Ketahanan Informasi

Inovatif, SDN Watukarung Pacitan Lakukan Tes Kebugaran di Tepi Pantai Watukarung

Rabu, 23 November 2022 - 18:52 | 32.32k
Inovatif, SDN Watukarung Pacitan Lakukan Tes Kebugaran di Tepi Pantai Watukarung
Siswa SDN Watukarung tampak menikmati keindahan Pantai Watukarung. (FOTO: Risdiyanto for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Ada banyak cara yang dilakukan agar menjadi lebih sehat. Seperti inovasi SDN Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang melakukan tes kebugaran jasmani di tepi Pantai Watukarung

Menggandeng Puskesmas Candi, tes kebugaran ini diperuntukkan bagi siswa kelas 4-6 yang berjumlah 59 anak. Kegiatan rutin tiap tahun tersebut dilaksanakan pada hari Kamis 17 November 2022 dari pukul 08.00-11.00 WIB. 

SDN-Watukarung.jpgTes kebugaran siswa kelas 4-6 SDN Watukarung. (FOTO: Risdiyanto for TIMES Indonesia) 

Menurut Kepala SDN Watukarung, Sri Wiharto, pasir putih dan keindahan Pantai Watukarung sangat cocok dijadikan media untuk refreshing sekaligus sebagai sarana media olahraga lantaran tempatnya yang luas. 

"Terlebih lokasinya tidak jauh dari sekolahan sehingga mudah dijangkau. Diharapkan anak didik lebih bersemangat saat olahraga," katanya, Rabu (23/11/2022). 

Sri menambahkan, tes kebugaran dilakukan dengan lari sejauh 1 kilometer. Dengan begitu, hormon serotonin dan endorfin dalam tubuh siswa bisa lebih meningkat. 

SDN-Watukarung-2.jpg

"Hormon serotonin dan endorfin bisa memunculkan rasa senang dan bahagia, membakar kalori lebih banyak dan memperkuat otot kaki," terangnya. 

Selain itu, kata dia, jika kondisi tubuh siswa fresh dan bugar, maka kegiatan belajar mengajar di kelas diklaim lebih mudah dan optimal. 

"Mental siswa juga lebih terbangun, semangat belajar mereka bertambah, sehingga prestasi akademik maupun non akademik bisa meningkat," jelas Sri Wiharto. 

Sebagai informasi, Pantai Watukarung berada di Dusun Ketro, Desa Watukarung dan merupakan jujukan favorit wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara. 

Terdapat banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok dijadikan tempat untuk berselancar. Meski demikian, ombak di area ini terbilang aman karena karakternya yang tidak menyeret saat telah sampai di bibir pantai. Perairannya yang berwarna biru mampu membuat wisatawan tergoda untuk berenang dan diving.

Di sekitarnya terdapat perbukitan yang menjadi tempat populer bagi wisatawan untuk berkemah menyaksikan keindahan matahari tenggelam.

Selain itu, wisata alam ini juga disempurnakan dengan hamparan pasir putih yang lembut nan luas serta dilengkapi dengan sinar matahari yang pas sehingga menjadi spot berjemur eksotis yang menawan. 

Berjarak 23,6 kilometer dari alun-alun, waktu paling tepat menikmati keindahan Pantai Watukarung adalah saat pagi atau senja. Di sana anda akan menemukan momentum yang tak terlupakan layak diabadikan menggunakan kamera ponsel. 

Tiket masuk Pantai Watukarung perorang cukup Rp5 ribu saja bisa bereksplorasi menikmati keindahan alam di Kabupaten Pacitan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES