Gaya Hidup

MTC Fun Bike Digelar Hari Ini, Berikut 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Minggu, 11 September 2022 - 04:06 | 28.87k
MTC Fun Bike Digelar Hari Ini, Berikut 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan
Peserta MTC Fun Bike yang melewati Jl. Besar Ijen pada Sabtu, (10/9/2022). (FOTO: Yully Setyrini/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Malang Tahes Club (MTC) menggelar kegiatan MTC Fun Bike pada Sabtu (10/9/2022). Kegiatan gowes ini dilaksanakan untuk masyarakat umum dan diikuti sebanyak 1.200 peserta. Kegiatan ini dimulai di Balai Kota sebagai garis awal dan dilanjut pukul 06.15 WIB untuk pemberangkatan para peserta.

Rute yang dilalui adalah Jl. Kahuripan – Jl. Basuki Rahmat – Jl. Merdeka Utara, Jl. Merdeka Timur, Jl. SW Pranoto, Jl. Pasar Besar, Jl. Gatot Subroto, Jl. Untung Surapati Utara, Jl. Kesatrian, Jl. Mayjen M Wiyono, Jl. Ranugrati, Jl. Sawojajar, Jl. Raya Sawojajar, Jl. Kapi Woro, Jl. Industri, Jl. Laksda Adi Sucipto, Jl. Letjend S Parman, Jl. Letjend Sutoyo, Jl. Jakgung Suprapto, Jl. Slamet Riyadi, Jl. Buring, Jl. Bromo, Jl. Kawi, Jl. Besar Ijen, Jl. Bandung hingga finish di Malang Town Square (Matos) Jl. Veteran.

Peserta-MTC-Fun-Bike-2.jpgPeserta MTC Fun Bike melewati Jl. Besar Ijen. Gowes ini dimulai dari Balai Kota ke Malang Town Square. (FOTO: Fadia Nanda/TIMES Indonesia).

Ganif Trioko, selaku ketua MTC menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat berolahraga agar tubuh menjadi sehat dan lebih bugar.

“Gowes ini baik untuk ajang silaturahmi. Dilakukan di pagi hari, agar bisa menggerakkan semua badan dan persendian, sehingga tubuh menjadi lebih sehat” tuturnya.

Bersepeda memang menjadi alternatif olahraga favorit yang diminati oleh semua kalangan usia, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Bersepeda secara rutin juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan fisik dan juga mental.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut 5 manfaat bersepeda bagi kesehatan.

1. Mengontrol berat badan

Manfaat dari bersepeda yakni dapat mengontrol berat badan agar tetap ideal. Bersepeda secara rutin dapat membakar kalori serta meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh karena itu, cocok untuk dijadikan olahraga pada saat sedang menjalani program diet.

2. Menjaga kesehatan jantung

Bersepeda sebagai olahraga kardio dapat merangsang dan memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru dan sirkulasi darah, serta membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Manfaat bersepeda juga dapat membantu menguatkan otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah.

3. Menghindari diabetes

Jarang berolahraga menjadi salah satu faktor risiko penyebab diabetes. Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menimbulkan komplikasi serius seperti kerusakan mata, stroke, ginjal dan jantung. Bersepeda secara rutin dapat membantu untuk mengurangi risiko dan menjaga kondisi diabetes.

4. Merawat persendian tubuh

Dr. Safran-Norton dari Harvard Health Publishing menyarankan bersepeda untuk penderita nyeri sendi dan kekakuan tubuh yang berkaitan dengan usia. Bersepeda secara rutin juga dapat melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

5. Memperbaiki gangguan kesehatan mental

Bersepeda secara rutin dapat membantu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak hormon dopamin. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan rasa bahagia sehingga bisa menghilangkan stres, depresi, dan gangguan kecemasan.

Itulah lima manfaat bersepeda untuk kesehatan. Yuk, aktif bersepeda agar tubuh tetap sehat dan bugar. Anda bisa bersepeda sendiri, bersama komunitas, atau mengikuti acara seperti MTC Fun Bike ini. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES