Gaya Hidup

Ramai di Jagat Medsos, Yuk Kenalan dengan Kucing Busok Asal Madura

Kamis, 17 November 2022 - 01:57 | 51.92k
Ramai di Jagat Medsos, Yuk Kenalan dengan Kucing Busok Asal Madura
Kucing busok merupakan kucing endemik dari Pulau Raas Madura. (FOTO: goodnewsfromindonesia.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKucing busok menjadi perbincangan hangat di jagat media sosial. Kucing ini mendadak tenar karena mengikuti International Cat Show di Sidoarjo beberapa waktu lalu.

International Cat Show sendiri merupakan kontes kucing terbesar berskala internasional yang digelar oleh World Cat Federation (WFC) melalui Indonesia Cat Council (ICC). 

Apa istimewanya kucing Busok hingga bikin gaduh pecinta kucing di medsos? 

Kucing ini merupakan raskuing asli dari Pulau Raas Madura. Kucing ini istimewa karena merupakan satwa endemik di Pulau Madura. 

Bentuk wajah dan postur tubuhnya menyerupai macan tutul dan kucing hitam. Kepalanya agak persegi di bagian atas tapi lancip di bagian dagu.

Sedangkan hidungnya sedikit melengkung ke bawah seperti hidung singa. Untuk telinga mencuat ke atas, dan sedikit runcing. 

Lalu warna bulunya juga unik, abu-abu kebiruan polos. Sekilas bulu kucing ini mirip dengan beberap ras kucing asal Eropa, seperti Russian blue dan British short hair. 

Dikutip dari Kompas, peneliti biologi Ronny Rachman Noor pernah meneliti fenotipe dan genotipe pada kucing busok di Madura pada 2009 lalu. 

Hasil penelitian yang dirilis dalam jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB itu mengungkap fakta bahwa kucing busok merupakan bagian dari raskucing Asia. Ciri paling menonjol terdapat pada bentuk ekornya yang bengkok dibagian ujung (kinky tail). 

Tak itu saja, penelitian Ronny juga mengungkap bulu kucing busok tak murni abu-abu kebiruan, namun juga ada cokelat susu disebagian besar tubuhnya. 

Warna cokelat susu itu terdapat di ujung telinga, ujung hidung, ujung kaki dan ujung ekor. Karena kecirian tersebut, warga setempat juga menyebut kucing kecubung. 

Warga asli Pulau Raas madura juga percaya kucing ini memiliki kemampuan mistis. Mereka percaya, memelihara kucing busok dapat mendatangkan rezeki. Sedangkan siapapun yang membawa kucing busok keluar pulau Madura, dia akan celaka/ sial. 

Namun sejak tahun 1990-an kucingh ini dijadikan oleh-oleh bagi tamu istimewa yang datang ke Madura. 

Sayang kini keberadaannya semakin langka, dan Pemerintah Kabupaten Sumenep melarang pendatang untuk membawa kucing eksotis ini. 

Kalaupun ingin membawa keluar kucing busok dari pulau Madura, harus ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satu syaratnya Kucing busok harus dikebiri dulu untuk menjaga kemurnian rasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES