Kuliner

6 Jenis Lumpia dengan Rasa Menggelegar

Kamis, 27 Oktober 2022 - 23:34 | 46.95k
6 Jenis Lumpia dengan Rasa Menggelegar
Lumpia Semarang. (FOTO: Letary/Freepik) 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bicara mengenai lumpia atau lunpia pasti tak bisa lepas dari makanan Cina. Makanan ini memang merupakan salah satu makanan yang konon diperkenalkan oleh saudagar Cina ke Indonesia ratusan tahun lalu. Nama Lumpia sendiri berasal dari bahasa Cina 'lun' yang berarti lembut dan 'pia' yang berarti kue.

Makanan yang memiliki rasa asin, gurih dan sedikit masnis ini kini sudah umum ditemukan di berbagai sudut tanah air. Masyarakat setempat biasanya akan menikmati makanan ini sebagai camilan atau pengganjal perut dikala lapar. Ada beberapa nama dan rasa lumpia di tanah air. Nah apa saja? Yuk cek daftarnya berikut. 

1. Lumpia Jakarta 

Lumpia-Jakarta.jpgphoto 2: Lumpia Jakarta. (Photo: Komentatoriseng/Pergikuliner)

Lumpia Jakarta memiliki isian yang unik. Terdapat serutan bengkoang selain ayam cincang, irisan daun bawang dan beberapa bahan lainnya. Rasanya begitu segar ketika semua isian itu digabungkan.
Bengkuang cincang menyajikan tekstur yang renyah meskipun telah dimasak. Makanan ini umumnya disajikan dengan  yang biasa anda dapati pada gado-gado dan sejenisnya. 
Rasanya yang segar dipadukan dengan saus yang gurih menjadikan makanan ini sebagai teman minum teh yang sempurna.

2. Lumpia Bogor

Lumpia bogor atau lumpia Bogor juga menggunakan bengkuang untuk isiannya. Yang membuat makanan ini sedikit berbeda adalah cara menyajikan adonan pembungkusnya. Saat adonan luar lumpia Jakarta digoreng setelah diberi isian, lumpia Bogor akan dipanggang sebelum disajikan.
Teksturnya menjadi lebih lembut namun renyah. Cara memasaknya yang dipanggang membuat lumpia ini memiliki aroma khas asap yang unik. Ukurannya juga sedikit lebih besar dari lumpia gulung biasa.

3. Lumpia Yogyakarta

Lumpia-Jogjakarta.jpgphoto 3: Lumpia Jogjakarta. (Photo: Sajian Sedap)

Lumpia Yogyakarta pun hampir sama dengan lumpia Jakarta. Yang membedakan adalah jumlah isian sayurnya yang lebih bervariasi. Lumpia ini juga menggunakan begkuang, parutan wortel, tauge, dan ayam cincang sebagai isian. 
Biasanya mereka akan menyajikan hidangan ini dengan acar mentimun dan cabai. Acar ini akan meningkatkan rasa unik dari lumpia tersebut.

4. Lumpia Medan

Masyarakat Medan juga menyebut makanan ini sebagai popiah. Ukuran makanan yang besar membuat masyarakat setempat menyajikannya sebagai salah satu hidangan utama mereka.
Lumpia terdiri dari adonan luar yang terisi dengan rebung cincang, irisan telur dadar, kepiting atau ayam cincang, kacang tanah, dan banyak lagi sesuai dengan selera mereka.

5. Lumpia Semarang

Camilan gurih ini terbuat dari kulit pastry crepe tipis. Teksturnya akan sangat berbeda dengan adonan tipis pembungkus lumpia. Crepe ini pastinya lebih tebal. Teksturnya lebih em[puk meskipun sebelum disajikansudah digoreng terlebih dahulu.
Lumpia ini terkadang disajikan dengan cara digoreng atau dikukus setelah diisi dengan rebung cincang yang gurih, telur rebus, dan udang.

6. Lumpia Basah Bandung

Lumpia-Basah-Bandung.jpgphoto 4; Lumpia Basah Bandung. (Photo: Freepik)

Tidak seperti lumpia lainnya, Lumpia Basah hanya menggunakan pembungkus lumpia tipis dan penyajiannya tanpa digulung. Kulit lumpia tipis tersebut diletakkan dibagian paling bawah dengan sedikit olesan saus tauco dan tumisan tauge di atasnya. 
Beberapa orang akan menambahkan daging ayam cincang saat menumis untuk mendapatkan rasa toping lumpia yang lebih mantap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES