Indonesia Positif

Pakar Puji Keberhasilan Jokowi Bawa Indonesia Ke Puncak Kepemimpinan Dunia

Rabu, 23 November 2022 - 13:22 | 31.87k
Presiden Joko Widodo dalam kegiatan kenegaraan nya. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Presiden Joko Widodo dalam kegiatan kenegaraan nya. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Dr Emrus Sihombing mengatakan kesuksesan penyelenggaraan Konferensi Tinggi Tinggi (KTT) G20 menjadikan berada di puncak kepemimpinan dunia. 

Tentunya, menurut Emrus, kesuksesan itu tidak lepas dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah berhasil berjalan efektif sehingga menimbulkan citra positif dan kesan mendalam bagi para petinggi negara anggota G20.

“Saya kira sangat bagus kita harus akui. Jadi saya berpendapat bahwa keberhasilan Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi menyelenggarakan G20 bukan tujuannya pencitraan tetapi keberhasilan itu menimbulkan citra,” ujar Emrus, Selasa, (22/11/2022).

“Nah citra positif membuat posisi Indonesia di mata internasional semakin kredibel, Di mata Indonesia juga kita menjadi percaya diri ternyata kita mampu mengelola event yang sangat luar biasa di mana dihadiri oleh kepala kepala negara,” sambungnya.

Kesuksesan acara G20 itu terlihat kata Emrus, dari pujian yang dilontarkan oleh sejumlah kepala negara yang hadir kepada Presiden Jokowi. Mulai dari Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, Presiden Amerika serikat Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak hingga Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahya (MBZ).

“Coba lihat kepala kepala negara melihat mereka nyaman senyum mereka bahagia mereka bisa aman luar biasa, saya terus terang mengatakan ini bukan pekerjaan satu hari,” ucapnya.

Menurut Emrus, posisi Indonesia yang menganut prinsip kebijakan politik luar negeri bebas aktif dapat merangkul semua negara tanpa memihak kepada salahsatu kepentingan sehingga tidak mempunya beban ketika berhadapan dengan negara-negara yang sedang bertikai seperti Rusia dan Ukraina.

“Kita ambil contoh bukankah dia berkunjung ke Ukraina juga bertemu dengan Presiden Ukraina bertemu juga dengan Presiden Rusia, jadi dia tidak berpihak tetapi dia menawarkan perdamaian kan menghentikan perang maju ke meja perundingan,” terang Emrus.

Usai G20, kini Indonesia menerima keketuan ASEAN dari Kamboja dan menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2023. Emrus mengatakan hal itu menjadi kesempatan yang bagus atau peluang yang bagus untuk berperan di kawasan Asia Tenggara.

“Jadi ini kesempatan yang luar biasa yang harus dimanfaatkan di semua bidang terutamanya di bidang bisnis atau perekonomian saat di G20 dan pengaruh kita di dalam semua kontrak sosial termasuk politik dan geopolitik di Asia tenggara (ASEAN),” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjelaskan menerangkan posisi Indonesia saat ini di kancah percaturan global ketika memberikan sambutan pada acara pembukaan Musyawarah Nasional ke1-7 HIPMI di Surakarta.

Presiden Jokowi menjelaskan kalau Indonesia saat ini berada di puncak kepemimpinan global yang disegani dunia.

"Ini adalah sebuah amanat dan kehormatan besar dan betul-betul kita berada di puncak kepemimpinan global saat ini karena kita sekaligus sekarang ini juga sebagai ketua ASEAN," ujar Jokowi.

Menurutnya, kepercayaan menjadi presidensi G20 tahun ini tidak mudah diperoleh. Jokowi menekankan pentingnya untuk menjaga kepercayaan.

"Kalau kita jadi pengusaha yang kita bangun adalah kepercayaan orang terhadap kita. Ini sebagai negara kita juga membangun kepercayaan internasional, kepercayaan global, kepercayaan negara lain terhadap Indonesia. Ini yang tidak mudah, ini yang tidak mudah," tukas Presiden Jokowi.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Haris Supriyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES