Foto

Oneng Sugiarta Berbagi Tips Hilangkan Medok

Rabu, 23 September 2020 - 22:39 | 143.34k

TIMESINDONESIA, MALANG – Pembawa acara atau master of ceremony (MC) yang populer di Malang Raya hingga nasional, Oneng Sugiarta berbagi tips kepada jajaran direksi dan marketing di kantor data TIMES Indonesia, Jalan Pandan 5, Kota Malang, Rabu (23/9/2020).

Sesi sharing tentang teknik menjadi presenter, pembaca Podcast dan lainnya, berlangsung gayeng. Sudah ahli, Oneng dengan santainya mengisi acara formal dengan cara yang fleksibel dan dialogis.

"Kita perlu menyesuaikan dan fleksibel. Siapa audiens kita, dimana kita tampil, kapan dan bagaimana momennya. Kita harus bisa menyesuaikan," ungkapnya.

Selain itu, Oneng juga menyampaikan sebagai Public Speaker, seseorang harus paham soal trend model. Seperti, penampilan rambut, pakaian, sepatu hingga parfum juga penting diperhatikan.

Sebelum acara, dia menyarankan seorang MC misalnya harus datang lebih awal. Tujuannya, memastikan seperti apa ruangannya hingga testing mikrofon dan cek panggung.

"Perhatikan juga hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan seorang Public Speaker. Misalnya cara memegang mikrofon harus proporsional. Jangan pegang terlalu atas dan terlalu ke bawah," imbuh pengarang buku A Beginners Guide to Being a Good Master of Ceremony itu.

Produksi suara, beber Oneng, harus diatur sebaik mungkin. Treatment sebelum tampil harus pula dilakukan agar tidak terjadi kehabisan suara.

"Kalau perlu minum secukupnya sebelum tampil. Jika ingin minum saat tampil, upayakan jangan minum di depan audiens. Semua ada cara dan etiknya," tandas Oneng Sugiarta. (*)


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Adhitya Hendra
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES