Kuliner

Ini 5 Jajanan Enak dan Favorit Mahasiswa di Kampus UIN Bandung

Rabu, 14 September 2022 - 21:22 | 43.02k
Ini 5 Jajanan Enak dan Favorit Mahasiswa di Kampus UIN Bandung
Pangyami Elmi, salah satu jajanan enak dan favorit mahasiswa kampus UIN Bandung. (Foto: Instagram/@pangyami_elmi)

TIMESINDONESIA, BANDUNGJajanan tidak melulu identik sebagai camilan anak-anak semata . Akan tetapi, jajajan juga erat dengan kehidupan para mahasiswa. Terlebih bagi mahasiswa yang isi dompetnya sedang terbatas dan pas-pasan. Sambil menunggu uang tranferan dari orang tua, jajanan menjadi pilihan alternatif ketimbang membeli menu makanan berat. Umumnya mahasiswa sudah tidak gagap mana saja jajanan enak dan favorit di lingkungan kampus. Tak terkecuali, bagi mahasiswa UIN (Universitas Islam Negeri) Sunan Gunung Djati Bandung

Ada beragam jajanan enak dan favorit para mahasiswa UIN Bandung yang terdapat di sekitar kampus yang berlokasi di Jl.A.H. Nasution 105 Cibiru, Bandung ini. Nah, berikut ini daftar beberapa rekomendasi jajanan enak dan favorit mahasiswa kampus UIN Bandung. Catat yuk!

1. Pangyami Elmi Gg. Kujang

Nama atau istilah Pangyami mungkin masih terdengar belum familiar dan asing di telinga banyak orang. Ya, makanan atau jajanan ini memang terbilang masih langka, hanya berada di sekitar Cibiru dan baru memiliki dua cabang. Sebagian mahasiswa kampus UIN mungkin sudah tahu alamat Pangyami Elmi di Gg. Kujang Bandung ini. Jajanan enak dan favorit mahasiwa ini merupakan pelopor pertama dari dua kedai Pangyami lainnya. Lokasinya berada di Jl Gg. Kujang No. 115d, Cipadung, Cibiru.

Apa itu pangyami? Pastinya belum banyak yang tahu. Pangyami adalah singkatan dari pangsit, ayam, dan mi. Isi semangkuk mi lembut dan kenyal yang dilumuri dengan bumbu lezat hasil eksperimen sang penjual.  Kemudian, ada pangsit besar atau jumbo yang menjadi alas mi di dasar mangkuk menjadikan perpaduan tekstur antara keduanya sangat harmonis.

Selain itu, terdapat beberapa topping yang  menjadi pelengkap hidangan. Yaitu potongan-potongan ayam, pangsit kecil-kecil yang renyah, serta taburan daun bawang menambah cita rasa dari Pangyami itu sendiri. 

Pun selain topping wajib, Pangyami Elmi juga menyediakan bermacam variasi topping pilihan. Di antaranya adalah bola ikan, tulang, baso, sosis, keju, telor ceplok, telor puyuh, kornet, nori, sampai seafood spesial. 

Untuk tingkat kepedasan juga tersedia dari level 0-5, sehingga bagi mahasiswa kampus UIN Bandung yang notabene pecinta pedas tidak perlu merasa khawatir.

2. Makaroni Makka

Pangyami-Elmi-b.jpgKedai Makaroni Makka, jajanan enak dan favorit pilihan mahasiswa kampus UIN Bandung. (Foto: Instagram/@makka_id)

Jajanan yang berdiri sejak 2016 ini menjadikan makaroni beragam bentuk sebagai bintang utama serta cimol dan basreng sebagai hindangan tambahan. Mahasiswa UIN Bandung juga tentu sudah mengenal jajanan enak dan favorit ini.

Sebanyak 12 varian bumbu membuat makaroni ini tidak membosankan bila dibeli dalam jangka waktu yang panjang. Makaroni dengan bumbu asin, pedas, dan daun jeruk menjadi best seller di kalangan mahasiswa dan warga. Makaroni makka ini berlokasi di seberang Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 

3. Piscok Melerr Rasa Baru

Pangyami-Elmi-c.jpgPiscok Melerr, menu jajanan enak dan favorit mahasiswa kampus UIN Bandung. (Foto: Piscok melerr/Diskominfo Bandung)

Bagi kebanyakan orang, biasanya Piscok diartikan sebagai pisang cokelat. Namun, berbeda dengan Piscok Melerr Rasa Baru yang dijajakan menggunakan gerobak kuning dan berjarak sekitar 10 meter dari gerbang kampus UIN Bandung ini. Para mahasiswa tentu sudah tahu jajanan enak dan favorit ini. 

Sang pedagang menjual piscok dengan berbagai macam rasa yang unik. Potongan-potongan pisang yang dibalut dengan kulit lumpia dan kemudian digoreng dengan minyak panas ini berisikan selai-selai manis yang berbeda-beda. 

Mulai dari cokelat, blueberi, white cokelat, stroberi, cokelat susu, keju lumer, cokelat beng-beng, tiramisu, green tea, keju susu, dan yang terakhir cokelat keju. 

Kulit lumpia yang renyah dipadukan dengan pisang yang manis serta selai melimpah yang langsung lumer di lidah menciptakan sensasi yang menyenangkan dalam satu gigitan.  Deretan rasa yang beragam ini membuat pembeli tidak akan merasa bosan untuk menikmatinya. 

4.    Cirambay

Tenda kuning, dengan tagline “cintai ususmu makan pedas tiap hari” merupakan tempat jajanan berbahan dasar tepung tapioka, cirambay namanya.  Tak hanya cirambay, ada juga cimol keju, cimol bonjot, dan cireng ayam. 

Rasa pedas dan gurih cirambay, membuat pembeli selalu kembali lagi hanya demi merasakan sensasi nikmatnya jajanan yang berlokasi tepat di depan Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Para mahasiswa juga menjadikan jajanan ini pilihan camilan yang enak dan favorit.

5. Grobbak Korea

Setelah  empat jenis jajanan yang disebutkan tadi adalah mengenai makanan lokal, yang terakhir ini merupakan jajanan khas Korea. Sebuah kios yang telah memiliki 12 cabang di daerah Bandung ini memiliki corndog dengan varian asin dan manis sebagai menu favorit. 

Tidak lupa, makanan-makanan Korea lainnya seperti Topokki. Rabokki, Odeng, dan Chikuwa Saos Korea ikut menghiasi daftar menu. Dengan tawaran topping tambahan yaitu ekstra mozza, ekstra sosis, dan ekstra fish dumpling.

Khusus corndog dengan varian manis, rasa yang ditawarkan cukup banyak dan menggiurkan. Di antaranya, choco, matcha, tiramisu, hazelnut, vanilla, bluberi, stroberi dan taro. Kebanyakan mahasiswa kampus UIN Bandung juga menjadikan menu-menu jajanan ini pilihan yang enak dan favorit. 

Nah menggiurkan sekali kan? Yuk melipir ke arah kampus UIN Bandung, kita coba jajanan enak dan favorit mahasiswa di sana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES