Gawainesia

Karya QR Art Mr D, Lorong Tersembunyi Peramban Histori

Senin, 08 Agustus 2022 - 16:58 | 64.03k
Karya QR Art Mr D, Lorong Tersembunyi Peramban Histori
Seniman Doddy 'Mr D' Hernanto membuka pameran QR Art di Hotel Bisanta Bidhakara Surabaya, Senin (8/8/2022).(Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Seniman Doddy 'Mr D' Hernanto kembali menampilkan maha karya sketsa futuristik dalam balutan tema tradisional fix draw dan modern  menggunakan inovasi QR Art.

Acara berlangsung di Hotel Bisanta Bidhakara Surabaya mulai 8-20 Agustus 2022 mendatang. Pameran dibuka oleh alunan gitar Mr D.

Setiap petikan, seolah membius pengunjung dalam irama psychedelic Jim Morrison dan musik gurun kelas Led Zeppelin. Harmoni itu merajut nuansa damai sekaligus bayangan pada kecanggihan otak manusia dalam merangkai kode alam semesta secara eksak.

Perjalanan kemudian berlanjut. Mr D menunjukkan 43 karya sekaligus, terdiri dari lukisan realis dan digital para tokoh pendiri bangsa, pejabat tinggi negara, dan tokoh termashyur lainnya.

Doddy-Hernanto-2.jpg

Seperti Presiden Jokowi, KH Ma'ruf Amin, Henry Tanoesoedibjo, Anies Baswedan, Puan Maharani, Sandiaga Uno, KH Hasyim Asyari, Jim Supangkat dan Rektor Universitas Dr Soetomo Dr Siti Marwiyah.

Kehadiran tokoh tematik ini senada dengan tujuan pameran dalam rangka HUT ke-77 RI sekaligus menyongsong 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU).

"Ada 18 lukisan realis, 13 karya digital dan 1 gitar ber-QR Art," kata Mr D saat pembukaan pameran, Senin (8/8/2022).

Lewat teknologi, Mr D ingin mengajak setiap penikmat seni menjelajah kepingan sejarah, histori dan perjalanan tokoh tersebut melalui ruang peramban dengan melakukan scan pada lukisan.

"Ini adalah jejak rekam digital," tandasnya.

Mr D terbukti berhasil membuat penyempurnaan evolusi barcode dan QR Code menjadi lebih trendi dan kekinian dengan QR Art pertama di dunia ini.

"Ibarat kata, QR Art adalah ratunya dan konten adalah rajanya, jadi selalu berpasangan," ungkapnya.

Tampilan dan fiturnya modern dan penuh estetika menggunakan coding sistem. Layaknya rahasia tersembunyi dalam lukisan Senyum Monalisa karya Leonardo da Vinci.

Doddy-Hernanto-3.jpg

Namun, ia juga mengaku memiliki tantangan tersendiri. Meskipun hal itu tak pernah menyurutkan nyalinya untuk terus berusaha menemukan skema coding terbaru. Bahkan, ia sedikit 'nakal' demi mengulik topologi mesin.

Mr D menjelaskan inovasi ini lahir setelah mengamati bentuk barcode yang terbatas dan QR Code yang tidak mengindahkan unsur seni di dalamnya.

Tangan dingin Mr D membuahkan hasil. Gitaris one finger ini menjadikan QR Art lebih memilih karakter dan ciri khas gambar sehingga sangat cocok untuk branding, promosi dan personal.

QR Art inovasi karya Doddy ’Mr D’ Hernanto bersertifikat HKI tahun 2021 dengan nomor pencatatan : 000296961 QR Art sebagai jejak rekam digital.

QR Art Mr Dtidak bisa ditiru oleh siapapun. Sehingga karya ini menjadi eksklusif bagi penggunanya, karena QR Art adalah gabungan antara analog dan digital dengan balutan seni.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES