Ketahanan Informasi

KPU Kabupaten Madiun Ajak Perempuan Ikut Tingkatkan Partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2024

Rabu, 23 November 2022 - 14:49 | 12.42k
KPU Kabupaten Madiun Ajak Perempuan Ikut Tingkatkan Partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2024
Anggota KPU Kabupaten Madiun Fahim Amrillah saat menyampaikan materi tahapan pemilu kepada peserta sosialisasi pemilih perempuan. (Foto: KPU Kabupaten Madiun for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Madiun menggelar sosialisasi partisipasi pemilih untuk segmen perempuan, Rabu (23/11/2022) di Hotel The Sun. Puluhan aktivis perempuan dari berbagai organisasi dan perwakilan jurnalis perempuan mengikuti sosialisasi dari KPU Madiun yang bertujuan meningkatkan pertisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mendatang. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, angota KPU Madiun dari Divisi Sosdiklih Parmas SDM Fahim Amrillah, dan narasumber Direktur TIMES Indonesia Bambang H Irwanto. 

Kepada para aktivis perempuan, Fahim menjelaskan pentingnya memaksimalkan sosialisasi agar partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 lebih meningkat lagi.

"Jumlah perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki. Ini signifikan, jika partisipasinya dalam pemilu semakin meningkat," katanya di hadapan puluhan peserta sosialisasi dari berbagai organisasi perempuan.

Direktur-TIMES-Indonesia-Bambang-H-Irwanto.jpgDirektur TIMES Indonesia Bambang H Irwanto saat menyampaikan materi pentingnya perempuan berperan dalam pemilu di acara sosialisasi yang digelar KPU Kabupaten Madiun. (Foto: KPU Kabupaten Madiun for TIMES Indonesia)

"Saat ini sudah masuk tahapan pemilu, sehingga partisipasi pemilih sangat penting agar terciptanya pemilu yang baik dan partisipasi pemilih meningkat di Pemilu 2024," tambah anggota KPU Kabupaten Madiun Divisi Sosdiklih Parmas SDM. 

Sementara itu, narasumber sosialisasi, Bambang H Irwanto menjelaskan, bannyak peran perempuan yang perlu dimaksimalkan dalam momentum pemilu mendatang. 

"Perempuan efektif menjalankan peran sosialisasi, pengawasan, berpartisipasi dalam organisasi penyelenggara ad hoc serta ikut dalam kontestasi menuju parlemen. Apalagi, secara regulasi, negara sudah memberikan kesempatan secara khusus, porsi atau persentase keterwakilan perempuan. Maka harus dimanfaatkan kesempatan ini," papar Direktur TIMES Indonesia. 

Dia berharap, puluhan aktivis organisasi perempuan yang ikut acara sosialisasi dapat membantu KPU melakukan penyebaran informasi tahapan pemilu dan mengajak anggotanya atau masyarakat berpartisipasi dalam pesta demokrasi 2024.

Direktur-TIMES-Indonesia-Bambang-H-Irwanto-a.jpg

Menurutnya, kesadaran seluruh elemen masyarakat, organisasi, dalam menyosialisasikan pemilu akan meningkatkan kualitas hasil. Termasuk, meningkatkan kualitas demokrasi dan pemimpin yang terpilih lebih legitimate. 

"Tingginya partisipasi pemilih akan berdampak positif bagi peningkatan kualitas pemilu dan pemimpin yang dihasilkan memiliki legitimasi lebih kuat," tambah Bambang saat sosialisasi partisipasi pemilih perempuan yang digelar KPU Madiun. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES