Ekonomi

Tips Tolak Harga Teman Pada Temanmu

Minggu, 25 September 2022 - 04:22 | 37.91k
Tips Tolak Harga Teman Pada Temanmu
Ilustrasi - stand pakaian di pasar senin jakarta (Foto: economiczone/dawi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Budaya minta harga teman sudah ada di Indonesia seja lama. Tanpa meminta harga teman sebenarnya, kita selalu mendapatkan harga terbaik dari teman kita. Namun, tak jarang ada juga sebagian teman, tetap memaksa untuk menurunkan harga produk atas dasar pertemanan. 

Harga teman ini tentu menjadi dilema tersendiri bagi kalian yang memiliki usaha. Mau menolak sering kali membuat segan, akan tetapi jika dituruti kerugian sering kali juga menimpa usaha. 

Bagi kamu yang ingin menolak harga teman bisa mencoba tips ini, dengan mengumpulkan keberanian menolak bila temanmu tetap memaksamu menurunkan harga.

Bagaimana caranya? Inilah 3 cara menolak harga teman yang bisa dilakukan TIMES Lovers.

1. Ada harga ada kualitas
Katakan padanya bahwa produkmu memiliki kualitas yang unggul, dengan menunjukkan kualitas dan keunggulan yang dimiliki produkmu. Bila dia tetap memaksa, tunjukkan produk yang serupa, tetapi dengan kualitas bahan baku yang lebih murah. 

Namun, tunjukkan kekurangan dan perbedaan antara bahan baku yang lebih murah yang kamu tawarkan. Tanyakan budget yang dia miliki dan tawarkan produk yang sesuai. Jelaskan padanya, kamu telah memberikan harga terbaik yang bisa kamu berikan sebagai teman.

2. Cek Toko Sebelah
Selain menunjukan keunggulan dan kualitas, tunjukkan padanya harga produk yang serupa di toko lain. Terkadang, orang-orang yang memaksa meminta ‘harga teman’ sebenarnya tahu harga pasaran dan berharap kamu memberikan harga yang lebih murah.

Meski demikian, jangan turunkan hargamu sesuai dengan keinginannya! Lebih baik kamu tidak mendapat pesanan dari temanmu, daripada kamu merugi. Ingatlah! Produkmu itu memiliki nilai jual.

3. Tolak Saja
Jika sudah menerapkan dua cara tidak berhasil, tapi masih memaksa? Kamu cuma bisa menggunakan cara terakhir yakni menolaknya dengan halus. Katakan kamu tidak bisa menerima dengan harga segitu. Jelaskan saja terang-terangan bahwa harga itu akan membuatmu rugi.

Pada akhirnya, teman seharusnya mendukung usahamu. Namun, bila mereka memaksamu menurunkan harga hingga merugi, mungkin sebaiknya kamu memikirkan kembali pertemanan kalian.

Jangan menurunkan harga apalagi hingga membuatmu merugi. Jangan ragu katakan tidak pada mereka yang menginginkan harga teman darimu dan membuatmu merugi. Semoga usahamu semakin lancar, ya TIMES Lover!
(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES