Gaya Hidup

Pilihan Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Usus

Selasa, 13 Agustus 2019 - 04:02 | 111.78k
Pilihan Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Usus
Ilustrasi Makanan Sehat. (foto: nakita.grid.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kesehatan organ tubuh bagian dalam seperti usus juga penting untuk diperhatikan. Usus yang sehat akan memberikan pengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menjaga kesehatan usus bisa dimulai dengan konsumsi berbagai makanan sehat.

Berikut adalah makanan-makanan yang bisa memberikan manfaat kesehatan untuk usus Anda.

1. Sayuran hijau

Kandungan serat pada sayuran hijau tak hanya akan membuat buang air besar menjadi lancar, melainkan akan ikut membantu membersihkan pencernaan dari berbagai macam kotoran dan racun sehingga usus pun akan menjadi lebih bersih.

Di dalam sayuran juga terdapat kandungan mineral dan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas sekaligus racun. Hal ini berarti, rutin makan sayur memang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

2. Biji chia

Biji chia atau chia seeds lebih dikenal sebagai makanan bagi mereka yang menjalankan program diet. Tak hanya bisa membantu menurunkan berat badan, biji chia ternyata juga bisa memberikan manfaat detoksifikasi bagi saluran pencernaan, termasuk dalam hal membersihkan usus.

3. Makanan yang diolah dengan teknik fermentasi

Makanan yang diolah dengan teknik fermentasi memiliki rasa yang sedikit asam sehingga belum tentu disukai oleh banyak orang. Namun pakar kesehatan menyebut makanan-makanan ini bisa memberikan dalam memperlancar pencernaan dan membersihkan usus.

4. Berbagai jenis buah-buahan

Rutin mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat juga akan membuat pencernaan lebih lancar sekaligus membuat usus menjadi lebih bersih. Selain itu, beberapa jenis buah seperti alpukat tinggi kandungan asam lemak omega 3 yang bisa melindungi dinding usus dari berbagai macam racun yang berbahaya bagi kesehatan.

5. Mengonsumsi minuman sehat

Selain makanan sehat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan teh hijau dan teh kombucha yang bisa membantu membersihkan usus dari berbagai macam kuman dan bakteri penyebab penyakit. Kombucha yang berbentuk gelatin ini ternyata bisa memberikan perlindungan bagi kesehatan usus. (*)

sumber: Dokter Sehat

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES