Glutera News

Agility Ladder Workout: Bakar Kalori Lebih Banyak dan Tubuh Makin Lincah

Jumat, 30 September 2022 - 13:51 | 33.19k
Agility Ladder Workout: Bakar Kalori Lebih Banyak dan Tubuh Makin Lincah
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu jenis olahraga yang punya banyak manfaat adalah olahraga kardio. Olahraga ini tak hanya berguna untuk membakar kalori dan lemak di dalam tubuh, tapi juga mempunyai segudang manfaat lainnya. 

Olahraga kardio atau olahraga aerobik merupakan kegiatan olah tubuh yang bertujuan meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

Apakah Anda sedang mencari latihan kardio sekaligus ingin membangun kekuatan dan kelincahan tubuh? Jika memang iyah, maka cobalah melakukan latihan dengan menggunakan agility ladder. 

Latihan dengan menggunakan alat ini akan membuat jantung terpompa lebih cepat dan membakar kalori yang lebih banyak.

Kelincahan atau Agility secara harfiah memiliki arti yaitu kelincahan, tapi pengertian sesungguhnya dari agility ialah kemampuan dari tubuh dan atau bagian tubuh untuk mengubah arah gerakan secara mendadak dengan kecepatan yang relatif tinggi. 

Misalnya kemampuan untuk berbelok-belok saat berlari, kemampuam untuk berlari bolak-balik dalam jarak dan jangka waktu tertentu, dan juga kemampuan untuk berkelit secara cepat tapi posisinya tetap berdiri dengan stabil.

Agility atau kelincahan merupan kombinasi dari berbagai macam kemampuan tubuh. Berbagai macam kemampuan tersebut meliputi kecepatan, kekuatan, keseimbangan, reaksi, fleksibilitas, dan juga koordinasi neuromuscular. Agility sangat diperlukan dalam berbagai macam cabang olahraga misalnya dalam permainan bola basket, permainan sepak bola, permainan bola voli, permainan bulu tangkis, dan lain sebagainya.

Latihan agility merupakan salah satu bagian yang cukup penting dari program kebugaran jasmani secara keseluruhan. Namun, pelatihan agility ini justru cenderung terabaikan saat sedang melakukan olahraga. Padahal, kemampuan agility juga termasuk dari bagian penting yang harus dilatih secara terus-menerus. Seseorang dengan kemampuan agility yang baik biasanya memiliki tingkat akurasi serta kecepatan yang tinggi.

Manfaat agility ladder 

Latihan dengan agility ladder sering menjadi komponen dari jenis pelatihan kebugaran tertentu, termasuk pelatihan SARQ dan pelatihan HIFT. Setiap jenis pelatihan memberikan manfaat yang cukup besar. Simak manfaatnya di bawah ini:

1. Dijadikan sebagai pelatihan SARQ

SARQ adalah singkatan dari speed, agility, reactivity, dan quickness. Pada awalnya latihan SARQ secara tradisional dilakukan oleh para atlet militer dan profesional. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, latihan SARQ telah menjadi sangat populer di gym di seluruh negeri.

2. Bagus untuk kesehatan jantung

Latihan menggunakan agility ladder membuat jantung Anda terpompa dan merupakan bentuk olahraga kardio yang hebat. Meningkatkan detak jantung Anda melalui latihan kardiovaskular adalah cara yang bagus untuk menjaga jantung tetap sehat dan kuat.

3. Membakar lebih banyak kalori

Karena latihan dengan agility ladder adalah bentuk kardio yang hebat, latihan ini juga dapat membakar lebih banyak kalori.  Latihan menggunakan agility ladder juga sering dianggap sebagai jenis latihan interval intensitas tinggi.

Dengan melakukan latihan seluruh badan dalam upaya singkat yang intens dan kemudian mengambil jeda singkat, Anda biasanya membakar lemak dan membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda lakukan dengan sebagian besar aktivitas kardio intensitas rendah dengan kondisi stabil.

4. Meningkatkan kinerja atletik

Atlet dalam banyak olahraga yang berbeda dan pada tingkat yang berbeda mendapat manfaat dari latihan kelincahan. Latihan kelincahan biasanya dimasukkan dalam program untuk atlet dalam olahraga seperti bola voli, sepak bola, dan sepak bola untuk meningkatkan kinerja. Gerakan cepat meniru keterampilan yang dibutuhkan selama kompetisi. Dengan hanya menggunakan agility ladder ini, Anda bisa mendapatkan kelincahan tersebut.

5. Peningkatan activities of daily living (ADL)

Anda tidak harus menjadi seorang atlet untuk mendapatkan manfaat. Dalam sebuah artikel untuk American Council on Exercise, pakar kebugaran Pete McCall mencatat bahwa latihan SARQ meningkatkan koordinasi dan kesadaran tubuh untuk para olahragawan di semua tingkatan. Alhasil, aktivitas kehidupan sehari-hari (ADL) bisa menjadi lebih aman dan mudah dilakukan.

Faktanya, penelitian telah mendokumentasikan manfaat pelatihan kelincahan pada orang dewasa yang lebih tua, menemukan bahwa itu dapat membantu mengurangi risiko jatuh. Sebagai bagian dari studi penelitian yang dilakukan di lingkungan hidup masyarakat, orang dewasa yang lebih tua melakukan latihan termasuk latihan dengan agillity ladder. 

Latihan lainnya termasuk aktivitas rintangan rendah dan tinggi, latihan kelincahan kerucut, bola swiss, cakram goyangan, dan latihan roller busa. Para peneliti mencatat peningkatan signifikan dalam kebugaran, mobilitas, dan kekuatan setelah program pelatihan 12 minggu.

6. Peningkatan fungsi kognitif

Latihan dengan agility ladder membutuhkan pemikiran cepat dan perilaku responsif, sebuah praktik yang disebut pelatihan neuromuskular. Melakukan latihan ini secara teratur dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Fungsi kognitif merupakan fungsi kompleks pada otak manusia yang melibatkan aspek memori, baik jangka pendek atau jangka panjang, perhatian, perencanaan, dan nalar serta strategi dalam berfikir dari seseorang.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, para peneliti mengevaluasi latihan kelincahan pada anggota militer. Studi penelitian mereka membandingkan 41 orang yang menjalani pelatihan kelincahan atau protokol pelatihan tradisional selama enam minggu. 

Di akhir percobaan, para peneliti mengevaluasi beberapa ukuran fungsi fisik dan kognitif. Mereka menemukan bahwa pelatihan kelincahan tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik tetapi juga meningkatkan kewaspadaan visual, keterampilan mendengarkan, dan memori kerja.

Berbabagi latihan dengan agility ladder 

Tangga ini akan membantu memetakan setiap gerakan yang akan dilakukan. Berikut beberapa gerakan untuk melatih kelincahan:

• Lompat dari sisi ke sisi pada tangga kelincahan

Pertama, berdiri tegak di depan luar kotak tangga kelincahan. Kemudian, lompatlah pada kotak pertama dengan kedua tangan mengepal di depan dada. Posisikan tubuh hampir jongkok saat melompat.

Setelah itu, lompatlah keluar dari kotak tangga kelincahan, dengan posisi tubuh yang sama. Lalu, masuk kembali ke kotak tangga kelincahan, kemudian lompat lagi keluar kotak. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

• Lompat 2 kotak ke depan, lalu lompat 1 kotak ke belakang

Berdirilah di tangga pertama dengan kaki terbuka selebar bahu, lutut ditekuk, dan badan tegak ke depan. Kemudian, bersiap melompat ke kotak ketiga pada tangga kelincahan. Setelah melompat ke kotak ketiga, melompat mundur satu kotak. Lanjutkan bergerak maju dua kotak dan mundur satu. Lalu, ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

• Lompat dengan satu kaki 

Pernahkah Anda bermain tapak gunung semasa kecil? Jika pernah, Anda tidak akan kesulitan melakukan gerakan untuk tubuh lincah ini.

Pertama, berdiri di ujung tangga. Kemudian, angkat kaki kiri, lalu lompat dari kotak ke kotak menggunakan kaki kanan.

Di ujung tangga, lari ke titik kotak awal dan ulangi gerakan tersebut. Lakukan selama 30 detik dengan kaki yang sama, kemudian ganti posisi dengan kaki satunya.

• Plank jack

Pertama-tama, Anda bersiap dengan posisi push up, tangan di dalam kotak tangga. Buka kaki dengan gerakan melompat ke luar tangga.

Arahkan tangan untuk maju dari satu tangga ke satu tangga di depan, dengan gerakan kaki melompat ke luar tangga. Di ujung tangga, lari kembali ke titik awal dan ulangi gerakan.

• Push up menggunakan lutut

Mulailah dengan posisi push-up berlutut, dengan dua tangan berada di dalam kotak tangga. Kemudian, angkat kedua tangan keluar kotak, dan turunkan dada ke tanah seperti melakukan push up. Kembali ke posisi awal dengan tangan masuk ke kotak. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

Latihan kelincahan dapat membantu Anda mendapatkan kontrol yang lebih baik pada tubuh dan gerakannya, serta mengasah kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat dan efisien. Yuk, coba beberapa contoh latihan kelincahan di atas! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES