Kesehatan

Jelang Musim Hujan, Ini Tiga Penyakit yang Perlu Diwaspadai Warga Kota Bandung

Kamis, 15 September 2022 - 21:42 | 68.68k
Jelang Musim Hujan, Ini Tiga Penyakit yang Perlu Diwaspadai Warga Kota Bandung
Foto 1: Dinas Kesehatan Kota Bandung yang terletak di Jalan Supratman. (Foto: Megha Nugraha/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengimbau agar masyarakat untuk mewaspadai tiga macam penyakit yang sering muncul di saat musim hujan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung, dr. Ira Dewi Jani, mengatakan, diperlukan kewaspadaan masyarakat Kota Bandung terhadap penyakit-penyakit tertentu yang timbul baik menjelang maupun saat musim hujan.

Ketiga macam penyakit yang wajib diwaspadai adalah penyakit ISPA atau infeksi saluran pernapasan bagian atas, demam berdarah, dan diare. “Ketiga jenis penyakit itu utamanya harus diwaspadai, terutama menjelang ataupun saat musim hujan” jelasnya kepada TIMES Indonesia di kantor Dinkes Kota Bandung Jalan Supratman, pada Kamis (15/9/2022).

Penyebab munculnya penyakit musiman ini  jelas Ira, berawal dari faktor lingkungan dan perilaku individu masyarakatnya itu sendiri. Sehingga, diperlukan langkah antisipasi bagi masyarakat agar terhindar dari penyakit tersebut.

dr-Ira-Dewi-Jani.jpgKabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung, dr. Ira Dewi Jani, MT.  (Foto: Megha Nugraha/Times Indonesia)

“Jadi untuk mengantisipasi supaya kita tetap sehat, bugar, dan terhindar dari penyakit tersebut adalah dari perilakunya. Caranya, dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” kata dia.

Untuk menghindari penyakit influenza atau ispa dan diare, lanjut Ira, utamakan sering mencuci tangan dengan sabun terutama di waktu-waktu penting. Selanjutnya, pastikan sumber makanan yang sehat dan air penggunaan bersih.

 “Seperti mau makan, sesudah dari kamar mandi, atau memegang hewan dan lain-lain. Sedangkan untuk makanan dan air pengolahannya pun harus terjaga dan higienis,” imbuhnya.

Kemudian, kata Ira, yang harus diwaspadai di musim hujan ini adalah penyakit demam berdarah. Oleh karena itu, cara pencegahannya adalah dengan gerakan 3M, yakni, menutup, menguras, dan mengubur. Lakukan hal tersebut minimal seminggu satu kali, sebab siklus hidup nyamuk seminggu sekali.

Sedangkan, bagi tempat umum yang sering dipakai banyak orang, upayakan menggunakan bubuk abate. Jadi untuk lingkungannya harus dijaga dan memperhatikan PHBS. Sebab, jelas dia, pandemi Covid-19 masih ada di tengah-tengah masyarakat hingga saat ini.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat Kota Bandung untuk segera divaksin dan booster untuk menjaga imunitas tubuh.

Dinkes Kota Bandung, diakui Ira, sudah melakukan upaya-upaya sosialisasi di berbagai media dan menyampaikan informasi ke sejumlah pusat layanan kesehatan Kota Bandung.

Dinas-Kesehatan-Kota-Bandung-a.jpgTugu Dinas Kesehatan Kota Bandung. (Foto: Megha Nugraha/Times Indonesia)

“Tentu kita sosialisasikan ke media-media untuk menyampaikan kepada masyarakat ataupun kepada pasien-pasien yang berkunjung ke beberapa Puskesmas layanan kesehatan di Kota Bandung,” jelas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung.

Pihaknya berharap agar warga Bandung tetap mengutamakan perilaku hidup bersih dan sehat serta selalu menjaga lingkungan. Baik dari air maupun lingkungan sekitarnya supaya terhindar dari penyakit-penyakit yang seringkali muncul di musim penghujan.

Dia mengimbau agar masyarakat menjaga pola makan sehat yang berimbang. Agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap ancaman berbagai penyakit terutama penyakit menular di musim hujan in. “Jadi antara karbohidrat, protein, vitamin, dan mineralnya itu harus berimbang dan beraneka ragam,” tutup Ira di kantor Dinkes Kota Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES