Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah! Video Caleg di Jatim Stres, Lompat dari Tower

Rabu, 14 Februari 2024 - 21:32 | 190.32k
Video yang diklaim adalah seorang caleg di Jawa Timur stres dan melompat dari tower.
Video yang diklaim adalah seorang caleg di Jawa Timur stres dan melompat dari tower.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah video dengan klaim calon anggota legislatif (caleg) PDIP di Jawa Timur (Jatim) stres dan melompat dari tower pemancar sinyal beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh sejumlah akun Facebook.

Salah satunya diunggah oleh akun Facebook Elmap Nin pad 12 Februari 2024. Video Reels itu memperlihatkan seseorang terjun dari atas tower pemancar sinyal. 

Adapun narasi dalam video tersebut sebagai berikut:
Caleg PDI-P dapil jatim kehabisan duit sbelum pemilihan dimulai, stres lompat dari tower, Astaghfirulloh. Innalillahi

cek-fakta-Lompat-dari-Tower-2.jpg
Sumber: https://web.facebook.com/reel/406380208450367

Benarkah klaim dalam video tersebut? 

Penelusuran Fakta

Penelusuran dengan menggunakan Google Images menemukan hasil bahwa orang yang terjun dari tower tersebut bukan caleg di Jawa Timur.

Mengutip liputan6.com (Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Seorang Caleg di Jatim Lompat dari Tower Pemancar Sinyal), berdasarkan laporan dalam artikel surabayapagi.com, orang yang jatuh dari tower dalam video tersebut berinisial KK (25), warga Kampung Cireungit, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung.

Pemuda tersebut melompat dari tower provider setinggi 40 meter pada Minggu (05/11/2023) sekitar pukul 13.47 WIB.

Aksi itu dilakukan karena diduga korban mengalami depresi. KK meninggal di rumah sakit.

KK dikeluarkan dari pekerjaannya (PHK) sehingga depresi karena tak ada masukan. 
Sumber: https://surabayapagi.com/read/depresi-di-phk-dan-tak-ada-pemasukan-pria-kampung-cireungit-bandung-terjun-dari-tower-40-meter

Laporan terkait insiden serupa juga terdapat di kompas.com. Kapolsek Cangkuang Iptu Yusuf Juhara membenarkan kejadian tersebut. Sebelum korban loncat, kata dia, jajaran kepolisian sempat mengimbau agar segera turun.

Keluarga korban sudah berada di lokasi sejak menerima laporan bahwa korban tengah berupaya bunuh diri dengan cara melompat dari tower setinggi 40 meter.

"Setelah diimbau beberapa kali itu korban sempat duduk kembali," katanya dikonfirmasi melalui saluran telepon, Minggu (5/11/2023).

Menurut Yusuf, korban melakukan aksi nekad tersebut karena depresi lantaran tak kunjung mendapatkan pekerjaan usai di-PHK perusahaan sebelumnya.

"Kalau dari keterangan keluarganya gitu, enggak dapat kerjaan setelah dikeluarkan dari pekerjaannya yang dulu," ungkapnya.

Yusuf membantah bahwa korban melakukan hal tersebut karena memiliki persoalan di pekerjaannya.
Sumber: https://bandung.kompas.com/read/2023/11/05/210057978/depresi-tak-kunjung-dapat-pekerjaan-pria-asal-kabupaten-bandung-bunuh-diri

Video identik pernah diunggah akun X (Twitter)@REP0RT_ID pada 5 November 2023. 

"Seorang pria nekat bunuh diri, loncat dari atas Tower di Kp.Cirengit Kec.Cangkuang kab.bandung Minggu (05-11-2023)," tulis akun tersebut.
Sumber: https://twitter.com/REP0RT_ID/status/1721116694570324185 

Kesimpulan

Video dengan klaim Caleg di Jatim stres, lompat dari tower, tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan kejadian di Kampung Cirengit, Kecamatan Cangkuang, Kabuoaten Bandung, pada Minggu, 5 November 2023. Korbannya seorang pemuda, berinisial KK (25) warga setempat. Peristiwa terjadi jauh sebelum Pemilu 2024.

Artikel ini merupakan kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com dengan melibatkan hampir 100 media yang meliputi tim media di tingkat nasional dan media di lokal secara online.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan sejumlah media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected](*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES