Ekonomi G20 Indonesia

Tahun 2024, Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM Eksodus ke Platform Digital

Senin, 14 November 2022 - 20:00 | 17.44k
Tahun 2024, Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM Eksodus ke Platform Digital
Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung ke Media Center G20, Nusa Dua, Bali. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALI – Presiden RI Joko Widodo menargetkan di tahun 2024, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia yang go digital bisa tembus angka 30 juta UMKM.

Jokowi di momen B20 Forum, side event G20 Indonesia di Bali, Senin (14/11/2022) menyampaikan bahwa digitalisasi menjadi salah satu strategi untuk menghadapi tantangan ekonomi global.

Jokowi berpesan kepada para pelaku usaha dan bisnis untuk tidak meninggalkan pelaku UMKM dalam hal kepentingan digitalisasi.

"Saya titip yang besar agar membawa yang kecil. Yang besar mau membesarkan usaha kecil, mikro agar mereka tidak tertinggal. Kita sudah tiga tahun ini memasukkan usaha kecil mikro untuk masuk ke digital platform dan sudah ada 19 juta usaha kecil mikro yang sudah masuk platform digital dari 64 juta UMKM yang kita miliki," bebernya.

"Target kita di 2024 kita harapkan mencapai di atas 30 juta artinya yang kecil-kecil jangan ditinggal," imbuhnya.

Di sisi lain, Jokowi memperhatikan potensi ekonomi hijau masa depan. Indonesia kata Jokowi memiliki potensi energi baru terbarukan di Indonesia sangat besar.

"Ada 434 ribu megawat, baik dari hydropower, geotermal, solar panel, angin, semuanya ada. Ini lah kesempatan para investor untuk menjalin kerjasama dengan Indonesia membawa investasi, membawa teknologi karena ini memerlukan uang yang tidak sedikit untuk bersama membangun ekonomi hijau di Indonesia," jelasnya.

Pemerintah telah menyiapkan 30 hektare lahan untuk green industrial park di Kalimantan Utara. Ke depan, Jokowi optimis investor akan berbondong-bondong datang untuk membangun produk-produk hijau dari Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES