Gawainesia

Kominfo Imbau Orangtua Awasi Penggunaan Gawai Anaknya

Jumat, 24 Juni 2016 - 06:10 | 39.97k
Kominfo Imbau Orangtua Awasi Penggunaan Gawai Anaknya
Ilustrasi anak-anak dan mainannya. (Foto: mawabeja)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Maraknya penggunaan gawai pada anak-anak, membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika menekankan kepada orang tua untuk mengawasi penggunaan gawai secara berkala pada anak-anak.

"Para orangtua harus mengawasi anak-anak mereka saat menggunakan internet agar tidak menyalahgunakannya untuk hal yang negatif," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Farida Dwi Cahyarini. Jumat, (24/6/2016).

Ia mengimbau kepada para orangtua untuk memberikan peraturan anak dalam penggunaan gawai, salah satunya larangan penggunaan kata sandi (password) untuk mengunci gawai yang digunakan anaknya, agar orangtua dapat mengawasi secara berkala.

"Jika perlu pulsanya dibatasi agar akses internet juga terbatas," ujar Farida seperti dikutip di laman Tempo.co.

Dari data Kementerian Kominfo, penggunaan internet di Indonesia sudah mencapai 88,1 juta orang, dan pengguna aktif media sosial mencapai 79 juta orang. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi yang dimiliki anak-anak, Farida menilai akan sangat memungkinkan untuk mengakses berbagai konten.

"Untuk penggunaan komputer pada anak-anak, bisa ditempatkan komputer itu di ruangan terbuka agar lebih mudah dalam pengawasannya," ujarnya

Lanjut, Farida ingatkan kepada orang tua untuk mengawasi penggunaan media sosial pada anak-anak, karena dapat membahayakan anak tersebut. "Ingatkan anak untuk tidak membuat status yang negatif, karena itu dapat di-trace, dan dapat ketahuan di mana dia berada," tandasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Tempo

TERBARU

KOPI TIMES