Glutera News

9 Cara Meremajakan Kulit Agar Meremajakan Kulit Agar Awet Muda

Senin, 15 Agustus 2022 - 14:15 | 30.02k
9 Cara Meremajakan Kulit Agar Meremajakan Kulit Agar Awet Muda
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, MALANG – Seiring pertambahan usia, kulit mengalami proses penuaan alami. Tanpa disadari, kulit menjadi semakin tipis dan kering. Ketahui cara alami memperoleh wajah awet muda yang membuat kulit tetap kencang meski usia bertambah.

Ada banyak faktor yang memengaruhi proses penuaan pada kulit. Sebagai contoh, faktor genetik, kebiasaan perawatan wajah, stres, pola makan, dan banyak hal lainnya.  Kulit wajah awet muda dan sehat pun bukan hal yang mustahil lagi. Berikut ini beberapa tips menjaga kulit awet muda. 

Keriput

Keriput akan muncul secara alami sebagai proses penuaan. Namun, ada berbagai cara meremajakan kulit yang bisa Anda lakukan untuk membuat kulit tampak awet muda, yaitu dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengonsumsi banyak cairan, dan berhenti merokok. 

Seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastin yang memberikan kekenyalan dan kekencangan pada kulit akan berkurang. Kulit pun menjadi semakin tipis dan terasa lebih kering. Hal inilah yang dapat memicu terbentuknya keriput.

Cara Meremajakan Kulit

Seperti yang dijelaskan di atas, tak hanya menyebabkan keriput, menjalani gaya hidup tidak sehat dan terpapar sinar matahari atau polusi setiap hari bisa memicu penuaan dini.

Agar keriput tidak muncul sebelum waktunya dan kulit tampak awet muda, ada beberapa cara meremajakan kulit yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Memenuhi kebutuhan cairan

Orang yang memiliki kulit kering cenderung lebih rentan mengalami keriput, apalagi jika kebutuhan cairan harian tidak terpenuhi sehingga kulit menjadi lebih kering. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi asupan cairan setiap harinya.

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung pada kondisi kesehatan dan aktivitas yang dilakukan setiap hari. Umumnya, orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi air mineral sebanyak 3 liter per hari jika berat badan 100 kg, atau 1,5 liter perhari jika berat badan 50 kg. 

Dalam mencukupi kebutuhan cairan sebagai cara meremajakan kulit, pastikan Anda memilih air mineral yang langsung berasal dari sumber mata air dan diproses secara higienis, agar manfaat dan kemurniannya tetap terjaga dan terlindungi.

Selain dengan minum air mineral, asupan cairan juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air.

2. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Cara meremajakan kulit selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran segar serta membatasi makanan atau minuman yang mengandung gula bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

3. Berolahraga secara rutin

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga rutin sebanyak 3 kali seminggu selama 45 menit bermanfaat untuk memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti keriput. Ketika berolahraga, kerja sistem kekebalan tubuh dan sirkulasi darah akan meningkat sehingga kulit bisa tampak lebih segar dan lebih muda.

Olahraga kardio, seperti lari, bersepeda, berenang, dan high-intensity interval training (HIIT), merupakan jenis olahraga yang dapat menjadi pilihan cara meremajakan kulit.

4. Cuci muka dua kali sehari

Apa pun jenis kulit Anda, entah itu berminyak atau berjerawat, jangan terlalu sering mencuci muka dalam sehari. Cukup cuci muka dua kali sehari.

Terlalu sering cuci muka justru bisa merusak keseimbangan bakteri baik di permukaan kulit serta menyingkirkan minyak alami (sebum) yang berguna untuk melindungi kulit.

5. Menggunakan tabir surya

Paparan sinar matahari berlebih dapat membuat kulit keriput. Hal ini terjadi karena sinar UV matahari akan memecah serat kolagen dan membuat produksi elastin menjadi tidak normal.

Oleh karena itu, penting untuk mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih setiap kali beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

6. Berhenti merokok

Merokok dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit. Selain itu, kandungan zat nikotin dalam rokok juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini membuat kulit tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk peremajaan kulit.

Tak hanya kandungan dalam rokok yang menyebabkan penuaan dini, gerakan mengerucutkan bibir saat merokok juga dapat menyebabkan kerutan di sekitar mulut.

Oleh karena itu, sebagai salah satu cara meremajakan kulit, sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

7. Menggunakan serum

Anda juga bisa menggunakan serum sebagai cara meremajakan kulit, yaitu serum yang diformulasikan khusus untuk mencegah keriput. Jenis serum ini biasanya mengandung retinol, vitamin C, atau hyaluronic acid.

Selain itu, cara meremajakan kulit juga bisa dilakukan dengan menghindari ekspresi wajah yang berlebihan. Saat wajah berekspresi, seperti tersenyum atau tertawa, otot-otot akan berkontraksi. Kontraksi pada otot yang sama selama bertahun-tahun bisa membentuk keriput secara permanen.

8. Senam wajah agar awet muda

Senam wajah dapat melatih otot serta memperbaiki otot wajah yang kendur. Rutin melakukan senam wajah diyakini akan membuat daerah rawan kendur seperti dahi, kantong mata, sekitar pipi dan mulut, dan rahang akan kencang kembali.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, latihan senam wajah perlu dilakukan dengan rutin pagi dan sore hari serta dilakukan selama berbulan-bulan.

9. Hindari melakukan ekspresi wajah berulang

Hindari berulang kali membuat ekspresi wajah seperti mengerutkan dahi, menyipitkan mata, atau cemberut, otot di bawah kulit berkontraksi. 

Apabila Anda sering melakukan kontraksi otot ini berulang dan terus-menerus selama bertahun-tahun, akan terbentuk garis-garis permanen pada wajah. 

Anda dapat menggunakan kacamata hitam untuk mencegah menyipitkan mata dari silaunya sinar matahari. (*)

Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES