Entertainment

QR Art Batik, Upaya Mr D One Finger Lestarikan Budaya Bangsa

Minggu, 02 Oktober 2022 - 03:16 | 35.17k
QR Art Batik, Upaya Mr D One Finger Lestarikan Budaya Bangsa
QR Art Batik menjadi satu karya Mr D One Finget untuk melestarikan bangsa Indonesia. (FOTO: Mr D One Finger)

TIMESINDONESIA, MALANGHari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2022, kembali memotivasi Mr D One Finger atau Doddy Hernanto untuk berkarya. QR Art Batik menjadi satu karya Mr D One Finger untuk melestarikan bangsa Indonesia. 

Mr D One Finger mengatakan bahwa batik melambangkan kehidupan manusia mulai awal hingga akhir. Budaya bangsa melalui Batik ini telah menjadi warisan budaya takbenda oleh UNESCO tercetus tanggal 2 Oktober 2009. 

"QR Art Batik diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap budaya Indonesia serta menumbuhkan citra positif bangsa Indonesia di mata dunia, kesadaran masyarakat akan upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia," kata Mr D One Finger saat dihubungi TIMES Indonesia, Sabtu (1/10/2022).

QR-Art-Batik-2.jpg

Mr D One Finger mengatakan karya terbaru ini juga terinspirasi dari rekan senimannya dari Yogyakarta. Batik tulis yang masih dibuatnya sangat terkenal dan syarat akan makna. Mr D One Finger yang merasakan semangat itu, turut membuat karya seni yang berbeda dengan membuat QR Art Batik.

QR Art Mr D One Finger 

QR Art Mr D One Finger adalah sebuah karya QR Code Art atau QR Art memadukan manivestasi teknologi quick response (respons cepat) dalam mengakses data dan informasi yang memiliki nilai artistik, indah, dan unik.

QR Art ini merupakan bentuk inovasi yang memadukan seni gambar dan digital menjadi QR Art lebih artistik. Melalui ketekunan dan ketelatenan Doddy Hernanto membuat kreator, inovator, pria yang akrab disapa Mr D One Finger ini telah pemegang hak cipta QR Art sebagai jejak rekam digital. 

Atas perjuangannya, QR Art meraih sertifikat dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham RI). Mengutip laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham, QR Art diumumkan menerima Hak Cipta pada 17 Oktober 2021. 

"QR Art adalah karya seni yang menghasilkan konten kekinian, yaitu jejak rekam digital," kata Mr D One Finger.

QR Art Batik Mr D One Finger
Bertepatan hari Batik Nasional,Mr D One Finger merilis 2 QR Art tentang Batik dan relaunching eBOOK bermain gitar satu jari dengan QR Art balutan batik. 

Scan QR Art dengan Google Lens akan nampak link lalu tekan atau simpan QR Art di Galery gawai lalu pilih QR Art Batik tersebut akan tampak literasi mengenai kekayaan Batik seluruh Nusantara.

QR Art berbentuk batik ini bisa mengenalkan warisan budaya Indonesia ke dunia luar, serta membuat tren batik Nusantara berkembang dengan penggabungan teknologi kekinian. QR Art eBOOK jika di scan akan muncul dasar bermain gitar satu jari dengan chord-chord yang sederhana dan mudah untuk dipelajari. 

Menurut Mr D One Finger, karena ini dan lain pertimbangan teknis, gitaris banyak yang masih menggunakan penyeteman standart dan tidak pernah "melangkah di luar kotak" untuk mencoba cara alternatif. Hal ini sangat disayangkan, karena di luar laras standart dapat memiliki efek yang sangat membebaskan (Free Style).

Mr D One Finger menilai pada kenyataannya, pintu terbuka baru bagi mereka merasa kreatif terbatas.  Teknik Open Tuning D&G (main gitar dengan satu jari) banyak manfaat yang didapat, sensitif sentuhan dan intonasi yang akurat untuk mendapatkan nada-nada unik yang harmoni dan explorasi tak terbatas.

"Selamat di Hari Batik Nasional 2022, Mari lindungi kebudayaan Indonesia," pesan Mr D One Finger. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES