Glutera News

5 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Secara Benar

Rabu, 19 Oktober 2022 - 12:12 | 34.40k
5 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Secara Benar
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada berbagai cara meningkatkan kualitas sperma untuk memperbaiki kondisi kesuburan. Hal ini diperlukan ketika Anda sedang melakukan program hamil. Umumnya cara tersebut berkaitan dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat serta meninggalkan kebiasaan lama. 

Jadi, apa saja cara meningkatkan dan memperbaiki kualitas sperma bagi pria yang perlu diketahui?

Kandungan dalam sprema 

Dalam sekali ejakulasi, seorang pria menghasilkan 100-500 juta sel yang dikeluarkan berdasarkan hasil penelitian Johnson dan Everitt dalam bukunya Essential Reproduction (2000) mengungkapkan bahwa air mani berisi kandungan gizi yang tinggi.

Dalam ejakulasi khas (kira-kira satu sendok teh), air mani sudah mengandung 150 mg protein, 11 mg karbohidrat, 6 mg lemak, 3 mg kolesterol, 7 persen US AKG kalium, tembaga dan seng. berikut rincian kandungan nutrisi pada air mani:

1. Fruktosa: gula yang sangat manis yang juga terkandung di dalam buah-buahan dan madu
2. Sorbitol: pemanis yang sering dijadikan sebagai pengganti gula pada penderita diabetes
3. Inositol: zat manis ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan sering dianggap sebagai makanan otak
4. Glutathione: antioksidan kuat yang dapat mengikat racun seperti logam berat, pelarut, pestisida. Berperan juga dalam regenerasi kulit.
5. Deoxyribonucleic acid (DNA): asam nukleat yang mengandung instruksi genetik yang digunakan dalam pengembangan dan fungsi dari semua organisme hidup
6. Creatine: pasokan energi untuk kontraksi otot
7. Fosfor: membantu tubuh menyerap kalsium untuk membuat tulang kuat
8. Seng: membantu menjaga sel darah putih tetap sehat sehingga dapat melawan infeksi dan penyakit.
9. Magnesium: membantu mempertahankan otot normal dan fungsi saraf, menjaga irama jantung stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, membuat tulang kuat, membantu mengatur tingkat gula darah, meningkatkan tekanan darah normal, dan juga terlibat dalam metabolisme energi dan sintesis protein.
10. Kalsium: membuat tulang kuat
11. Kalium: sangat penting untuk pertumbuhan normal tubuh dan untuk penggantian jaringan usang
12. Ascorbic acid (vitamin C): dapat membantu seseorang tampak lebih muda dan cantik. Vitamin C juga mendorong pertumbuhan rantai protein dalam kolagen, yang merupakan bahan utama dalam semua jaringan berserat.
13. Vitamin B12 : meningkatkan energi
14. Kolin: mempertajam pikiran
15. Testosteron: mendorong fungsi seksual dan meningkatkan dorongan seks
16. Prostaglandin: berpartisipasi dalam berbagai fungsi tubuh seperti kontraksi dan relaksasi otot polos, dilatasi dan penyempitan pembuluh darah, kontrol tekanan darah, dan modulasi peradangan.

Sperma encer 
Sperma encer bisa menjadi tanda adanya masalah kesuburan pada pria. Untuk mengatasinya, ada cara mengentalkan sperma yang dapat dilakukan. Dengan memperbaiki kualitas sperma, peluang Anda dan pasangan memiliki momongan juga akan semakin besar. 

Sperma yang sehat dapat terlihat dari teksturnya yang cukup kental saat ejakulasi dan berubah menjadi encer 10–15 menit kemudian. Jumlah rata-rata sperma normal adalah 15–120 juta per ml air mani yang dikeluarkan ketika ejakulasi.

Bila sperma kurang dari jumlah normal, maka bisa menimbulkan gangguan kesuburan pada pria dan peluang sel telur untuk dibuahi pun semakin kecil. Sebaliknya, jumlah sperma yang berlebih akan membuat teksturnya terlalu encer dan berdampak pada menurunnya kualitas sperma.

Cara meningkatkan kualitas sperma 

Mempunyai kualitas sperma yang sehat diperlukan agar terjadi proses pembuahan. Proses ini merupakan syarat awal sebelum pembuahan berhasil dan berujung pada kehamilan.

Dikutip dari Mayo Clinic, tidak semua pria mempunyai kualitas sperma yang sehat. Hal ini dipengaruhi dari gaya hidup serta kondisi kesehatan tertentu seperti kelainan sperma.

Namun, masih ada beberapa cara sederhana yang dilakukan untuk membantu mengatasinya. Berikut cara meningkatkan serta memperbaiki kualitas sperma yang berhubungan dengan gaya hidup Anda.

1. Melakukan olahraga secara teratur

Olahraga sesekali rupanya belum cukup untuk membantu Anda meningkatkan kualitas sperma. Salah satu cara memperbaiki kualitas sperma, Anda harus rutin melakukan olahraga, bukan hanya sesekali.

Sebagai contoh, cukup berolahraga dua hingga tiga kali dalam seminggu. Pasalnya, rajin berolahraga bisa membantu meningkatkan kadar testosteron serta kualitas sperma yang lebih baik. Akan tetapi, Anda juga perlu berhati-hati untuk tidak melakukan olahraga secara berlebihan. Hal ini bisa membuat tubuh jadi mudah lelah serta menurunkan kadar hormon testosteron.

2. Menjaga asupan nutrisi

Salah satu cara meningkatkan kualitas sperma adalah dengan menjaga asupan makanan sehat dan bergizi setiap harinya. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayur yang berbeda setiap harinya.

Selain itu, berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum, kentang, beras merah, dan sereal juga dapat menyehatkan sperma Anda. Selain karbohidrat kompleks, makanan-makanan tersebut juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan kualitas sperma.

Perbanyak konsumsi makanan tinggi protein dan omega-3 seperti ikan, telur, dan daging tanpa lemak, juga mampu meningkatkan kualitas sperma. Protein adalah bahan baku untuk pembentukan seluruh sel dan jaringan tubuh, termasuk sperma. Sementara itu, omega-3 berfungsi untuk menambah jumlah sperma.

Untuk meningkatkan kualitas sperma, Anda juga disarankan mengurangi konsumsi gula dan lemak jenuh atau kolesterol karena dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes dan obesitas. Kedua kondisi tersebut dapat mengurangi kualitas sperma.

3. Mengonsumsi vitamin dan mineral

Beberapa jenis vitamin dan mineral yang diperoleh dari makanan atau suplemen  juga berperan penting dalam membantu meningkatkan kualitas sperma, salah satunya adalah zinc dan vitamin D.

Zinc dan vitamin D mampu meningkatkan jumlah dan memperbaiki pergerakan sperma. Ada beberapa macam makanan yang mengandung zinc, antara lain daging, kerang, produk olahan susu, roti, dan sereal. Sedangkan, vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari, ikan, daging merah, hati, dan kuning telur.

Kandungan selenium yang terdapat di kacang, ikan, daging, dan telur juga dapat memperbaiki pergerakan, bentuk, dan struktur sperma. Selain itu, asam folat, koenzim Q10, dan antioksidan juga dinilai dapat meningkatkan kualitas sperma.

4. Mengonsumsi suplemen penambah kualitas sperma

Suplemen D-aspartic acid (D-AA) merupakan jenis asam amino yang dapat meningkatkan kadar testosteron, yaitu hormon seks pria yang berperan penting dalam produksi sperma.

Selain itu, suplemen herbal tertentu, seperti : cordysep, fenugreek atau kelabat (Trigonella foenum-graecum), rujak polo (Tribulus terrestris), akar maca, dan ginseng juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria.

5. Menjalani pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat bisa menjadi cara meningkatkan kualitas sperma. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan langkah-langkah mudah berikut:
• Jaga berat badan tetap ideal, karena dapat meningkatkan kesuburan pria, jumlah air mani, serta pergerakan sperma.
• Berhenti merokok, batasi konsumsi alkohol, dan tidak menggunakan narkoba.
• Hindari stres, karena stress berlebihan dapat mengganggu kualitas sperma.
• Terapkan perilaku seks aman dan tidak berganti-ganti pasangan untuk mencegah penyakit seksual menular.
• Hindari menggunakan pakaian dalam yang ketat, terlalu sering mandi air panas atau sauna, dan meletakkan laptop terlalu lama di paha karena dapat meningkatkan suhu di sekitar testis sehingga mengakibatkan produksi sperma melambat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES