Indonesia Positif

Gali Potensi Diri, Prodi Pendidikan Biologi UNIPMA Gelar Workshop Prestasi Mahasiswa

Kamis, 10 November 2022 - 10:12 | 56.33k
Sekretaris Prodi Pendidikan Biologi UNIPMA Bersama dua pemateri workshop. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Sekretaris Prodi Pendidikan Biologi UNIPMA Bersama dua pemateri workshop. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Prodi Pendidikan Biologi UNIPMA tiada hentinya mendorong minat, bakat dan potensi mahasiswa dalam berkarya. Jumat, (7/10/2022) prodi pendidikan biologi UNIPMA menggelar workshop pengembangan prestasi mahasiswa di luar Kemendikbud dengan melibatkan 140 peserta. Acara ini didanai oleh hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2022. 

Kegiatan ini untuk mendukung capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.  Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas mahasiswa berprestasi tingkat nasional pada perlombaan di luar kemendikbud. 

Karunia-Widhi-Agatin.jpgPemateri workshop, Karunia Widhi Agatin Putri dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

“Acara ini digelar sebagai bentuk komitmen dan dukungan penuh untuk pengembangan prestasi mahasiswa dalam bidang minat bakat, kewirausahaan, karya tulis ilmiah, poster, dan lingkup perlombaan lainnya,”  ungkap Dr. Linda Yuhanna, M.Si., PIC  kegiatan.

 Workshop menghadirkan Karunia Widhi Agatin Putri, salah seorang mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada yang telah banyak memenangkan lomba baik nasional maupun internasional. 

Konsep workshop digelar dalam bentuk pemaparan materi, diskusi, penggalian ide, presentasi ide dan review dari narasumber. Pemberian saran dan masukan dilakukan dengan sistem peer review membuat mahasiswa lebih interaktif dan tertantang dalam menghasilkan suatu ide kreatif.

  Karunia memberikan materi tentang macam-macam lomba di luar kemdikbud, strategi penyusunan karya, penguatan ide, presentasi dan trik dan tips menjadi pemenang lomba. 

“Mahasiswa Pendidikan Biologi UNIPMA sangat bersemangat, mudah menangkap materi dan mampu mengidentifikasi masalah serta solusi dengan cepat,” ujar Karunia Widhi Agatin Putri. 

b-unipma.jpgFoto bersama dua pemateri workshop dan mahasiswa. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

Potensi daerah Madiun dan sekitarnya dapat dikembangkan menjadi karya - karya yang inovatif. Mahasiswa hanya perlu diberikan penguatan dan motivasi untuk ikut berkompetisi. Pendampingan, latihan intensif dan penanaman karakter tentu saja sangat diperlkukan mahasiswa untuk membentuk mental juara.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah pembuatan karya tulis ilmiah, essay, bussines plan, poster dan kompetisi minat bakat lainnya. Workshop ini juga memberikan ruang sharing session dengan pemateri dan mahasiswa UNIPMA yang mempunyai pengalaman dalam memenangkan lomba.

“Materi, trik dan tips dari pemateri sangat bermanfaat, selanjutnya kami akan mengikuti kegiatan lomba karya tulis, essay dan poster di bulan November,” kata Rukma Nur Kumalasari, Mahasiswa Pendidikan Biologi UNIPMA. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES