Indonesia Positif

LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur Galang Sinergi Perguruan Tinggi dalam Penerapan RPL

Rabu, 08 Mei 2024 - 14:39 | 6.20k

TIMESINDONESIA, MALANG – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur menggelar acara penting bertajuk "Fasilitasi Penerapan RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau)" di Universitas Widyagama Malang (UWG). Acara ini dihadiri oleh perwakilan perguruan tinggi di Jawa Timur serta melibatkan pakar-pakar terkemuka dalam bidangnya.

Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi perguruan tinggi dalam meningkatkan layanan mutu pendidikan, khususnya dalam penerimaan mahasiswa jalur RPL. Prof Dr Dyah Sawitri SE MM, Kepala LLDIKTI VII Jawa Timur, secara langsung membuka acara ini dengan menyampaikan pentingnya seleksi yang baik dalam penerimaan mahasiswa jalur RPL. Beliau menegaskan bahwa seleksi ini harus dilakukan oleh ahli yang tersertifikasi sesuai dengan bidang keahliannya.

Sawitri juga menyoroti kasus di salah satu perguruan tinggi yang menerima mahasiswa jalur RPL tanpa proses seleksi yang baik, yang berujung pada lulusan yang tidak berkualitas. Hal ini berdampak buruk bagi mutu pendidikan perguruan tinggi tersebut. Oleh karena itu, kegiatan ini diinisiasi untuk memberikan pemahaman dan bekal kepada penyelenggara penerimaan mahasiswa jalur RPL di setiap perguruan tinggi.

Dalam acara ini, dua pakar terkemuka, Dr Widyo Winarso, M.Pd, dan Dr Henri Tambunan, SE.,MA., turut hadir untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada peserta. Mereka membahas berbagai aspek terkait penerapan RPL yang berkualitas.

Dr Anwar SH MHum, Rektor UWG Malang, menyambut baik kegiatan ini dan memberikan dukungan penuh terhadap upaya LLDIKTI VII Jawa Timur dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di wilayah tersebut. "Kami berharap apa yang diberikan UWG Malang dapat memberikan manfaat yang besar bagi perguruan tinggi di Jawa Timur," ungkapnya.

Acara ini menjadi bukti konkret kolaborasi antara perguruan tinggi dan lembaga pendidikan tinggi di Jawa Timur dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan RPL yang berkualitas dan berstandar. Semoga dengan adanya fasilitasi ini, para penyelenggara di setiap perguruan tinggi dapat mengimplementasikan RPL dengan baik, sehingga lulusan yang dihasilkan memiliki kualitas yang unggul sesuai dengan tuntutan zaman.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES