Glutera News

8 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

Minggu, 25 September 2022 - 10:45 | 20.80k
8 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki rambut tebal bisa menjadi kebanggan utama sebagian orang. Beberapa orang terlahir dengan rambut tebal tanpa perlu adanya usaha perawatan rambut. Namun sebagian lainnya perlu melakukan cara menebalkan rambut. 

Perlu diketahui bahwa cara menebalkan rambut dapat dilakukan secara alami. Dengan begitu, rambut tetap terawat dengan sehat. 

Cara menebalkan rambut merupakan satu dari sekian banyak hal yang paling dicari orang. Pasalnya, masalah rambut yang paling sering dialami selain kerontokan adalah rambut yang tipis. Tentu saja, volume rambut yang tipis akan mengganggu penampilan, terutama bagi mereka yang memiliki bentuk kepala kurang bagus.

Solusi untuk menambah ketebalan rambut banyak sekali. Hanya saja, tidak semuanya berhasil. Baik wanita atau pria selalu menginginkan rambut yang sehat dan tebal. Cara menebalkan rambut yang akan kita bahas kali ini adalah dengan bahan-bahan alami yang aman. 

Pasalnya, untuk menebalkan rambut terkadang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun dengan cara berikut ini akan bisa membantu Anda menemukan ketebalan yang sempurna.

Berbagai cara menebalkan rambut 

Untuk merawat dan menebalkan rambut secara alami, ada beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan, yaitu:

1.    Memilih shampo yang tepat

Hal penting yang perlu Anda terapkan untuk menebalkan rambut adalah memilih sampo dan kondisioner yang tepat sesuai jenis dan kondisi rambut. Pasalnya, penggunaan sampo yang salah justru bisa menyebabkan kerusakan rambut, sehingga rambut bisa semakin kering dan rontok.

Untuk menebalkan rambut, sebaiknya hindari produk sampo berbahan kimia keras, seperti amonium lauril sulfat, natrium lauril sulfat, atau sampo yang mengandung pewangi. Ini karena bahan kimia keras tersebut dapat merusak rambut dan kulit kepala.

Agar rambut bisa lebih sehat dan tebal, Anda juga sebaiknya tidak keramas terlalu sering. Keramas cukup dilakukan 1–2 kali sehari atau ketika rambut sudah kotor dan terasa berminyak.

2.    Membatasi penggunaan alat penata rambut

Untuk menebalkan rambut, sebaiknya batasi penggunaan alat penata rambut, seperti pengering, pelurus, atau pengeriting rambut. Terlalu sering menggunakan alat-alat tersebut bisa menyebabkan rambut menjadi lebih rapuh dan mudah rontok.

Jika Anda ingin menggunakan alat penata rambut, misalnya catok atau blow rambut, sebaiknya atur suhu alat tersebut dengan panas di bawah 150 derajat celsius.

3.    Menghindari paparan sinar matahari langsung pada rambut

Tak hanya kulit, rambut juga harus dilindungi dari paparan sinar matahari langsung agar tidak kusam, rusak, dan mudah rontok. Oleh karena itu, saat beraktivitas di luar ruangan Anda disarankan untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari menggunakan topi atau payung.

4.    Menggunakan bahan-bahan alami

Anda pun bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menebalkan rambut dan menjaga kesehatannya. Beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan adalah minyak amla, lidah buaya, minyak zaitun, dan minyak kelapa.

Lidah buaya mengandung bahan aktif, berbagai vitamin dan mineral, serta asam lemak sehat yang dapat memperkuat rambut, mendorong pertumbuhan rambut yang sehat, menyehatkan kulit kepala, bahkan memperbaiki rambut yang rusak dan kering.

Minyak zaitun juga efektif untuk menebalkan rambut yang kering dan tipis. Minyak ini telah digunakan sejak lama untuk menjaga kelembapan dan kelembutan rambut, serta memperkuat rambut agar rambut tidak mudah rapuh dan rontok.

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menyerap ke dalam rambut dan menggantikan protein rambut yang hilang. Mengoleskan minyak kelapa ke rambut secara rutin sebelum dan sesudah keramas dapat melindungi rambut dari kerusakan serta mendorong pertumbuhan rambut yang lebih lebat dan sehat.

5.    Mencukupi kebutuhan nutrisi untuk rambut

Tak hanya perawatan rambut dari luar, menebalkan rambut juga perlu didukung perawatan dari dalam dengan cara memenuhi asupan nutrisi yang seimbang.

Agar bisa tumbuh kuat, sehat, dan terlindung dari kerusakan, rambut membutuhkan asupan nutrisi, terutama protein, zat besi, asam lemak omega-3, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B, termasuk biotin.

Berbagai asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, seafood, dan telur.

6.    Mengurangi stres

Pelepasan hormon kortisol akibat stres yang berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok dan semakin tipis. Oleh karena itu, sebaiknya kelola stres dengan baik, misalnya dengan berolahraga, menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, mendengarkan musik, serta mengikuti kelas yoga atau meditasi.

7.    Potong rambut secara teratur

Setelah rambut tumbuh panjang, ujung rambut biasanya bercabang sehingga membuat rambut tampak tipis dan tidak sehat. Untuk mengatasinya, sebaiknya potong rambut secara teratur sebanyak 1-3 cm. Lakukan pemotongan rambut setiap 10 hingga hari untuk mencegah dan menghilangkan rambut bercabang. Dengan begitu akan membantu rambut tumbuh lebih cepat dan tampak sehat. 

8.    Pijat kulit kepala dan menyikat rambut

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa memijat kulit kepala dapat membantu menebalkan rambut. Selain itu penting juga untuk rutin menyikat rambut, karena dapat meningkatkan aktivitas sebum dan menyebarkan minyak rambut alami dari kulit kepala ke ujung rambut. Menyikat dalam seminggu sekali dapat merangsang pertumbuhan rambut menjadi tebal dengan merangsang kulit kepala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES