Glutera News

Cepat Langsing dengan Cardio Boxing

Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:33 | 49.61k
Cepat Langsing dengan Cardio Boxing
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga boxing atau tinju biasanya identik dengan pertandingan keras di atas ring. Padahal, olahraga ini bisa dijadikan sebagai latihan harian. Sebab, manfaat olahraga boxing untuk kesehatan sangatlah beragam. Tidak hanya melatih kekuatan tangan, boxing juga baik untuk jantung, meningkatkan koordinasi, hingga meredakan stres.

Boxing atau tinju dikenal sebagai olahraga cowok karena terkesan macho. Namun tak sedikit perempuan yang mencoba olahraga ini karena menggabungkan latihan cardio dan kekuatan. Untuk kamu yang ragu untuk melakukan boxing? Delapan manfaat kesehatan boxing ini bisa menyakinkan kamu untuk mengambil sarung tinju.

Boxing juga bisa dengan mudah dikombinasikan dengan jenis latihan lainnya, membuat sesi olahraga Anda jadi terasa lebih menyenangkan. Berbeda dari tinju biasa yang hanya menggunakan tangan, boxing adalah gerakan tinju yang dipadukan dengan latihan kaki.

Manfaat olahraga boxing untuk tubuh

Olahraga boxing bisa dilakukan berbagai kalangan usia, tua, muda, perempuan, dan laki-laki. Meski selama ini tinju identik dengan gerakan memukul, tapi sebenarnya di balik gerakan-gerakan tersebut tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan.  Berikut ini manfaat olahraga boxing untuk tubuh.

1. Meningkatkan aliran darah dan denyut jantung

Boxing termasuk dalam latihan aerobik yang dapat memperkuat sistem kardiovaskular. Ketika kamu lebih banyak menghirup oksigen, peningkatan aliran darah menuju otot-otot serta paru-paru lebih lancar. Selain itu, latihan kardio bisa mengurangi kemungkinan penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit kronis.

2. Membakar lemak

Tinju dapat membakar kalori yang tinggi sehingga bisa masuk dalam pemrogaman berat badan. Jadi tak ada salahnya melakukan tinju jika kamu ingin mengurangi berat badan atau bahkan membentuk tubuhmu menjadi lebih seksi.

3. Membentuk otot

Kombinasi menendang, memukul, menusuk, dan melompat secara cepat bisa membentuk otot. Ada baiknya untuk melakukan boxing 2 kali dalam sepekan untuk mencegah keletihan.

4. Membuat kamu lebih kuat

Tinju membentuk ketahanan dan kecepatan yang membentuk tubuh lebih kuat. Susunan latihan tinju yang dilakukan berulangkali dapat memberikan tenaga di seluruh tubuh, terutama kaki, tangan, dan perut.

5. Melepas stres

Walaupun tinju terkesan agresif tapi sebenarnya olahraga ini mempunyai sifat terapetic atau menenangkan. Tinju dapat melepaskan stres mental dan fisik karena menurunkan hormon stres kortisol. Dengan memukul, kamu bisa melepaskan energi negatif.

6. Bisa dilakukan di mana saja

Karena olahraga ini berkonsentrasi pada pukulan, kamu bisa melakukan ini di mana saja. Tidak harus kamu datang ke tempat kebugaran, kamu bisa kok membuat tempat latihan sendiri di rumah karena peralatannya hampir tidak ada.

7. Melatih keseimbangan

Saat tinju kamu akan berlatih bagaimana caranya menyerang dan bertahan dari pukulan lawan. Kesemuanya itu akan mengasah kemampuan motorik dan melatih keseimbangan.

8. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Koordinasi tangan dan mata yang baik dapat mendukung tubuh memiliki refleks cepat. Dan tinju menjadi salah satu latihan untuk meningkatkan koordinasi tersebut.

Tinju memang bisa membuat tubuhmu lebih seksi. Namun untuk orang yang memiliki kondisi jantung kurang baik dilakukan, tapi sebaiknya konsultasi dengan dokter ya.

9. Meningkatkan fokus

Olahraga kardio juga dinilai baik untuk otak dan bisa meningkatkan fokus hingga koordinasi mata dan tangan. Sebab saat melakukan gerakan tinju, mata Anda akan fokus ke satu titik dan tangan akan mengikuti instruksi dari otak dengan tepat.

Cara melakukan olahraga boxing untuk pemula

Gerakan olahraga boxing memadukan antara pukulan dan tendangan yang dilakukan secara cepat. Meski terlihat sederhana, tapi ketika melakukan gerakan boxing, Anda perlu mengetahui teknik yang tepat, agar risiko cedera bisa dikurangi.

Untuk mempelajari teknik boxing yang benar, Anda sebaiknya belajar ke pelatih atau instruktur yang sudah berpengalaman. Beberapa teknik boxing yang perlu dipelajari pemula antara lain:
• Pukulan lurus (jabs)
• Pukulan menyilang (crosses)
• Uppercuts
• Hooks
• Tendangan roundhouse 
• Tendangan depan
• Tendangan samping

Jika setelah menguasai gerakan-gerakan ini, Anda akan bisa melakukan gerakan campuran untuk mendapatkan intensitas latihan yang lebih tinggi. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES