Gaya Hidup

Unik! Lukisan Bak Truk Jadi Motif Pakaian

Rabu, 21 September 2022 - 09:07 | 33.19k
Brand Telusur Kultur menggunakan motif lukisan khas belakang truk. (Foto: Dok. Telusur Kultur) 
Brand Telusur Kultur menggunakan motif lukisan khas belakang truk. (Foto: Dok. Telusur Kultur) 

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sebuah hal unik dilakukan oleh Telusur Kultur lewat bidang fashion. Brand lokal ini konsisten dalam membahas mengenai budaya di Indonesia. Tidak hanya soal sejarah dan legenda di masa lalu, Telusur Kultur juga fokus mengenalkan kebudayaan yang ada dalam keseharian kita. 

Salah satu hal menarik yang Telusur Kultur lakukan adalah menggunakan lukisan truk sebagai motif pakaian.

Tulisan-tulisan di bak belakang truk memang banyak yang unik. Tidak hanya membuat masyarakat terhibur, tulisan-tulisan yang mereka ukir di belakang bak truk sering membuat orang berpikir mengenai kehidupan. Itulah yang coba ditampilkan oleh Telusur Kultur dalam pakaian yang mereka produksi. 

Tidak hanya terinspirasi dari lukisan di belakang bak truk dan angkutan, brand lokal Indonesia Telusur Kultur ini juga memiliki koleksi lainnya dengan motif yang tak kalah unik. Seperti yang terlihat digunakan oleh Menparekraf Sandiaga Uno dalam beberapa kesempatan. 

Sandiaga sering terlihat mengenakan kemeja “Rasa Nusantara” yang bermotif aneka makanan Indonesia. Motif-motif unik seperti makanan dan minuman memang sedang menjadi tren saat ini. Selain bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan, penggunaan motif seperti itu dinilai lebih estetik dan menjadi gaya OOTD (Outfit of The Day) di media sosial. 

Brand-Telusur-Kultur-3.jpg

Apa yang dilakukan Telusur Kultur adalah sebuah langkah berani. Saat pebisnis lain memilih untuk mengikuti tren dan selera pelanggan, mereka dengan percaya diri menawarkan sesuatu yang baru. Bahkan dilirik oleh orang-orang kenamaan di Indonesia. 

Jika dilihat pada website resminya, telah banyak model pakaian ragam desain yang mereka hasilkan. Rata-rata mengangkat keunikan Indonesia, terutama soal budaya Indonesia. 

“Telusur Kultur menjadi platform untuk mengenal kembali akan sejarah dan kebudayaan Indonesia. Tak kenal maka tak sayang, bukan?" jelas Rinaldi Tim dari Telusur Kultur melalui sambungan telepon, Rabu (21/9/2022). 

Berangkat dari kutipan Pramoedya Ananta Toer, Telusur Kultur berusaha untuk mengemas ciri khas Indonesia agar sesuai dengan perkembangan zaman yang dapat menarik minat anak muda.

“Kalau orang tak tahu sejarah bangsanya sendiri, tanah airnya sendiri, gampang jadi orang asing di antara bangsa sendiri,” kutipan Pramoedya Ananta Toer yang jadi inspirasi. 

Brand-Telusur-Kultur-2.jpg

“Dengan suka cita, Telusur Kultur membawa kembali nuansa khas Indonesia dalam bentuk baru,” lanjutnya. 

Selain berusaha melestarikan budaya Indonesia lewat fashion, upaya yang dilakukan Telusur Kultur juga bertujuan untuk mendukung UMKM Indonesia. Khususnya para pelaku usaha fashion yang ada di daerah. 

Pada perilisan produk terbarunya, Telusur Kultur bag-bagi “Truk Oleng” karya perajin asal Purbalingga. Hadiah tersebut diberikan kepada 100 pembeli pertama. 

“Kita dapat menceritakan mereka dengan pendekatan yang baru, sehingga lebih relevan dan mudah diterima untuk masyarakat luas,” terang Rinaldi. 

Tidak terbatas di produk pakaian, nantinya Telusur Kultur juga terus menyuarakan nilai budaya tiap daerah di Indonesia lewat berbagai produk, seperti makanan, minuman, hingga konten-konten berbasis edukasi. 

Rinaldi berharap, Telusur Kultur dapat menjadi brand lokal yang mampu memperkenalkan budaya Indonesia tidak hanya di dalam negeri, tapi hingga ke kancah Internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES