Gaya Hidup

Ingin Kulit Sehat dan Cantik? Lakukan Kebiasaan Ini

Minggu, 23 Oktober 2022 - 00:28 | 23.03k
Ilustrasi - Kulit sehat (FOTO: Flickr)
Ilustrasi - Kulit sehat (FOTO: Flickr)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki kulit sehat bisa meningkatkan percaya diri seseorang. Kulit sehat bisa didapatkan dari konsumsi makanan sehat dan menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa kebiasaan sehat berikut wajib Anda terapkan untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik.

1. Asupan Makanan yang Tepat

Pastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi gizi seimbang dan jangan sampai makan berlebihan. Ubah kebiasaan makan dengan perlahan, dimulai dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran atau jadikan sebagai camilan. Jangan lupa, membatasi asupan gula dan garam serta hindari makanan kemasan. 

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Sebagai organ terbesar tubuh manusia, kulit membutuhkan cairan agar tetap lembap. Penuhi asupan air sesuai anjuran yaitu sebanyak 8 gelas setiap hari. Bawa serta air putih kapanpun dan dimanapun Anda beraktivitas. 

3. Istirahat Berkulitas

Durasi dan pola tidur yang konsisten bermanfaat bagi peremajaan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit. Regenerasi sel-sel kulit yang maksimal akan membuat kulit segar dan terlihat lebih kencang. Patuhi durasi waktu tidur sesuai anjuran para pakar kesehatan yaitu minimal 8 jam setiap harinya. Usahakan juga untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari.

4. Olahraga Rutin

Kegiatan olahraga akan memperlancar sirkulasi oksigen dalam darah. Hasilnya, kulit menjadi lebih cerah. Manfaat lain dari berolahraga adalah meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga mencegah proses penuaan dini. Tak terbiasa berolahraga? Mulailah dengan berjalan kaki. Pastikan berolahraga secara rutin minimal 75 menit dalam seminggu.  

5. Kelola Stres

Anda bisa mengatasi stres dengan berbagai cara. Mulai dari rekreasi, menjalani hobi hingga menenangkan pikiran lewat yoga dan meditasi. Jika Anda merasa tak punya waktu, ingat kembali stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memengaruhi penampilan fisik. Maka, kelola stres Anda dengan baik. 

6. Hindari Radikal Bebas

Asap rokok, polusi udara, stres berlebihan, dan alkohol merupakan asal dari radikal bebas. Sayangnya, hal ini kadang tak disadari. Padahal, bila jumlah radikal bebas berlebihan dalam tubuh, berisiko menimbulkan berbagai macam penyakit seperti radang sendi, jantung, hipertensi, kanker, hingga kerusakan sel penyebab penuaan. Solusinya, lawan radikal bebas dengan konsumsi makanan tinggi antioksidan yang terdapat dalam sayur dan buah.

Untuk mendapatkan kulit sehat impian Anda, perhatikan kebiasaan sehari-hari Anda. Selain melakukan perawatan, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan sehat agar kulit tetap sehat dan cantik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES