Gaya Hidup

Tidak Membersihkan Make Up saat Tidur? Waspadai Risikonya

Senin, 03 Oktober 2022 - 01:21 | 32.35k
Tidak Membersihkan Make Up saat Tidur? Waspadai Risikonya
ILUSTRASI - Tidak Membersihkan Make Up saat Tidur. (FOTO: timesnownews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidur tanpa membersihkan make up di wajah merupakan salah satu kebiasaan yang harus dihilangkan. Kebiasaan buruk ini bisa menimbulkan berbagai masalah kecantikan wajah. Apa saja akibat tidak membersihkan make up sebelum tidur?

Berikut risiko yang timbul bila terbiasa tidur menggunakan make up, dilansir dari CNN Indonesia.

1. Menutup pori

Makeup akan menutup pori sehingga rawan timbul jerawat dan komedo. Agar tidak terjadi, disarankan untuk membersihkan dengan metode double cleansing keesokan harinya.

Metode double cleansing atau pembersihan ganda dimulai dengan pembersih berbahan dasar minyak untuk mengangkat makeup dan sebum, lalu diikuti dengan pembersih biasa untuk membersihkan sisa makeup.

2. Infeksi pada mata

Jika Anda tidak berencana mengenakan kacamata hitam setiap waktu, maka jangan sampai lupa membersihkan maskara dan eyeliner sebelum tidur. 

Terus-terusan membiarkan maskara dan eyeliner (menempel) saat malam menyebabkan folikel rambut kecil dan kelenjar sebaceous pada kelopak mata dapat tersumbat sehingga menyebabkan infeksi dan peradangan.

Tidur-memakai-makeup.jpgTidak Membersihkan Make Up saat Tidur. (FOTO: timesnownews)

Maskara yang dibiarkan mengering pada bulu mata juga berisiko membuat bulu mata rapuh dan mudah rontok. 

3. Komedo hitam

Kulit secara alami menghasilkan sebum atau minyak sebagai pelembap alami sekaligus pembersih dari iritan, termasuk sel kulit mati.

Saat makeup tidak dibersihkan, maka pelepasan sebum akan terhambat sehingga sel kulit mati menumpuk dan membuat pori semakin besar. Efeknya, selain pori-pori kian terlihat besar, komedo dan jerawat menjadi lebih sering muncul.

4. Mempercepat penuaan 

Wanita kini banyak menggunakan produk perawatan kulit dengan fungsi memperlambat kemunculan tanda penuaan berupa garis halus. Namun, jika kebiasaan malas membersihkan make up berlanjut, maka produk perawatan kulit tidak akan berguna.

Membersihkan-makeup.jpgFoto: iStockphoto

Saat make up dibiarkan menempel, maka elastisitas kulit berkurang, timbul kerutan, dan bisa terjadi penuaan dini.

5. Bibir kering

Kandungan lilin pada lipstik bisa menyebabkan pori sekitar bibir tertutup sehingga timbul komedo di kulit luar bibir. Sebaiknya bersihkan lipstik dengan pembersih berbahan dasar minyak dan lanjutkan dengan sikat bulu halus.

Bila kesibukan benar-benar membuat Anda lelah untuk membersihkan make up Anda bisa memanfaatkan tisu basah khusus wajah sebagai pertolongan pertama. Setidaknya, Anda tidak benar-benar tidur dalam keadaan menggunakan make up semalaman demi menjaga kecantikan wajah Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES