Kuliner

Kenalkan Masakan Simpel dengan Cita Rasa Khas Luminor Hotel Jember Melalui Demo Memasak

Selasa, 13 September 2022 - 15:46 | 50.22k
Kenalkan Masakan Simpel dengan Cita Rasa Khas Luminor Hotel Jember Melalui Demo Memasak
Executive Chef Luminor Hotel Jember, Jamaludin sedang melakukan demo masak dihadapan para tamu. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Aroma sedap tumisan bawang putih tercium dari penggorengan milik Jamaludin, seorang pemrakarsa makanan di Luminor Hotel Jember

Dihadapan perkumpulan para ibu usai melakukan giat di Luminor, Chef Jamal, sapaan karibnya menunjukkan kebolehannya dalam mengolah dan menghidangkan makanan sederhana yang bisa dimasak dalam waktu singkat. 

Kendati lingkup kerjanya sebagai chef Luminor, tapi ia tak segan berbagi ilmu serta melakukan demo masak langsung dihadapan kaum hawa. 

Siang itu, Chef Jamal menyiapkan beberapa menu mudah, sehat, dan pastinya nikmat disantap yang bisa ditiru ibu-ibu untuk diterapkan dalam melayani keluarganya. 

Diantaranya, pangsit pisang coklat keju, beef teriyaki, ayam bakat ketumbar dan BBQ chicken ala Luminor. Keempat menu tersebut dipraktekkan langsung oleh Jamal dengan lihai. 

Chef-Luminor-Hotel-Jember-2.jpg

Resep kudapan manis pangsit pisang coklat keju bisa dibuat camilan si kecil agar tidak jajan sembarangan diluar rumah. "Ini sangat praktis, enak, dan pastinya aman dibuat camilan si kecil ya. Karena memang terbuat dari bahan yang aman," jelas Chef Jamal sembari mengisi pangsit dengan coklat. 

Tak hanya kudapan manis, dirinya juga unjuk kebolehan dalam membuat ayam bakar yang berbeda dengan lainnya. Ya, ada bumbu rahasia yang ditambahkan Chef Jamal dalam memasaknya. 

"Ayamnya pakai ayam ungkep. Namun yang membedakan disini waktu dibakar, bumbunya menggunakan sambal terasi yang sudah ditumis kemudian ayamnya dimasukkan, setelah itu ditaburi ketumbar yang sudah dihancurkan dengan tekstur agak kasar dan dibakar menjadi satu," terang Chef Jamal secara rinci. 

Selain ayam bakar ketumbar, ia juga berbagi resep beef teriyaki yang bisa dimasak dalam waktu singkat. Bisa dibuat bekal dan juga hidangan untuk keluarga. 

"Ini bahan dasarnya adalah daging cincang, tapi kalau ibu-ibu ingin menggantinya dengan yang lain seperti, ayam, jamur, udang, dan sebagainya juga bisa," kata chef. 

Demo masak terakhir ditutup Chef Jamal dengan menghadirkan BBQ chicken ala Luminor. Perpaduan rasa western dengan rempah Indonesia membuat rasa ingin segera menikmatinya. 

Masih dengan ayam yang sudah di ungkep dengan tambahan tumisan bawang putih dan bombay. Dilumuri dengan saus racikan antara kecap manis, saus sambal, saus tomat dan juga saus tiram membuat aroma yang dikeluarkannya sangat semerbak. 

Chef-Luminor-Hotel-Jember-3.jpg

Setelah menyajikan keempat menunya, Chef Jamal memberikan kesempatan kepada para tamu untuk menyicipinya dan menanyakan kesan dari keempat hidangan tersebut. Alhasil, ibu-ibu memberikan respon yang positif terhadap hidangan yang baru saja dimasak chef Luminor. 

’’Ada kepuasan kalau tamu-tamu bilang makanannya enak,’’ aku Chef Jamal kepada TIMES Indonesia. 

Lebih lanjut, ia mengatakan jika kegiatan demo masak merupakan salah satu program Luminor Hotel Jember dalam rangka mengenalkan kehadiran demo, live cooking, maupun cooking class kepada tamu atau masyarakat.

"Kami di Luminor Hotel Jember juga bisa melayani demo, live cooking maupun cooking class," katanya. 

Untuk menu yang mau diangkat saat live cooking maupun cooking class bisa sesuai request peserta. "Pesertanya pengen menu apa, sampaikan ke kita nanti kita demo masak bareng-bareng," imbuh chef. 

Selain mengenalkan menu-menu yang ada di Luminor, ia juga ingin mengedukasi dan mengajak para tamu untuk giat memasak. "Ayo kita masak. Bahan-bahan yang kami gunakan juga tidak susah didapat, yang simpel saja namun rasanya tetap lezat," ajaknya. 

Chef Jamal juga menegaskan jika program tersebut juga terbuka untuk anak-anak TK, SD hingga ibu rumah tangga dengan menu menyesuaikan. "Kalau untuk adik-adik TK dan SD nanti menu-menunya yang kids menu. Menyesuaikan lah intinya," pungkas Chef Jamal. 

Melihat respon positif dari para tamu yang telah menyaksikan dan mencicipi hidangan Chef Jamal dalam demo memasak, ia berharap kegiatan serupa terus dilakukan di Luminor Hotel Jember. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES