Foto

Muara Tambak Wedi Tercemar Limbah Rumah Tangga

Kamis, 18 Maret 2021 - 17:30 | 83.38k

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Aktivis lingkungan hidup Ecoton (Ecological Observation and Wetlands Conservation) Surabaya melakukan uji kandungan limbah dalam air di Muara Tambak Wedi, Surabaya, Jawa Timur. 

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengukur kandungan limbah yang dihasilkan dari limbah rumah tangga beruapa, mikroplastik, kandungan detergen, kadar pospat, amonium, TDS dan PH yang akan mengalir ke selat Madura.

Dari hasil uji, air yang akan mengalir ke selat Madura melalui muara Tambak Wedi terancam kandungan berbahaya. 

Kandungan-kandungan berbahaya tersebut berupa, Pospat yang mencapai angka 45 ppm sedangkan untuk standar kandungan limbah dalam air tidak boleh melebihi 15 ppm. 
Selain itu juga ada TDS mencapai angka 3500 ppm padahal standarnya tidak boleh lebih dari 1500 ppm. Kemudian kandungan amonium mencapai angka 4 ppm dan seharusnya tidak boleh melebihi standart 0,1 ppm.

Di sisi lain, Pesisir Pantai Surabaya merupakan tempat berkembangbiaknya ikan. Jika ikan-ikan yang berada dikawasan itu terpapar dengan air yang mengandung deterjen tinggi maka akan punah. Padahal 35 persen stok seafood Jawa Timur diambil dari kawasan selat Madura.

Dari serangkaian kegiatan tersebut, Ecoton mengusulkan pada pemerintah kota Surabaya untuk menyediakan tempat pengolahan limbah khusus sebelum air mengalir menuju ke Muara Tambak Wedi hingga ke selat Madura.
 


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES