Kesehatan

5 Makanan Pembersih Paru-paru, Ampuh Legakan Pernafasan

Minggu, 09 Oktober 2022 - 05:44 | 41.44k
5 Makanan Pembersih Paru-paru, Ampuh Legakan Pernafasan
Ilustasi Kopi sebagai salah satu makanan pembersih paru-paru. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKesehatan paru-paru menjadi perhatian banyak orang. Ada langkah mudah untuk menjaga paru-paru lebih sehat. Salah satunya melalui makan makanan yang tepat dan menyehatkan paru-paru.

Selain menjaga kesehatan paru-paru dengan tidak mengkonsumsi rokok, konsumsi makanan pembersih paru-paru bisa menjaga tubuh lebih sehat. 

Berikut ini 5 makanan yang bisa dikonsumsi untuk pembersih paru-paru yang dikutip dari Healthline.

Apel
Buah yang kaya antioksidan termasuk kandungan flavonoid dan vitamin C. Buah ini dapat mengurangi risiko asma dan kanker paru-paru. 

Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi apel secara teratur dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Konsumsi lima apel atau lebih dalam seminggu juga dapat menurunkan risiko Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

Penelitian pada 2007 menunjukkan bahwa konsumsi tomat juga dapat mengurangi peradangan saluran pernapasan bagi penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita PPOK. Tomat memiliki kandungan vitamin C yang banyak serta kaya akan likopen dan antioksidan karotenoid.

Kakao atau Cokelat
Kakao dan produk kakao lainnya seperti cokelat hitam kaya akan antioksidan flavonoid dan mengandung senyawa yang disebut theobromine. Senyawa ini dapat mengendurkan saluran udara di paru-paru. Asupan kakao yang dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari gejala alergi pernapasan dan membantunya melindungi dari kanker paru-paru.

Dikutip dari , sebuah penelitian yang melibatkan 55.000 orang menemukan bahwa mereka yang memiliki konsumsi flavonoid yang lebih tinggi dari makanan, termasuk produk cokelat, memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada orang yang jarang mengonsumsi flavonoid.

Teh Hijau
Teh ini bisa menghambat fibrosis paru dan jaringan parut (luka). Fibrosis paru adalah penyakit yang ditandai dengan jaringan parut progresif yang mengganggu fungsi paru-paru. Hal ini karena teh hijau memiliki kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang bekerja sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Sebuah studi kecil pada 2020 dengan 20 orang yang menderita fibrosis paru menemukan pengobatan ekstrak EGCG selama 2 minggu bisa mengurangi gejala fibrosis.

Kopi
Kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi bukan hanya bisa meningkatkan energi tetapi juga bisa membuat fungsi sistem pernapasan bertambah dan melindunginya dari berbagai penyakit. Kafein juga berguna sebagai vasodilator yang bisa membantu membuka pembuluh darah dan mengurangi gejala asma pada pengidapnya walau dalam jangka pendek.

Selamat mencoba tips membersihkan paru-paru, TIMES Lovers. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES