Kesehatan

Awas, Penderita Asam Lambung Wajib Hindari Sayuran Ini

Jumat, 09 September 2022 - 13:36 | 51.07k
Awas, Penderita Asam Lambung Wajib Hindari Sayuran Ini
Ilustrasi beberapa sayuran yang harus dihindari oleh penderita Asam Lambung. (FOTO: StockSnap.io)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berbeda dengan penyakit lainnya, penderita Asam Lambung tidak diperbolehkan mengkonsumsi semua jenis sayuran yang ada.

Sayur memang makanan yang bergizi dan banyak memiliki kandungan serat yang tinggi. Tak jarang penderita penyakit apapun disarankan oleh dokter untuk banyak mengkonsumsi sayuran dengan berbagai jenis untuk memulihkan serat tubuh.

Sementara penyakit pencernaan atau Asam Lambung ini adalah kondisi di mana saluran makan yang ada pada tubuh mengalami iritasi. Sering kali penyakit ini dianggap sama dengan Maag karena memiliki gejala yang sama, walaupun nyatanya berbeda.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa jenis sayur yang harus dihindari oleh penderita Asam Lambung, seperti:

1. Cabai

Sayur jenis ini memang memiliki banyak peminatnya, terutama masyarakat Indonesia. Namun, jika anda penderita Asam Lambung, sudah waktunya anda mengurangi untuk konsumsi Cabai.

Menurut Journal of Neurogastroenterology and Motility, capsaicin yang ada di Cabai sebagai rasa pedasnya tidak baik untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang sering. Rasa pedas dan panas yang dihasilkan akan menyebar dan gejala terbakar juga akan dampai ke Lambung, yang mana hal itu dapat menyebabkan naiknya Asam Lambung.

2. Tomat

Tomat.jpgPenderita Asam Lambung perlu menghindari Tomat karena memiliki kandungan asam yang tinggi. (FOTO: StockSnap.io)

Kandungan asam yang tinggi di Tomat-lah yang membuat sayur ini perlu dihindari untuk penderita Asam Lambung. Hal itu jika dibiarkan terus menerus akan memicu refluks asam yang tinggi. Akibatnya, Asam Lambung yang dimiliki akan kambuh ataupun lebih parah.

3. Kubis, Sawi, dan Daun Bawang

Ketiga jenis sayuran ini jika dikonsumsi seseorang akan menimbulkan banyaknya jumlah gas yang diproduksi. Hal itu dikarenakan kandungan gas yang tinggi pada Kubis, Sawi dan Daun Bawang perlu diwaspadai oleh semua orang tak terkecuali.

Khususnya untuk anda penderita Asam Lambung, ketiga sayur ini patut untuk dihindari. Karena kondisi perut yang kembung dikarenakan banyaknya gas akan memicu naiknya Asam Lambung pada tubuh.

4. Kol

Kol.jpgBanyak mengandung Gula Kompleks, Kol perlu dihindari oleh penderita Asam Lambung. (FOTO: Pexels)

Kol adalah salah satu dari banyaknya sayuran yang memiliki waktu cerna cukup lama. Terlebih lagi, kandungan rafinosa atau gula kompleks yang dimiliki juga menjadi salah satu pengaruh mengapa sayuran ini perlu dihindari oleh anda penderita Asam Lambung.

Tubuh kita tidak memiliki banyak enzim tertentu untuk mencerna gula kompleks dalam Kol. Lama waktu cerna tubuh tersebut akan menimbulkan pembentukan gas di dalam tubuh, yang pasti banyaknya gas dalam tubuh akan memicu naiknya Asam Lambung.

Selain itu, sayur lainnya yang perlu dihindari oleh penderita Asam Lambung juga masih ada, seperti Seledri, Asparagus, Bawang Putih, Bawang Bombay, Peppermint, Paprika, Lobak, dan masih banyak lagi.

Jadi untuk anda penderita Asam Lambung, perhatikan kembali sayuran yang ada pada makanan anda mulai dari sekarang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES