Hukum dan Kriminal

Dua Pemuda di Bondowoso Diciduk Polisi Saat Konsumsi Sabu, Penting Edukasi Pelajar

Rabu, 02 November 2022 - 20:38 | 8.61k
Dua Pemuda di Bondowoso Diciduk Polisi Saat Konsumsi Sabu, Penting Edukasi Pelajar
Barang bukti narkoba jenis sabu Disita polisi (Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Bukannya melakukan hal-hal yang positif dan menghasilkan. Dua pemuda di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, malah asik konsumsi sabu di kebun coklat, hingga akhirnya terciduk polisi.

Informasi dihimpun, Sat Resnarkoba Polres Bondowoso telah berhasil mengamankan dua pemuda yang diduga memakai narkotika jenis sabu. 

Kedua pelaku berhasil diamankan beserta barang bukti di tengah kebun coklat.

Tepatnya di Desa Kalianyar Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso. 

Diketahui kedua pelaku atas nama Inisial SA (28) dan AD (26), kedua pelaku tersebut tak lain saling bertetangga.

Yakni warga Dusun Tamanan Timur RT 16 RW 03 Desa Tamanan, Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. 

Kapolres Bondowoso, AKBP Wimboko melalui Kasat Resnarkoba AKP Bagus Purnama mengatakan, penangkapan pemakai narkoba tersebut dalam rangka memberantas narkotika yang sangat meresahkan masyarakat.

Menurutnya, polisi bertanggung jawab penuh untuk mengungkap pengedar maupun pemakai narkotika semua golongan. 

Menurut Kasat Resnarkoba Polres Bondowoso AKP Bagus Purnama menjelaskan, penangkapan dilakukan pada hari Senin tanggal 31 Oktober 2022, sekitar jam 15.00 WIB.

Menurutnya, anggota Sat Resnarkoba Polres bondowoso telah mengamankan seseorang mengaku bernama SA bersama temannya AD.

Saat diamankan kata dia, mereka berdua menggunakan Narkotika golongan jenis sabu di rumah kosong yang ada di tengah kebun coklat yang.

"Lokasi terletak di Desa Kalianyar Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso," terang dia saat dikonfirmasi, Rabu (2/10/2022).

Kedua pemuda tersebut diketahui menyalahgunakan narkotika jenis sabu, dengan cara menghisap dari alat bong yang terbuat dari botol plastik.

Sementara pada tutup botol plastik itu dilubangi sebanyak dua titik kemudian diberi sedotan plastik dan disambung dengan pipet kaca. Selanjutnya dibakar menggunakan korek api yang sudah dimodifikasi.

Dalam operasi penangkapan tersebut petugas atau anggota berhasil mengamankan barang berupa 1 paket sabu berat kotor 0,28 gram, 2 plastik klip kecil dalam keadaan kosong, 1 alat bong dari botol plastik, 1 pipet kaca dan 1 korek api.

Semua barang-barang yang diamankan tersebut diakui oleh pelaku, bahwa merupakan barang yang ada kaitan langsung dengan Penyalahgunaan Narkotika yang dilakukan oleh mereka.

"Selanjutnya pelaku beserta barang bukti diserahkan ke Polres Bondowoso guna penyidikan lebih lanjut," ungkap Kasat Resnarkoba Polres Bondowoso. 

Atas perbuatan itu kedua pelaku tersebut kemudian dijerat dengan Pasal 112 ayat (1) Subs pasal 127 ayat (1) Jo pasal 132 ayat (1) UU. RI. No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Edukasi Bahaya Narkoba Pada Siswa

Sebagai salah satu upaya untuk menjalin hubungan silaturahmi dan mencegah narkoba masuk ke sekolah. Polisi melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Hal itu sebagaimana dilakukan Bhabinkamtibmas, Bripka Husnan, dengan mendatangi SDN Tegal Mijin 1 untuk memberikan motivasi dan edukasi.

Edukasi-Bahaya-Narkoba-Pada-Siswa.jpg

Adapun tujuan dari kegiatan sambang ke SD Tegal Mijin 1 tersebut untuk memberikan himbauan Kamtibmas dan sekaligus menyampaikan motivasi dan semangat belajar kepada anak – anak sekolah.

"Agar nantinya menjadi anak yang berguna bagi nusa dan Bangsa, dan selalu waspada supaya tidak terjadi hal–hal yang tidak diinginkan serta selalu menjaga keamanan di wilayahnya," kata dia.

Sementara Kapolsek Grujugan AKP Muktamar juga menghimbau kepada para siswa untuk tidak mencoba obat-obatan terlarang dan minuman keras. 

"Mari kita bersama–sama memberantas narkoba, dan apabila ada kejadian segera menghubungi Bhabinkamtibmas atau langsung mendatangi Polsek Grujugan Bondowoso,” kata dia. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES