Kuliner

Ikan Asap Pesisir Probolinggo Bertabur Sambal Kecap Pedas

Jumat, 11 November 2022 - 13:35 | 12.41k
Ikan Asap Pesisir Probolinggo Bertabur Sambal Kecap Pedas
Pengunjung sedang menikmati sensasi ikan asap sambal kecap pedas di pesisir Mayangan, Kota Probolinggo.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kota dan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, merupakan salah satu daerah penghasil ikan laut terbesar di Jawa Timur. Tangkapan aneka jenis ikan laut ada di kota ini. Dengan ikan laut yang segar yang baru didapat dari para nelayan setempat, kini di pesisir Mayangan, terdapat sebuah kuliner ikan asap khas pesisir dengan perpaduan sambal terasi dengan sambal kecap akan menggoyang lidah anda saat menikmati liburan di pantai.

Berdasarkan data Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur yang diolah Badan Pusat Statistik atau BPS, produksi perikanan tangkap di Kota Probolinggo pada tahun 2017 mencapai 19.251 ton. Angka itu merupakan yang tertinggi di antara sembilan kota di Jawa Timur.

Tidak heran, jika banyak warga dari luar kota datang ke Kota Probolinggo, saat hari libur atau weekend. Hanya untuk membeli ikan segar yang tersedia di pasar ikan di area pelabuhan perikanan di Kelurahan Mayangan, untuk menikmati keindahan pantai sekaligus menikmati masakan ikan asap khas pesisir yang berada di sekitar area pelabuhan tersebut.

Kuliner-Ikan-Asap-2.jpgIkan yang sudah diasap siap disajikan peda pengunjung.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

Warung ikan asap Mayangan, salah satu warung sederhana yang menjadi jujugan wisatawan, tepatnya di simpang 5 Kecamatan Mayangan. Di warung sederhana ini tersedia aneka jenis ikan laut tangkapan dari nelayan setempat. Mulai ikan kerapu, ikan dorang, ikan putihan, hingga ikan kakap merah, serta ikan matan miring.

Cara memasaknya cukup dengan cara diasap saja, setelah benar-benar matang baru siap disajikan. Sambal yang disajikan ada dua macam, sambal terasi dan sambal kecap yang dicampur dengan potongan bawang merah dan cabai rawit.

Untuk rasa jangan ditanya, pedasnya sambal terasi dipastikan mampu menggoyang lidah anda. Sensasi rasa, aroma ikan asap dan pedasnya sambal bener-benar terasa nikmat di lidah dan pastinya berkeringat.

Sambal-Kecap.jpgSambal kecap pedas bertabur bawang merah dan cabai rawit, siap disantap dengan ikan asap.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

“Ikan kakap, ikan dorang dan kakap yang saya sukai. Saya datang sama keluarga dan suami, paling suka pakai sambal terasi. Sering ke sini, satu bulan dan dua minggu sekali,” tutur Iswatiningsih, penikmat ikan asap Mayangan, Jumat (11/11/2022).

Menurut Buni, chef ikan asap Mayangan, mungkin yang membedakan ikan asap Mayangan dengan ikan asap yang lain, cara mengasapnya sebelum disajikan, ikan dipastikan benar-benar matang secara merata.

 “Yang laku ikan putihan kakap dan kerapu, dan dorang, pembeli biasa datang bergantian. Banyak yang suka sambel terasi blimbing dan sambel kecap. Harga kisaran dan tergantung besar kecil ikan asapnya, paling ramai hari libur atau weekend,” kata Buni.

Penasaran dengan sensasi kuliner ikan asap khas pesisir Mayangan yang satu ini,  jika ke Kota Probolinggo, jangan lupa mampir ke warung ikan asap yang berada di Kecamatan Mayangan. Dijamin anda ketagihan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES