software sudah disesuaikan dengan model standar yang meminimalisasi risiko kesalahan.

3.    Menghemat biaya operasional

Kembali melansir IT Web, accounting software juga memangkas biaya operasional. Dengan efisiensi waktu, perusahaan tak perlu membayar lembur karyawan atau membayar gaji tambahan untuk mempekerjakan pengelola keuangan outsourcing.

Selain itu, perusahaan juga tak perlu mengeluarkan biaya pencetakan dokumen karena seluruh data dapat disimpan dan diakses secara digital.

4.    Membantu pengelolaan arus kas

Accounting software dapat mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan tepat, sehingga dapat membantu menganalisis arus kas Anda. Segala utang dan piutang pun dapat dicatat sehingga Anda membantu Anda menjadi alat perencanaan ke depan untuk mengatur pengeluaran Anda. Dengan begitu, pengelolaan arus kas perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

5.    Monitoring data keuangan real time

Mengutip Invoiceberry, accounting software dapat memberitahukan posisi keuangan perusahaan secara realtime, tak perlu menunggu periode pembukuan yang biasanya dilakukan setiap bulan atau akhir tahun.

Laporan keuangan yang mendalam dapat Anda ketahui secara terus-menerus kapanpun Anda mau. Anda dapat selalu memantau posisi keuangan berbekal data realtime tersebut.

Salah satu software manajemen ERP populer yang menyediakan pengelolaan keuangan adalah Mekari Jurnal. Mekari Jurnal menghadirkan accounting software yang inovatif dan menyeluruh, serta memungkinkan perusahaan menyimpan dan mengkonsolidasi data secara akurat dan selaras dengan kerangka peraturan dan hukum di Indonesia.

Mengungguli alat pembukuan tradisional, aplikasi akuntansi Mekari Jurnal diperkaya dengan fungsi yang inovatif dan menyeluruh. Akun Anda dapat berintegrasi dengan semua operasi bisnis.

Mengapa Anda wajib memilih Mekari Jurnal ?

Aplikasi akuntansi Mekari Jurnal berkolaborasi dengan pakar akuntansi internasional dalam membuat fitur-fitur akuntansi yang unggul. Berikut beberapa keunggulan aplikasi Mekari Jurnal .

Sesuai peraturan perpajakan Indonesia. Ketika Anda memilih Indonesia negara saat masuk Mekari Jurnal, Mekari Jurnal akan melokalisasi akun dalam bahasa Indonesia sekaligus menyediakan aturan pajak dan jurnal keuangan lokal.

Proses invoice dan billing lebih praktis. Anda bisa membuat faktur dan penagihan yang profesional, mengelola tagihan, dan melacak pembayaran dengan mudah. Anda juga dapat mengirim pengingat ke debitur hanya dengan beberapa kali klik saja.

Membayar tagihan lebih cepat dan aman. Pelanggan dapat menerima invoice secara online dan membayar langsung dengan metode pembayaran yang diinginkan.

Cocokkan laporan perusahaan dengan bank Anda. Yang tak kalah menarik, aplikasi akuntansi Mekari Jurnal juga dapat mencocokan laporan bank dengan laporan akuntansi perusahaan dengan mudah, sekaligus mencocokkan faktur atau dokumen pembayaran lainnya dengan rekening koran Anda.

Terintegrasi dengan aplikasi Mekari Jurnal  lainnya. Mekari Jurnal  adalah satu sistem yang secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi Mekari Jurnal lainnya. Aplikasi Akuntansi Mekari Jurnal , misalnya, dapat pula terintegrasi dengan penggunaan aplikasi lain, seperti Purchase, Sales, Inventory, Ecommerce, Expenses, Point of Sale. Bahkan, Anda pun dapat mengintegrasikan semua transaksi e-commerce di akun Anda, mulai dari penjualan, pembayaran, refund, pengiriman, dan lain-lain,
Menyajikan data real-time tentang performa keuangan perusahaan. Dengan aplikasi akuntansi Mekari Jurnal , Anda juga dapat membuat laporan pendapatan, neraca, atau laporan arus kas Anda dengan mudah, sehingga dapat menganalisis kinerja keuangan dengan mudah. Bahkan, Anda juga dapat mengintegrasikan semua key performance index perusahaan untuk meningkatkan kinerja.

Modul E-faktur yang bermanfaat. Jangan lupakan keunggulan modul E-faktur Mekari Jurnal fitur yang dapat melokalisasi invoice sesuai aturan perpajakan di Indonesia (PPN, PPh, dan lain-lain). Berkat kepraktisannya, modul E-faktur Mekari Jurnal dapat mengeset invoice dengan Nomor Seri Faktur Pajak yang sudah didapatkan dari kantor pajak untuk keperluan export file ke Aplikasi E-Faktur DJP.

Fitur ini berguna untuk perusahaan yang invoice-nya telah mencapai ratusan atau ribuan per hari, di mana mengeset nomor faktur untuk setiap invoice tentu sangat melelahkan. Melalui model E-faktur. Anda dapat mengedit invoice dengan nomor faktur secara otomatis.

Mekari Jurnal dapat didefinisikan sebagai serangkaian software bisnis super lengkap untuk mendukung kebutuhan bisnis yang mudah digunakan, seperti Customer Relationship Management (CRM), Purchase Management, Inventory, Accounting, Finance, Human Resource Management, Project Management, Event, Payroll, Website, e-commerce, dan masih banyak lagi.

Yuk, tinggalkan proses akuntansi tradisional yang menjemukan dan tidak efisien! Saatnya untuk menciptakan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan dengan cara yang canggih melalui accounting software seperti Mekari Jurnal. Mekari Jurnal adalah masa depan pengelolaan keuangan perusahaan, yang dapat memudahkan kamu dalam berbagai aspek. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES