Flash News

Banjir Terjang Puluhan Rumah Warga Kalibaru Wetan Banyuwangi

Jumat, 04 November 2022 - 12:28 | 12.31k
Banjir Terjang Puluhan Rumah Warga Kalibaru Wetan Banyuwangi
Petugas BPBD Banyuwangi melakukan evakuasi warga terdampak banjir di Kalibaru Wetan Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jatim, membuat air Sungai Yas meluap, Kamis (03/11/2022) malam. Puluhan rumah warga dilaporkan mengalami kerusahan hingga hanyut terbawa banjir.

Berdasarkan data yang dihimpun TIMES Indonesia, luapan Sungai Yas terjadi setelah wilayah Kecamatan Kalibaru diguyur hujan lebat selama 4,5 jam. Hujan mulai mengguyur wilayah tersebut pada pukul 16.30 dan terus berlangsung hingga pukul 21.00 WIB. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Ilzam Nuzuli, yang berada dilokasi tempat kejadian perkara (TKP) banjir mengatakan, sampai saat ini pihaknya menerima laporan 61 rumah warga rusak. 

“35 rumah warga rusak berat atau hanyut, 13 rusak sedang dan 13 rusak ringan,” katanya pada TIMES Indonesia.

Melubernya aliran sungai dengan membawa arus yang kencang ke rumah warga juga menghanyutkan hewan ternak warga.

“14 ekor kambing dan 2 ekor sapi hanyut, masih belum diketahui keberadaannya,” ungkap Ilzam.

Dalam kejadian tersebut, terdapat 3 jembatan terputus. Di antaranya, jembatan Karanggudang, jembatan penghubung Kajarharjo dan jembatan penghubung Karanganyar. 

“Derasnya aliran sungai menggerus 3 jembatan di Kalibaru,” cetusnya.

Tak hanya itu, banjir juga merobohkan tembok Koramil Kalibaru dan beberapa tempat ibadah rusak.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan BPBD Banyuwangi telah mendirikan posko darurat yang terletak di Balai Desa Kalibaru Wetan yang digunakan untuk membantu pengaduan atau laporan warga terdampak banjir.

“Di posko darurat kami siapkan 1.500 bungkus nasi dalam 3 kali sehari, yang akan diberikan selama tanggap darurat,” tegasnya.

Sampai saat ini, Pihak BPBD Banyuwangi masih melakukan evakuasi sekaligus pendataan warga yang terdampak banjir.

“Kami saat ini masih melakukan asassment dan pembersihan sampah yang berada di sepanjang jalan,” imbuhnya perihal penanganan banjir di Kalibaru, Banyuwangi. (*)

Pewarta: Fazar Dimas

Editor:

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES